Bolehkah Makan Cumi Saat Hamil? Bolehkah.Com – Apabila ditanya bolehkah makan cumi saat hamil, jawabannya akan beragam.

Gambar Foto Bolehkah Makan Cumi Saat Hamil Menurut Ahli GiziBeberapa orang mengatakan bahwa memakan cumi pada saat hamil akan membuat bayi mengalami kelainan seperti bertambahnya jumlah jari seperti cumi-cumi.

Namun hal tersebut hanya mitos, berikut adalah manfaat serta dampak sesungguhnya dari konsumsi cumi-cumi:

Bolehkah Makan Cumi Saat Hamil – Manfaat Cumi-Cumi bagi Ibu Hamil

Di samping mengandung banyak protein, seafood adalah makanan lezat yang biasanya disukai oleh ibu-ibu yang sedang hamil.

Tidak hanya sebagai makanan favorit, cumi-cumi juga memiliki berbagai vitamin yang terkandung di dalamnya yaitu omega 3, mineral, vitamin B1, B2, A, B, K, serta asam folat dan protein yang baik untuk pertumbuhan janin dan kesehatan sang ibu.

Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa diambil dari mengkonsumsi cumi-cumi bagi calon ibu yang sedang hamil:

  1. Meningkatkan nafsu makan

Zat mineral yang terdapat pada cumi-cumi inilah yang berperan untuk meningkatkan nafsu makan sang ibu dengan memperlancar pencernaan sehingga keinginan untuk makan akan terus timbul.

Kenapa sang ibu harus meningkatkan nafsu makannya? Karena bayi mendapatkan asupan gizi dari sang ibu, sehingga apabila tidak diberi asupan terus menerus maka akan berbahaya bagi bayi.

  1. Memaksimalkan pertumbuhan kerangka pada bayi

Dengan mengkonsumsi cumi-cumi, ibu hamil akan mendapat asupan zat protein yang tinggi dan nantinya zat ini akan berguna bagi bayi.

Protein akan meningkatkan dan memaksimalkan pertumbuhan kerangka bayi, sehingga tidak akan mengalami cacat tulang atau penyakit tulang.

  1. Membantu regenerasi sel darah merah

Pada awal bulannya, ibu hamil akan cepat merasa letih dan stress, sehingga bila tidak diberi asupan yang tepat akan membuat jumlah sel darah merah dalam tubuh sang ibu hamil menjadi munurun.

Untuk membantu regenerasinya, cumi-cumi merupakan salah satu solusinya. Dengan begitu stress akan berkurang dan akan membantu janin untuk berkembang lebih sehat.

  1. Memaksimalkan pertumbuhan otak bayi

Omega 3 yang terkandung pada cumi-cumi juga berperan besar bagi pertumbuhan janin. Omega 3 membantu tumbuh kembang otak bayi dan memaksimalkan pertumbuhannya, sehingga pertumbuhan otak akan lebih maksimal serta membuat bayi menjadi lebih cerdas.

Bolehkah Makan Cumi Saat Hamil – Dampak Negatif dari Konsumsi Cumi-Cumi

Meskipun memiliki banyak manfaat yang bisa diambil untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil serta meningkatkan pertumbuhan janin, konsumsi cumi-cumi yang berlebih juga dapat berbahaya.

Gambar Foto Bolehkah Makan Cumi Saat Hamil Menurut Kedokteran Medis KesehatanTidak hanya pada ibu hamil tapi juga bagi janin. Berikut adalah beberapa contoh dampak negatif yang ditimbulkan dari konsumsi cumi-cumi yang berlebih:

  1. Menyebabkan down syndrome

Down syndrome adalah penyakit yang diderita anak-anak hingga dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh masuknya zat-zat berbahaya ke dalam janin dari darah sang ibu ketika sang ibu masih dalam kondisi hamil.

Zat yang berbahaya ini adalah merkuri dan merkuri terkandung di dalam cumi-cumi. Dampak dari asupan merkuri ke dalam janin membuat pertumbuhan janin terhambat, sehingga pertumbuhan bayi pun tidak optimal dan menyebabkan kecacatan pada otak dan fisiknya.

  1. Menggaggu pertumbuhan janin

Cumi-cumi adalah hewan laut yang mudah terkontaminasi bakteri. Bakteri yang sering terdapat pada cumi-cumi adalah bakteri salmonella dan Vibrio Parahemolyticus.

Kedua bakteri ini memiliki dampak yang sangat buruk pada janin, yaitu peradangan otak pada bayi serta menghambat perkembangan janin sehingga janin menjadi tidak sehat.

Mungkin hal ini tidak akan dirasakan oleh sang ibu, namun hal ini akan sangat berbahaya bagi bayi.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Bubur Ketan Hitam?

Kesimpulan

Itulah manfaat-manfaat serta dampak-dampak negatif yang bisa dipelajari dari artikel ini. Apabila Anda adalah seorang ibu hamil, ada baiknya untuk menjaga pola makan serta membatasi diri Anda sendiri atas konsumsi makanan-makanan yang mengandung zat berbahaya seperti cumi-cumi.

Lalu seorang calon ibu bolehkah makan cumi saat hamil; tentu saja boleh asal konsumsi dibatasi dan dalam porsi yang dianjurkan saja.


Referensi: ibu-hamil, tandalagihamil

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here