Bolehkah Makan Ati Ampela Saat Hamil? Bolehkah.ComPara ibu yang sedang mengandung si buah hati terkadang sering khawatir dengan pertanyaan: bolehkah makan ati ampela saat hamil?

Gambar Foto Bolehkah Makan Ati Ampela Saat Hamil Menurut Medis KedokteranTerutama untuk mereka yang menjalani kehamilan pertama, rasa khawatir bahwa makanan yang dikonsumsi berbahaya bagi janin sangat tinggi.

Pengalaman yang bervariasi dari kerabat dekat juga mempengaruhi pendapat si ibu pada dua variasi makanan ini. Manakah yang benar?

Bolehkah Makan Ati Ampela Saat Hamil – Peringatan Tentang Ati Ayam

Makanan ini memiliki kandungan vitamin A tertinggi dibandingkan dengan sayur-sayuran. Selain itu, ati ayam juga mengandung zat besi, protein dan asam folid.

Untuk pembentukan sel darah merah, zat besi sangat membantu. Asam folid juga penting untuk pertumbuhan janin. Yang menjadi perhatian adalah vitamin A pada ati ayam.

Pada sayuran seperti wortel dan bayam, vitamin A yang diserap tubuh berbentuk beta karoten, sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Sedangkan kandungan vitamin A dalam ati ayam adalah retinol. Jika ibu hamil mengkonsumsi retinol terlalu banyak, maka kemungkinan bayi lahir cacat sangat tinggi.

Jenis cacat pada bayi akibat retinol pun tidak dapat diprediksi. Selain itu, zat ini juga berpotensi mengembangkan sel sel kanker dalam tubuh.

Para ibu dianjurkan untuk membatasi konsumsi ati ayam, terutama pada tiga bulan pertama kehamilan. Jika ingin memasukkan ati ke dalam menu, sebaiknya hanya dua kali dalam satu bulan.

Untuk asupan harian vitamin A bagi ibu hamil, dianjurkan untuk memilih sayuran seperti wortel, labu, dan ubi manis.

Dokter mungkin juga menganjurkan untuk mengkonsumsi suplemen tambahan. Namun, suplemen kesehatan yang berbahan dasar ati (bahkan ati ikan) pasti memiliki kandungan retinol. Periksa ulang komposisi nutrisi pada kemasan produk.

Bolehkah Makan Ati Ampela Saat Hamil – Kandungan Baik Dalam Ampela Ayam

Meskipun tidak sepopuler daging ayam, ampela ayam memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Tentu saja, nutrisi ini baik untuk si ibu dan si janin.

Makanan ini sebaiknya dimasak sampai benar-benar matang, untuk membunuh bakteri yang ada pada permukaannya.

Ibu hamil dapat menikmati menu ini setiap hari dalam takaran nutrisi yang berimbang.

Rendah Lemak, Tinggi Kolesterol

Kandungan lemak pada 400 gram ampela ayam hanya 2.34 gram, dan untuk kandungan kolesterol: 370 miligram.

Gambar Foto Bolehkah Makan Ati Ampela Saat Hamil Apa Alasan dan Efek SampingnyaAngka ini agak lebih besar dari jumlah maksimal konsumsi kolesterol harian: 300 miligram. Jika si ibu memiliki riwayat penyakit jantung, konsumsi kolesterol maksimal per hari adalah 200 miligram atau setara dengan 200 gram ampela ayam.

Tinggi Zat Besi

Nutrisi inilah yang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil. Zat besi berfungsi membantu pembentukan sel darah merah, dan juga membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh. Selain itu, nutrisi ini juga membantu penyembuhan luka dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi delapan sampai delapan belas miligram zat besi setiap harinya. Dengan 400 gram ampela, 3 miligram zat besi sudah terserap oleh tubuh.

Niacin dan Riboflavin

Zat yang disebut niacin berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, mata dan hati. Niacin juga berperan untuk membantu produksi hormon.

Anjuran konsumsi niacin per harinya adalah 18 gram untuk ibu hamil dan 17 gram untuk ibu menyusui. Dalam 400 gram ampela, terkandung 4 gram niacin, mencakup sekitar 20% kebutuhan harian tubuh.

Riboflavin memiliki anti oksidan yang tinggi dan membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Per harinya, wanita hamil disarankan mendapat asupan 1.4 miligram riboflavin. Dengan mengkonsumsi 400 gram ampela, 0.3 miligram sudah terpenuhi.

Kesimpulan

Bagi para ibu muda, asupan gizi untuk bayi dalam kandungan sangat diperhatikan. Para wanita ini ingin memberikan nutrisi yang mencukupi dengan mengkonsumsi variasi makanan, salah satunya adalah ati dan ampela.

Baca juga: Bolehkah Makan Apel dengan Kulitnya?

Namun, kekhawatiran akan bayi yang lahir tidak sempurna membuat mereka ragu. Kenali makanan yang dapat dikonsumsi setiap hari dan mana yang sebaiknya dikonsumsi sesekali saja. Jadi, ibu tidak perlu bertanya “bolehkah makan ati ampela saat hamil?” lagi.


referensi: livestrong and babycentre uk

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here