Bolehkah Mencampur Bayam dengan Tahu, Bolehkah.Com – Pertanyaan ‘bolehkah mengkonsumsi bayam dengan tahu?’ menjadi polemik di masyarakat belakangan ini.

Gambar Foto Bolehkah Mencampur Bayam dengan Tahu Apakah Berbahaya dan Apa Efek SampingnyaPenyebabnya dimulai dari pesan berantai yang disebar oleh seorang dokter yang melarang hal tersebut. Dikatakan bahwa pencampuran kedua makanan itu dapat menyebabkan terbentuknya kista.

Kegelisahan pun menyeruak ke mana-mana. Masyarakat bertanya-tanya dan mulai khawatir. Benarkah demikian? Memang tak mudah untuk menelusuri asal pesan berantai tersebut.

Sepintas pesan tersebut nampak dapat dipercaya dan masuk akal. Namun bila ditelusuri lebih lanjut, sebenarnya hanya diperlukan ketenangan dalam menghadapinya. Jangan panik duluan, dan berpikirlah dengan kepala dingin.

Bolehkah Mencampur Bayam dengan Tahu Menurut Pendapat Ahli

Dua orang ahli sempat dimintai pendapat terhadap hal ini. Mereka adalah dr. Damar Prasmusinto, SpOG (ahli kandungan RS Brawijaya) dan dr. Raehanul Bahraen (alumni Fakultas Kedokteran UGM).

Pada dasarnya mereka malah heran terhadap isi pesan tersebut. Apalagi karena nama dokternya yang terdengar meragukan.

Mereka tak pernah mendengar nama dokter tersebut. Ini saja sudah menjadi poin yang cukup untuk tidak mempercayainya.

Mengenai isinya, para dokter tadi sepakat bahwa itu tidak benar sama sekali. Kista tak dapat disebabkan hanya karena mencampur bayam dengan tahu.

Gambar Foto Bolehkah Mencampur Bayam dengan Tahu Menurut Ahli Gizi IndonesiaAlih-alih menyebabkan penyakit, kedua bahan tersebut malah kaya akan nutrisi bagi tubuh. Sehingga mereka tidak melarang jika mengonsumsinya secara bersamaan.

Seperti yang diketahui, bayam baik bagi tubuh. Bahan ini dapat menjaga kesehatan mata, kulit, bahkan tulang. Selain itu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin A.

Sedangkan tahu juga tak kalah bergizi. Di dalamnya terkandung protein, kalsium, dan karbohidrat. Juga dilengkapi dengan beberapa vitamin, yaitu A, B1, dan C. Nah, jelas terlihat betapa bergizinya kedua bahan makanan ini, bukan?

Bolehkah Mencampur Bayam dengan Tahu – Kombinasi yang tepat

Kombinasi bayam dan tahu sebenarnya tidak ada masalah. Namun ada yang perlu diperhatikan, yaitu kualitas makanan tersebut sebelum diolah.

  1. Tahu.

Tahu adalah bahan makanan yang tidak terlalu tahan lama. Karena itu, dalam menyimpan tahu, perlu hati-hati.

Sebaiknya simpan dalam lemari es setelah direndam dalam air matang. Hal ini dimaksudkan agar mencegah tahu berbau asam.

Selain itu, penting juga untuk memilih tahu yang sehat. Hindari membeli tahu yang sangat kenyal dan tahan lama. Bisa saja itu indikasi penggunaan bahan pengawet yang merusak tubuh.

Tipsnya, pilihlah yang tercium bau kedelai yang khas. Pokoknya jangan tertipu dari penampilan luarnya saja.

Terakhir, usahakanlah langsung mengonsumsinya setelah dibeli. Bisa dengan cara direbus, digoreng, ataupun ditumis bersama bayam.

Namun jika terpaksa, bolehlah menyimpan dalam lemari es. Tapi jangan sampai melebihi dua hari.

  1. Bayam.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sayuran lebih enak dimakan saat baru selesai dimasak. Ini memang benar adanya.

Begitu pula dengan bayam. Usahakanlah langsung menyantapnya, dan jangan memanasinya lagi jika ada sisa. Lebih baik membuangnya daripada memaksakan menghabiskannya.

Karena itu takarlah dengan baik sesuai kebutuhan keluarga. Juga jangan abaikan untuk mencucinya dahulu dengan air yang mengalir.

Ini dimaksudkan untuk membuang kotoran yang menempel pada bayam. Lalu saat ingin merebusnya, tunggulah sampai airnya benar-benar mendidih. Dan jangan merebusnya terlalu lama, cukup semenit saja.

Setelah menerapkan beberapa hal di atas, maka bayam dan tahu bisa menjadi kombinasi makanan yang tepat.

Baca juga: Bolehkah Mencampur Beras Merah dan Putih?

Karena bagaimanapun juga, kedua bahan tersebut adalah bahan-bahan alami. Selama dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan, maka akan aman-aman saja. Jadi, bolehkah mencampur bayam dengan tahu? Jawabannya tentu saja boleh.


referensi: theasianparent, alibaba

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
54Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here