Bolehkah Mencampur Susu Soya dengan Susu Sapi, Bolehkah.Com – Mungkin sebagian orang, khususnya para ibu, pernah menanyakan hal ini?

Gambar Foto Bolehkah Mencampur Susu Soya dengan Susu Sapi Apakah Ada Efek SampingnyaBukan hanya karena faktor ekonomi, namun ada juga anak yang memang alergi terhadap protein susu sapi.

Susu soya sendiri adalah sebutan lain dari susu kedelai. Susu ini telah menjadi alternatif pilihan para ibu.

Meskipun begitu, ada juga yang belum sepenuhnya menyadari bagaimana efek susu ini bila dicampur dengan susu sapi.

Bolehkah Mencampur Susu Soya dengan Susu Sapi – Permasalahan yang Terjadi

Nah, pertanyaan pada judul di atas jawabannya bukan hanya boleh atau tidak. Mengonsumsi susu soya sebenarnya tidak dilarang.

Yang pertama perlu diketahui adalah susu soya juga mengandung nutrisi yang baik bagi anak. Susu ini mengandung kalori yang cukup. Juga mengandung kalsium dan protein yang baik.

Memang tak sebanyak susu sapi ataupun ASI. Namun tak ada salahnya mengonsumsi susu jenis ini.

Seperti yang telah dipaparkan di atas, faktor ekonomi dan alergi menjadi yang terutama. Susu soya jelas lebih murah daripada susu sapi.

Bahkan tak bisa serta merta menggantikan perannya bersama ASI. Lalu soal alergi juga tak bisa disepelekan. Daripada mengambil resiko menambah parah alegi pada anak, lebih baik beralih ke susu ini.

Lalu bagaimana jika mencampurnya dengan susu sapi? Nah, hal ini juga perlu digali dulu lebih jauh.

Apa alasannya? Tidak adakah cara lain? Separah apakah alerginya? Tak bisa menyamaratakan kadar setiap kasus yang terjadi.

Jika sudah dihadapkan pada realita tersebut, jelas saja jawaban pertanyaannya tak sesederhana boleh atau tidak,, bukan?

Bolehkah Mencampur Susu Soya dengan Susu Sapi – Solusi

Lagi-lagi pertanyaan ini tak bisa dijawab dengan sederhana. Karena yang menentukan harus atau tidak adalah masing-masing pribadi.

Tidak bisa digeneralisasikan pada semua kasus. Bisa saja pada anak A susu soya lebih berdampak positif. Tapi bisa juga pada anak B, susu formulalah yang lebih baik.

Pada dasarnya, susu yang terbaik bagi anak adalah ASI. Itu tak dapat dibantah dan dipungkiri. Namun jika memang sudah bisa diberikan susu sapi, itu tak menjadi masalah.

Susu sapi juga sangat bagus bagi perkembangan anak. Susu soya pun demikian. Tentang pencampuran keduanya, perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Jangan diberikan secara bersamaan.

Bila memang harus diiberikan, janganlah langsung mencampurnya dalam satu botol. Berikanlah secara terpisah.

Gambar Foto Bolehkah Mencampur Susu Soya dengan Susu Sapi Menurut Kedokteran Pakar Medis KesehatanJika langsung dicampurkan, ditakutkan akan merubah rasa susunya menjadi aneh. Tak sedikit anak yang malah mual setelah meminumnya.

Menurut dr. Margareta Amelia, bagi anak yang alergi protein susu sapi, sebaiknya berikanlah secara selang-seling. Untuk awalnya berikanlah lebih banyak kandungan susu soya.

Namun selagi itu, perhatikanlah perkembangan anak tersebut. Apakah dengan memberikan susu soya, tidak mengganggu pencernaan?

Atau mungkin juga akan menimbulkan alergi yang sama? Lakukanlah obervasi kecil setiap kali memberikannya.

  1. Coba berikan susu formula terhidrolisa.

Susu jenis ini belum banyak diketahui oleh para ibu. Padahal penggunaannya telah disarankan oleh beberapa badan kesehatan dunia.

Susu jenis ini sudah mengalami pemecahan protein. Ada yang mengalami pemecahan sebagian dan seluruhnya.

Apa bedanya dengan susu biasa? Pemecahan protein menjadi kecil-kecil tersebut mampu mengurangi kadar alergi pada anak.

Nah, para ibu, sudahkah mengetahui fakta di atas? Janganlah terburu-buru beralih dari susu sapi ke susu soya, ya. Apalagi jika hanya karena faktor ekonomi.

Kalau permasalahannya karena alergi, bisa disiasati dengan beberapa cara tadi. Perbanyaklah pengetahuan sebelum bertindak.

Baca juga: Bolehkah ASI Dicampir dengan Susu Formula?

Jawablah pertanyaan ‘bolehkah mencampur susu soya dengan susu sapi’ dengan observasi dan konsultasi pada ahlinya.


referensi: mamapedia, meetdoctor

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
1Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here