Bolehkah Makan Burger Saat Hamil, Bolehkah.Com – Jika bunda yang sedang hamil sehari-hari sering mengkonsumsi daging, pasti akan muncul pertanyaan: bolehkah makan burger saat hamil?

Gambar Foto Bolehkah Makan Burger Saat Hamil Menurut Medis KedokteranMenahan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan cepat saji yang satu ini memang agak sulit. Bagaimana tidak?

Potongan daging tebal, roti yang lembut, ditambah lagi saus mayonaise dan potongan tomat serta selada pasti menggugah selera makan.

Bolehkah Makan Burger Saat Hamil – Apa Bahaya Burger Untuk Ibu Hamil?

Burger memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik bagi para ibu hamil, seperti protein dan zat besi. Namun, bahaya yang mengintai datang dari daging yang digunakan dalam burger.

Karena tergolong dalam makanan cepat saji, maka irisan daging telah diproses dalam pabrik dan dibekukan dalam waktu yang lama.

Masalahnya, daging tersebut belum tentu dikelola secara higienis, kecuali untuk merk teratas dengan tingkat pengawasan tinggi.

Hal ini memungkinkan bakteri seperti Salmonella dan E.Coli untuk masuk ke dalam daging. Kedua bakteri ini bisa menyebabkan keracunan makanan pada bunda yang sedang hamil. Penyakit ini pun bisa menjangkiti si janin.

Apalagi, jika proses memasaknya asal-asalan. Daging yang berwarna merah muda adalah daging yang belum matang. Hal ini bisa memicu keracunan darah dan juga keguguran.

Gambar Foto Bolehkah Makan Burger Saat Hamil Apa AlasannyaHal lain yang membuat para dokter menyarankan untuk mengurangi konsumsi burger adalah kandungan lemak dan kalorinya yang tinggi.

Kandungan ini menyebabkan berat badan bunda naik. Meskipun pada umumnya ibu hamil mengalami peningkatan massa tubuh, namun kegemukan perlu dihindari.

Ketika waktu melahirkan tiba, ibu memiliki resiko tinggi gangguan kesehatan yang berhubungan dengan jantung. Kemungkinan si ibu tidak dapat diselamatkan pun cukup besar.

Jangan kira sayuran yang ada pada burger itu menyehatkan. Lebih baik menunda untuk membeli burger ketika melihat selada yang layu.

Nutrisi pada sayuran ini sudah hilang. Jika masuk dalam sistem pencernaan, si ibu akan mengalami diare dan dehidrasi. Kedua kondisi ini berbahaya bagi bunda dan janin karena menguras sebagian cairan tubuh.

Baca juga: Bolehkah Makan Apel dengan Kulitnya?

Bolehkah Makan Burger Saat Hamil – Bagaimana Mengolah Burger yang Aman Untuk Ibu Hamil?

Jika ibu hamil ingin sekali mengkonsumsi burger, maka sangat disarankan untuk membuat sendiri burger di rumah.

Selain jaminan cara pengolahan yang higienis, keluarga di rumah juga bisa memastikan bahwa daging tersebut dimasak dengan benar.

Mulailah dengan memilih daging. Jenis daging yang disarankan adalah daging tanpa lemak, karena mengandung jauh lebih sedikit bakteri.

Terkadang, banyak yang membeli daging cincang karena lebih praktis. Namun daging ini mengandung campuran lemak, sehingga mengandung kalori dan kolesterol tinggi. Untuk kesehatan si bunda dan si janin, sebaiknya pilih daging utuh tanpa lemak.

Masak daging ini dengan suhu 160 derajat Farenheit. Jika dibentuk pipih, pastikan bagian tengah adonan daging sudah matang betul ketika diangkat.

Agar daging bisa matang benar, adonan daging dibuat setebal 2-3 cm. Gunakan juga termometer khusus untuk mengukur suhu pada bagian tengah adonan.

Jika ingin membeli di restoran cepat saji, pastikan untuk memesan daging yang “benar-benar masak”, bukan yang “setengah matang”.

Pada saat penyajian, sebaiknya bersama dengan sayuran segar. Potongan tomat, timun dan selada bisa menjadi pilihan.

Kurangi konsumsi mayonaise, karena kandungan lemak yang tinggi. Bubuhkan secukupnya, dan hindari menyediakan botol mayonaise di atas meja.

Kesimpulan:

Mengkonsumsi burger boleh saja. Yang penting, perhatikan baik-baik cara memasaknya. Ketika membeli burger di toko makanan cepat saji, daging yang belum begitu matang bisa saja luput dari pengamatan.

Baca juga: Bolehkah Makan Ampela Ati Saat Hamil?

Sebaiknya, ibu hamil memasak burger sendiri di rumah. Meski sedikit rumit, burger buatan sendiri jauh lebih sehat dan aman untuk si janin dalam perut. Jadi, jawabannya adalah “ya” untuk pertanyaan “bolehkah makan burger saat hamil”?


Referensi: livestrong and fitpregnancy

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
2Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here