Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian, www.Bolehkah.com – Sudah sejak lama bahkan secara turun temurun, bahwa durian adalah pantangan untuk ibu hamil. Dikatakan, mengkonsumsi durian saat hamil tidaklah baik karena dapat berpengaruh pada kesehatan janin, karena membuat janin menjadi kepanasan.

Namun tidak sedikit pula yang menyatakan durian aman-aman saja untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Lantas, pernyataan manakah yang benar? Simak artikel berikut ini…

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian Menurut Medis

Hingga saat ini belum ada penelitian tentang apakah durian aman dikonsumsi ataukah memiliki efek samping yang buruk bagi ibu hamil. Pun juga dengan studi yang mendukung ibu hamil mengkonsumsi durian, juga belum ada. Jadi secara medis, durian belum terbukti berbahaya bagi ibu hamil.

Gambar Foto Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian Ketika NgidamNamun demikian, dapat kita ketahui bahwa durian mengandung glukosa, kolesterol, gas dan sedikit kandungan alkohol. Bagi ibu hamil, kandungan-kandungan tersebut dapat menyebabkan kembung dan bahkan kontraksi, bahkan kemungkinan kontraksi akan menjadi lebih besar jika ibu hamil mengkonsumsi durian dalam usia kandungan trisemester ketiga.

Kandungan glukosa yang cukup tinggi didalam durian juga berpotensi memicu timbulnya penyakit diabetes, sedangkan kolesterol dan alkohol memiliki efek buruk pada kesehatan jantung.T entu saja hal ini terjadi jika konsumsi duriannya melebihi batas toleransi wajar untuk ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian – Minimal Konsumsi Aman

Gambar Foto Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian Menurut DokterJika dirasa sulit untuk tidak mengkonsumsi durian, apalagi sedang dalam keadaan “ngidam” durian, ibu hamil dapat mengkonsumsi durian. Namun sebaiknya tidak lebih dari 1-2 biji saja. Terlebih jika ibu hami memiliki riwayat gula darah yang tinggi, sebaiknya menghindari makan ini. Glukosa durian yang cukup tinggi berpotensi menaikkan gula darah.

Juga jangan memakan duriah yang sudah kelewat matang, walaupun rasanya menggoda, kandungan alkohol dan glukosa dalam durian yang terlampau matang sangat tinggi dan tidak baik untuk ibu hamil.




Walau kandungannya alkoholnya tidak tinggi, dikhawatirkan Ibu hamil akan “terlena” dengan rasa dan enaknya buah sehingga mengkonsumsinya secara berlebih. Bijaklah semasa hamil.

Baca juga: Bolehkah Bumil Makan Semangka?

Kemudian, apakah makanan olahan durian juga memiliki efek yang sama dengan memakan buah durian asli? Bisa dikatakan jawabannya adalah; Iya, namun tergantung berapa persen kandungan durian dalam makanan olahan tersebut. Namun sebagian besar kandungan durian memang sudah hilang disaat proses pembuatan makanan olahan tersebut.


Source:

https://www.klikdokter.com/healthnewstopics/topik-utama/makan-durian-saat-hamil/kontrol-selama-masa-kehamilan/1

https://www.klikdokter.com/tanyadokter/kebidanan-kandungan/konsumsi-durian-saat-hamil

https://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/kebidanan-kandungan/info-kebidanan-kandungan/bolehkah-ibu-hamil-makan-durian

http://www.ayahbunda.co.id/kehamilan-tanya-jawab/ibu-hamil-boleh-makan-durian-




Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here