Bolehkah Foto Paspor Berjilbab? Bolehkah.Com – Sebenarnya, bolehkah foto paspor mengenakan jilbab atau kerudung?

Gambar Foto Bolehkah Foto Paspor Berjilbab Menurut Peraturan PemerintahBagi yang menganut agama Islam dan mengenakan jilbab untuk foto paspor, pasti hal tersebut selalu menjadi bahan pertimbangan mengingat bagian-bagian seperti mata, hidung, dan telinga harus jelas terlihat di dalam foto.

Nah, untuk menjawab pertanyaan tentang boleh tidaknya mengenakan jilbab untuk foto paspor, simak saja ulasan berikut ini.

Bolehkah Foto Paspor Berjilbab – Syarat-Syarat Berpakaian untuk Foto Paspor

Foto yang akan dijadikan foto tanda pengenal di paspor ternyata tidak dapat sembarang foto, lho.

Ada beberapa syarat dan ketentuan khususnya dalam hal berpakaian dan mengenakan atribut untuk foto paspor.

Jadi, kalau sampai foto yang akan dijadikan foto paspor tidak memenuhi persyaratan yang diminta, maka permintaan pembuatan paspor akan ditunda atau ditolak.

Nah, untuk menghindari risiko-risiko tersebut, berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai persyaratan tentang cara berpakaian dan atribut yang dikenakan untuk foto paspor.

  1. Seragam

Bagi yang memiliki profesi sebagai TNI, POLRI, atau PNS, memakai pakaian seperti seragam dinas untuk foto paspor adalah hal yang tidak diperbolehkan atau dilarang.

Hal tersebut juga diterapkan untuk semua jenis pakaian yang dapat dikategorikan sebagai seragam dinas.

Lalu, bagaimana cara berpakaian yang benar untuk foto paspor? Pakaian yang dianjurkan adalah pakaian yang biasa digunakan sehari-hari. Namun, baju yang dikenakan tidak haruslah baju yang berkerah.

  1. Topi dan Atribut Kepala

Mengenakan topi dan segala macam atribut kepala untuk foto paspor juga merupakan hal yang berisiko.

Hal tersebut dikarenakan foto paspor yang sah mengharuskan rambut maupun garis rambut terlihat secara jelas seperti halnya seluruh wajah.

Jadi, mengenakan topi atau atribut kepala yang dapat menutupi rambut dan wajah sangat tidak dianjurkan.

  1. Pakaian Keagamaan

Memakai pakaian keagamaan untuk foto paspor merupakan pengecualian tersendiri. Namun, pakaian keagamaan yang dikenakan haruslah merupakan pakaian yang biasa dikenakan sehari-hari untuk menunjukkan bahwa pakaian tersebut tidak termasuk seragam.

Pakaian keagamaan yang dapat dikenakan adalah seperti jilbab yang dikenakan para muslimah.

Namun, harus diperhatikan saat memakai jilbab pastikan jilbab tidak menutupi garis rambut, wajah tetap kelihatan jelas apalagi bagian mata dan hidung, serta tidak menimbulkan bayangan pada wajah.

  1. Kacamata

Menggunakan kacamata saat berfoto untuk foto paspor sebenarnya diperbolehkan asalkan kacamata tersebut digunakan sehari-hari.

Lensa pada kacamata juga harus jernih sehingga mata tetap terlihat. Jadi, lensa kacamata tidak boleh berwarna apalagi gelap karena hal tersebut tidak diperbolehkan.

Namun, ada pengecualian untuk menggunakan kacamata lensa berwarna kalau memang ada kondisi medis yang mengharuskan memakai kacamata dengan lensa warna.

Sehingga, bagi yang memiliki kondisi medis tersebut maka harus menyerahkan surat keterangan memiliki kondisi medis tertentu pada mata.

Bolehkah Foto Paspor Berjilbab – Memakai Jilbab untuk Foto Paspor

Gambar Foto Bolehkah Foto Paspor Berjilbab Apa Sarat-SaratnyaSetelah memerhatikan semua penjelasan tentang syarat-syarat berpakaian untuk foto paspor, maka dapat disimpulkan bahwa mengenakan jilbab di foto paspor itu diperbolehkan atau sah-sah saja.

Hanya saja, jilbab tidak menutupi wajah dan tidak menimbulkan bayangan pada wajah. Selain itu, kalau ingin memakai jilbab untuk foto paspor maka pastikan bahwa jilbab yang dikenakan merupakan bagian dari pakaian yang dikenakan sehari-hari.

Perlu diketahtui juga, di negara lain ada yang tidak memperbolehkan memakai jilbab untuk foto paspor seperti di negara Swiss, Aljazair, dan Islandia.

Berjilbab atau mengenakan jilbab untuk foto paspor memang tidak dilarang asalkan ketentuan memakai jilbab tetap dipenuhi.

Sehingga, bagi yang menanyakan bolehkah foto paspor berjilbab? Jawabannya adalah ya, tentu saja diperbolehkan dengan memerhatikan ketentuannya.


Referensi: usatoday, passportinfo, imigrasi Indonesia

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
4Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here