Bolehkah Turun Kelas BPJS, Bolehkah.Com – BPJS Kesehatan memang menyediakan 3 kelas untuk para pesertanya, lalu bolehkah turun kelas BPJS?

Gambar Foto Bolehkah Turun Kelas BPJS Apa Sarat-SaratnyaPindah kelas, baik itu naik maupun turun kelas BPJS dapat dilakukan. Namun, ada beberapa persyaratan atau ketentuan untuk melakukan hal tersebut.

Berikut ini beberapa penjelasan tentang bagaimana berpindah kelas perawatan BPJS.

Bolehkah Turun Kelas BPJS – Mengapa Peserta Ingin Pindah Kelas Perawatan BPJS?

BPJS Kesehatan memiliki 3 kelas yang digunakan untuk pelayanan kesehatan pesertanya, yaitu Kelas I, Kelas II, dan Kelas III.

Mengenai bagaimana sistem pelayanan dan pengobatan yang diberikan di setiap kelas, sebenarnya tidak ada bedanya sama sekali. Hanya saja, yang menjadi perbedaan masing-masing kelas adalah ruang perawatan yang digunakan.

Kelas I akan mendapatkan ruang perawatan tersendiri yang lebih baik dan nyaman dari kelas II. Sedangkan, untuk kelas III ruang perawatan dilakukan di bangsal-bangsal perawatan umum.

Selain itu, masing-masing kelas mempunyai biaya premi atau iuran yang berbeda pula. Untuk Kelas I biaya preminya yaitu Rp 80.000 per bulan, Kelas II Rp 51.000 per bulan, dan Kelas III Rp 25.500 per bulan. ( Tarif Baru Iuran BPJS per April 2016 )

Ternyata, terjadi kenaikan biaya premi secara drastis. Padahal harga sebelumnya untuk Kelas I hanya membayar Rp 59.500 per bulan, Kelas II 42.500 per bulan, dan Kelas III 25.000 per bulan.

Kenaikan biaya premi inilah yang menjadi alasan beberapa orang berkeinginan untuk pindah atau turun kelas.

Namun, sangat disayangkan karena berpindah kelas perawatan BPJS hanya dapat dilakukan oleh peserta yang terdaftar dalam kepesertaan BPJS Non-PBI saja (Kelas I dan II).

Sedangkan, untuk peserta PBI berpindah kelas tidak dimungkinkan untuk dilakukan. Lalu, bagaimana melakukannya? Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang bagaimana cara pindah kelas perawatan BPJS.

Bolehkah Turun Kelas BPJS – Ketentuan Berpindah Kelas Perawatan BPJS

Berpindah kelas perawatan BPJS tidak dapat dilakukan sesuai dengan keinginan peserta, namun ada juga ketentuan-ketentuan tentang berpindah kelas perawatan.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa ketentuan berpindah kelas perawatan.

  1. Melakukan perubahan kelas perawatan dapat dilakukan oleh peserta kalau iuran pertama BPJS peserta belum dibayarkan
  2. Peserta yang ingin pindah kelas dan sudah membayar iuran pertama BPJS, maka harus menunggu selama 1 tahun setelah pengaktifan kartu BPJS peserta.
  3. Peserta dapat melakukan perubahan kelas perawatan baik itu naik kelas atau turun kelas sesuai dengan kesanggupan dan pertimbangan peserta.
  4. Berpindah kelas saat ini hanya dapat dilakukan dengan datang ke kantor BPJS saja dan tidak dapat dilakukan secara online.

Bolehkah Turun Kelas BPJS – Syarat-Syarat dan Prosedur Pindah Kelas Perawatan BPJS

Gambar Foto Bolehkah Turun Kelas BPJS Mengapa dan AlasannyaSeperti yang telah disebutkan dalam ketentuan berpindah kelas perawatan di atas, bagi peserta kelas I dan II yang ingin turun kelas perawatan BPJS, maka peserta tersebut harus menunggu selama 1 tahun dulu sebelum dapat melakukan perubahan kelas perawatan BPJS..

Nah, setelah waktu 12 bulan dilalui dan berkeinginan untuk berpindah kelas perawatan BPJS, maka yang harus dilakukan peserta selanjutnya adalah dengan mempersiapkan persyaratan untuk berpindah kelas perawatan.

Syarat-syarat yang harus dipersiapkan antara lain:

  1. Mempersiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu BPJS Kesehatan
  3. Kartu Keluarga (KK)
  4. Mengisi formulir perubahan data yang ditandangani dan diberi materai Rp 6.000
  5. Pastikan telah melunasi iuran paa bulan tersebut

Setelah melengkapi semua persyaratan tersebut, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat
  2. Jangan lupa membawa semua persyaratan yang diharuskan
  3. Laporkan keperluan kepada petugas di kantor BPJS Kesehatan
  4. Setelah semua syarat dipenuhi untuk proses perubahan data, maka data pindah kelas akan segera diproses

BPJS Kesehatan mengijinkan peserta untuk berpindah kelas agar peserta BPJS dapat menyesuaikan pendapatannya dengan premi yang berlaku.

Baca juga: Bolehkah Berhenti dari BPJS

Kesimpulannya, bolehkah turun kelas BPJS? Ya, tentu saja boleh dengan memerhatikan ketentuan, syarat, dan prosedur yang telah ditentukan.


Referensi: pasienbpjs, panduanbpjs, sepulsa

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
1Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here