Bolehkah mencampur teh hijau dengan gula? Bolehkah.Com – Beberapa orang masih bingung tentang hal ini. Ada yang menjawab boleh, ada juga yang tidak.

Gambar Foto Bolehkah Mencampur Teh Hijau dengan Gula Menurut Kedokteran Medis KesehatanTeh hijau paling banyak diketahui berkhasiat menurunkan berat badan. Hal ini benar. Selain karena bebas kalori, teh hijau juga mengandung asam amino dan anti oksidan.

Masih banyak khasiat teh hijau. Namun apakah tidak menjadi masalah jika mengonsumsinya dengan gula?

Bolehkah Mencampur Teh Hijau dengan Gula – Tidak Ada Larangan

Selain untuk menurunkan berat badan, masih banyak khasiat teh hijau. Beberapa di antaranya adalah dapat berdampak bagi kesehatan gigi dan tulang. Untuk gigi, teh hijau mengandung zat flavanoid dan flouride.

Lalu untuk tulang, dapat menjaga kesehatannya akibat asam aminonya. Lalu, apakah dilarang mencampurnya dengan gula? Sebenarnya tidak ada larangan yang pasti mengenai hal tersebut.

Mencampurnya dengan gula akan membantu meningkatkan cita rasanya. Lalu akan memudahkan ketika dikonsumsi bagi orang yang telah terbiasa meminum teh dengan gula. Namun ingat, gula memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Jika mengonsumsi teh hijau dengan tujuan menurunkan berat badan, maka berbuat demikian adalah suatu pertentangan. Ingin kurus, namun tetap mengonsumsi kalori yang tinggi.

Bagaimana bisa? Tentu tidak masuk akal. Lalu jangan lupakan hal penting lainnya. Pengonsumsi gula dapat menyebabnya diabetes.

Bolehkah Mencampur Teh Hijau dengan Gula – Cara yang Benar

Setelah mengetahui fakta di atas, maka seharusnya dihindari penggunaan gula bersamaan dengan teh hijau. Lalu bagaimana sebaiknya yang dilakukan? Berikut beberapa caranya.

  1. Siasati dengan madu.

Nah, madu adalah bahan alami yang mengandung manis alami pula. Mencampur teh hijau dengan madu menjadi alternatif yang tepat.

Daripada mencampurnya dengan gula, lebih baik mencampurnya dengan madu. Madu dapat membantu menguragi kalori.

Selain itu, perpaduan keduanya juga dapat mencegah kanker. Ini adalah khasiat dari antioksidan di dalam keduanya.

Gambar Foto Bolehkah Mencampur Teh Hijau dengan Gula Apa Efek SampingnyaDan yang tidak kalah penting, madu dapat membantu menjaga mood dan daya konsentrasi.

  1. Konsumsi dengan jumlah yang tepat.

Banyak pakar yang menyarankan meminum teh hijau tanpa gula sebanyak 2-4 cangkir sehari. Jumlah ini dirasa tepat karena tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak.

  1. Menyeduhnya dengan temperatur yang sesuai.

Sebaiknya menyeduh teh hijau saat temperatur air panasnya berada pada suhu 60-93 derajat Celsius. Rendamlah teh tersebut dalam waktu yang cukup, yaitu selama beberapa menit.

  1. Waktu meminumnya.

Nah, soal waktu terbaik untuk meminumnya tidak bisa disepelekan juga. Minumlah dengan selang waktu satu hingga dua jam setelah makan.

Ini untuk menghindari perut kembung. Dan jangan juga memaksakan meminumnya saat perut kosong. Jangan berpikiran dengan hanya meminum teh hijau, maka akan menguruskan badan.

Meminumnya saat perut kosong malah dapat berakibat negatif, yaitu meningkatkan asam lambung. Kandungan kafein dalam teh hijau (walau tidak terlalu tinggi), dapat membuatnya demikian.

  1. Coba variasikan dengan buah.

Jika bosan, bisa sekali-kali memvariasikannya dengan buah, seperti pisang. Salah satu resepnya adalah dengan memblendernya bersama pisang dan campuran madu. Maka jadilah smoothie teh hijau yang nikmat.

Nah, itu tadi penjelasan dan fakta tentang teh hijau. Memang tidak ada larangan untuk mencampurnya dengan gula, namun tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah seperti di atas.

Baca juga: Bolehkah Mencampur Beras Merah dan Putih? Atau Bolehkah Mencampur Tahu dengan Bayam?

Selain itu juga, semua kembali lagi pada individu masing-masing. Karena itu, untuk menjawab pertanyaan ‘bolehkah mencampur teh hijau dengan gula?’ diharapkan berdasarkan kepentingan dan pertimbangan masing-masing.


referensi: shape and vemale

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
3Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here