Bolehkah Makan Bubur Ketan Hitam Saat Hamil Muda? Bolehkah.Com – Banyak ibu hamil yang penasaran tentang bolehkah makan bubur ketan hitam saat hamil muda, namun jawaban yang didapat akan bervariasi.

Gambar Foto Bolehkah Makan Bubur Ketan Hitam Saat Hamil Muda menurut Medis KedokteranDari jawaban-jawaban tersebut dapat disimpulkan bahwa seorang calon ibu yang sedang hamil muda harus mengetahui manfaat-manfaat serta dampak negatif dari ketan hitam. Berikut adalah penjelasan-penjelasan dari manfaat serta dampak ketan hitam:

Bolehkah Makan Bubur Ketan Hitam Saat Hamil Muda – Manfaat Ketan Hitam

Banyak yang mengatakan bahwa ketan adalah makanan yang mengandung gas dan alkhohol, sehingga tidak baik untuk calon ibu yang sedang hamil muda.




Namun, pada kenyataannya tidak sepenuhnya pernyataan tersebut benar karena ketan hitam juga mengandung zat besi dan vitamin B kompleks yang bermanfaat bagi calon ibu yang sedang hamil muda. Adapun manfaat ketan hitam yang baik bagi kesehatan sang ibu, yaitu:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ibu hamil dikenal akan memiliki kekebalan tubuh yang cukup rentan karena energi yang keluar akan lebih banyak daripada saat sedang tidak dalam keadaan hamil.

Disinilah manfaat ketan hitam akan bekerja dan meningkatkan tingkat kekebalan tubuh sehingga penyakit tidak mudah masuk.

  1. Menstabilkan kadar kolesterol

Bagi seorang ibu hamil, suatu keadaan ingin terus makan makanan tertentu disebut mengidam.

Biasanya, ibu hamil akan makan makanan yang sesuai dengan keinginannya, dan hal ini tidak dapat dihindari. Efek sampingnya adalah peningkatan kolesterol.




Disinilah ketan hitam akan berguna sebagai makanan selingan untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh akan tetap terjaga kesehatannya.

  1. Membantu regenerasi sel kulit

Vitamin B kompleks dalam ketan hitam sangat baik untuk membantu regenerasi sel kulit. Ibu hamil akan dihadapkan pada kondisi stress dan kondisi ini akan membuat sel kulit lambat untuk beregenerasi.

Maka dari itu, ketan hitam yang memiliki kandungan alami tersebut dapat membantu mengangkat sel kulit mati serta meregenasi sel kulit.

  1. Memaksimalkan pertumbuhan janin

Apakah Anda tahu bahwa kandungan vitamin B yang terdapat pada ketan hitam ini memiliki manfaat pada janin yang sedang dikandung oleh calon ibu yang sedang hamil muda?

Manfaat tersebut adalah dengan mengoptimalkan pertumbuhan janin sehingga kemudian bayi yang lahir akan lebih cerdas.




Bolehkah Makan Bubur Ketan Hitam Saat Hamil Muda – Dampak Negatif Ketan Hitam

Ketika disebutkan bahwa ketan hitam mengandung gas dan alkhohol; memang faktanya seperti itu.

Gambar Foto Bolehkah Makan Bubur Ketan Hitam Saat Hamil Muda Mengapa dan Apa Alasannya
img: mimiekesuma

Ketan hitam adalah makanan yang paling mudah difermentasikan untuk menjadi tape karena kandungan alkhoholnya.

Inilah dampak-dampak negatif dari ketan hitam yang akan ditimbulkan apabila seorang calon ibu yang sedang hamil muda terlalu banyak memakannya:

  1. Menyebabkan gagal hati pada bayi

Perlu diketahui bahwa konsumsi ketan hitam yang terlalu banyak akan meningkatkan kadar alkohol yang masuk pada janin melalui plasenta.

Hal ini akan menurunkan kinerja hati pada bayi dan menyebabkan terjadinya gagal hati.




  1. Meningkatkan Feotal Alcohol Spectrum Disorder

Feotal Alcohol Spectrum Disorder atau FAS adalah penyakit yang dapat menyebabkan kelainan pada bayi berupa bentuk kepala yang tidak sempurna dan cenderung berukuran lebih kecil daripada bayi normal serta kelainan pada perilaku nantinya.

Kesimpulan:

Sekarang Anda tahu tentang manfaat serta dampak dari memakan ketan hitam.lalu bagaimana solusinya?

Apabila ada yang mengatakan untuk tidak memakan ketan hitam sama sekali, itu bukan solusi karena makanan ini pun juga memiliki manfaat-manfaat yang baik bagi calon ibu dan janin.

Baca juga: Bolehkah Makan Ampela Hati Saat Hamil Muda?

Lalu, bolehkah makan bubur ketan hitam saat hamil muda? Boleh, namun dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi ketan hitam ini dalam jumlah banyak meskipun dalam bentuk bubur, serta porsinya harus dibatasi.


Refrensi: bimbingan, hamil.co.id

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here