Bolehkah Ibu Menyusui Minum Es?

0

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Es, www.Bolehkah.com – Minuman dingin atau ber-es memang sangat nikmat bagi hampir semua orang, tak terkecuali bagi ibu yang sedang memasuki fase menyusui. Namun di masyarakat sering terdengan bahwa jika ibu yang sedang dalam fase menyusui tidak dianjurkan minum es, dikarenakan nanti menyebabkan sang bayi menjadi gampang pilek. Benarkah bisa terjadi hal yang demikian?

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Es – Opini di Masyarakat

ASI esklusif yang berkelanjut selama minimal 6 bulan adalah program pemerintah. Hal ini karena pentingnya ASI untuk bayi. Kandungan dalam ASI sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi. Salah satunya dalah memperkuat imunitas atau daya tahan tubuh bayi.

Gambar Foto Bolehkah Ibu Menyusui Minum Es Menurut DokterNamun ketika dikatakan bahwa jika ibu minum es, maka air ASI yang diberikan ibu dapat menyebabkan sang anak menjadi mudah terkena flu. Ibu pun menjadi bingung ketika setelah minum es dan anak merengek minta minum ASI, takut sang anak nanti terkena pilek dan flu.

Yang jelas, ibu hamil memang harus menjaga asupannya agar kualitas dan kuantitas ASI menjadi lebih baik dan banyak. Dan pernyataan tentang minuman dingin bisa menyebabkan anak pilek itu hanyalah mitos belaka. Jadi, jangan biarkan anak ibu tidak minum ASI hanya karena takut anak akan menjadi pilek karena ASI yang diminum menjadi dingin.



Bolehkah Ibu Menyusui Minum Es Menurut Tinjauan Medis

Gambar Foto Bolehkah Ibu Menyusui Minum Es - Apa Dampaknyadr Meta Hanindita, yang pada saat ini tengah menempuh pendidikan dokter anak di FK Unair/Dr Soetomo Surabaya mengatakan bahwa sedingin apapun minuman yang diminum oleh ibunya, suhu air ASI tetaplah akan hangat. Penyakit pilek atau flu disebabkan oleh virus influenza ataupun karena alergi pada zat tertentu.

Belum ada penelitian yang yang dapat membuktikan ada korelasi antara ibu yang minum air dingin dengan anak yang kemudian terkena flu. Jadi mitos yang selama ini berkembang di masyarakat tidaklah benar.

Penularan flu juga bisa terjadi dari ibunda yang sedang terkena pilek, penularan ini melalui udara, bukan karena terminumnya ASI dari ibu yang sering minum air dingin. Jadi jika sang ibu menjadi pilek karena kebanyakan minum air es atau air dingin, kemudian si kecil terkena pilek, maka hampir bisa dipastikan itu bukan karena air ASInya namun terjadi penularan dari ibu yang sedang terkena flu.

Baca Juga Ibu Menyusui Minum Kopi

Bisa jadi mitos yang selama ini berkembang adalah karena alur tersebut, jadi terlihat seakan setelah ibu sering minum air dingin, kemudian si anak terkena flu.




Source:

http://lifestyle.okezone.com/read/2011/03/11/195/434060/10-mitos-vs-fakta-menyusui
http://health.detik.com/read/2014/09/19/120133/2695218/1300/ibu-menyusui-minum-es-bisa-bikin-bayi-pilek-itu-mitos
http://bidanku.com/bolehkah-ibu-menyusui-minum-es

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here