Yuk Ketahui, Bolehkah Makan Bakso Pasca Melahirkan?

0

Bolehkah Makan Bakso Pasca Melahirkan? Bolehkah.ComJika ada kerabat yang bertanya “bolehkah makan bakso pasca melahirkan?”, mungkin tidak banyak orang yang tahu jawabannya.

Gambar Foto Bolehkah Makan Bakso Pasca Melahirkan Menurut Medis Kedokteran KesehatanHal yang mungkin langsung terpintas adalah proses melahirkan itu sendiri. Si ibu kehilangan banyak darah dan cairan tubuh.

Jangan lupa bahwa wanita yang baru saja melahirkan kehilangan 30% berat badannya. Maka, makanan yang baik bagi ibu pasca melahirkan adalah makanan yang bisa mengembalikan energi.

Bolehkah Makan Bakso Pasca Melahirkan – Mengapa Tidak Boleh Makan Bakso?

Coba lihat lebih dekat pada gerobak tukang bakso. Ada beberapa bumbu yang digunakan oleh si penjual. Salah satunya adalah MSG atau zat penguat rasa.



Sebenarnya, larangan mengkonsumsi bakso adalah upaya untuk mengurangi penyerapan zat buatan ini ke dalam tubuh.

Sistem pencernaan ibu yang baru saja melahirkan bekerja lebih efektif dari biasanya dan akan mencerna apa pun yang diberikan.

Jangan lupa juga bahwa si ibu akan segera memasuki masa menyusui. Jika si ibu mengkonsumsi MSG, maka zat tersebut juga akan masuk ke dalam ASI yang menjadi makanan utama si bayi.

Kemudian, sel-sel dalam tubuh si bayi akan mengalami gangguan dan menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Ada juga pelengkap bakso yang bisa dinikmati si pembeli: saus tomat. Karena alasan biaya, jarang sekali penjual bakso keliling yang menggunakan saus tomat dengan merk terjamin.



Mereka akan menggunakan saus tomat murah yang bisa didapatkan di pasaran. Seperti yang sudah banyak diberitakan, saus kemasan semacam ini biasanya dicampur dengan pewarna tekstil seperti rodanin B untuk mendapatkan warna merah cerah.

Pada beberapa merk, tomat tidak tercantum sebagai salah satu komposisi untuk membuat saus. Lalu, apakah sambal aman untuk dikonsumsi? Jika tidak dalam keadaan sehabis melahirkan, ya

Konsumsi sambal pasca melahirkan sebaiknya dikurangi. Rasa pedas akan membuat lambung panas dan si ibu tidak nyaman.

Bolehkah Makan Bakso Pasca Melahirkan – Mengapa Boleh Makan Bakso?

Untuk ibu yang baru saja melahirkan si buah hati, ada baiknya untuk mengatur tahapan konsumsi nutrisi untuk tubuh.

Bakso adalah pilihan yang cukup baik, selama tidak mengandung MSG, atau tambahan saus tomat kemasan. Ibu dapat mulai dengan kuah bakso yang hangat.

Gambar Foto Bolehkah Makan Bakso Pasca Melahirkan Mengapa dan Apa AlasannyaKaldu daging yang ada pada bakso mudah dicerna oleh lambung dan membantu ibu untuk mengumpulkan energi dan mengembalikan mineral yang hilang.

Kemudian, perlahan si ibu bisa menikmati mi kuning atau bihun yang biasanya disajikan bersama dengan bakso. Jika tidak ada mi, si ibu juga bisa langsung mengkonsumsi bakso.

Makanan ini memiliki tekstur yang agak kasar dan dibumbui dengan rempah rempah. Hal ini baik untuk latihan mengunyah dan membangkitkan nafsu makan.




Bakso juga kaya akan protein yang membantu mengembalikan tenaga si ibu. Untuk asupan harian, wanita yang sedang menyusui membutuhkan kurang lebih 71 gram protein. Jumlah ini dapat dibagi ke dalam tiga jam makan, masing-masing tiga sampai empat ons.

Kesimpulan:

Keluarga tidak disarankan untuk memberikan makanan mentah seperti salad sayur kepada si ibu.

Kinerja sistem pencernaan pasca melahirkan melemah, dan sayuran membutuhkan proses pelumatan yang cukup lama.

Makanan dari rumah sakit juga sebaiknya dihindari, terutama jika makanan tersebut sudah dingin dan tidak mengandung protein.

Setelah menjalani proses kelahiran si buah hati, ibu pasti akan membutuhkan makanan, dalam jumlah yang tidak sedikit.

Namun, terkadang si ibu keluar dari ruang bersalin pada tengah malam atau dini hari. Hal ini tentu saja menyulitkan untuk mereka yang menunggui.

Baca juga: Bolehkah Makan Burger Saat Hamil?

Jika satu-satunya alternatif yang ada adalah bakso, jangan lupa mengikuti arahan diatas. Tak perlu bertanya “bolehkah makan bakso pasca melahirkan?” lagi ya!


Referensi: sfgate and livestrong

 

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here