Bolehkah Pendaftaran BPJS Diwakilkan, Bolehkah.Com – Bagi mereka yang sangat sibuk dan tidak bisa mengurus sendiri pendaftaran BPJSnya pasti penasaran sebenarnya bolehkah daftar BPJS diwakilkan.

Gambar Foto Bolehkah Pendaftaran BPJS Diwakilkan Bagaimana CaranyaDengan segala macam kesibukan orang saat ini, datang langsung ke kantor untuk mengurus BPJS pasti memakan banyak waktu.

Lalu bagaimana? Bolehkah diwakilkan? Inilah pembahasan dan jawabannya:

Proses Pendaftaran BPJS Kesehatan

Berdasarkan Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 1 Tahun 2015, pendaftaran BPJS bisa dilakukan secara langsung ataupun secara online.

Berikut ini proses pendaftaran BPJS kesehatan yang perlu diketahui:

1. Siapkanlah KK dan KTP. Fotokopi keduanya dan bawa keduanya saat akan mendaftar.




Untuk pendaftaran ofline ataupun online, lewat situs BPJS-Kesehatan.go.id, nomor kartu tanda penduduk (KTP), kartu nomor pokok wajib pajak (NPWP)m kartu keluarga, nomer telepon atau alamat e-mail yang bisa dihubungi perlu disiapkan untuk mengisi formulir.

2. Setelah semua disiapkan pendaftar bisa datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan dimana saja tanpa memperdulikan alamat asli pendaftar.

Selain datang langsung, seperti yang sudah disebutkan di atas, pendaftaran online bisa menjadi solusi.

Pendaftar hanya perlu mengisi data di situs BPJS tersebut.

3. Tentukan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sesuai dengan alamat tempat kerja atau tempat tinggal terakhir.

Ini juga berarti BPJS menjamin kelanjuan pelayanan BPJS walaupun peserta berpindah tempat kerja atau tinggal.

Pelayanan kesehatan ini berlaku di seluruh wilayah di Indonesia.

4. Setelah mendaftar dan menyerahkan semua dokumen lengkap, peserta membayar lewat bank Mandiri, BNI atau BRI.




Pembayaran ini sebenarnya bisa dilakukan sebelum peserta datang ke kantor terutama bagi mereka yang mendaftar secara online.

5. Setelah membayar, bukti pembayaran bisa diserahkan ke kantor BPJS Kesehatan dan ditukar dengan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (KSN) dengan identitas elektronik (e-ID).

Itulah prosedur dalam pendaftaran BPJS. Saat ini memang semua hal sudah dipermudah. Sayangnya, tidak semua orang punya waktu.

Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak bisa datang langsung ke kantor BPJS?

Kalau berhalangan, bolehkah pendaftaran BPJS diwakilkan? Bagaimana kalau sedang sakit? Cari jawaban dan aturannya di sini.

Perwakilan untuk Mendaftar BPJS

Gambar Foto Bolehkah BPJS Digunakan Di Luar Kota menurut Peraturan PemerintahBPJS bisa didaftarkan dan diurus oleh perwakilan.

Ini diberlakukan untuk mempermudah mereka yang memang tidak bisa datang secara langsung ke kantor BPJS untuk validasi data ataupun untuk mendaftar.

Bagaimanakah caranya? Kasus pertama adalah bagi mereka yang memang tidak bisa melakukan pendaftaran online karena tidak bisa mengoperasikan komputer.




Cara terbaik untuk mendaftar online meminta bantuan dari orang lain adalah hal yang legal. Hal ini tidak menyalahi peraturan apapun.

Sedangkan bagi mereka yang ingin melakukan pendaftaran secara offline tapi berhalangan hadir, bisa diwakilkan oleh anggota keluarganya.

Yang mewakili pendaftaran bisa anak kandung ataupun istri pendaftar.

Dengan membawa surat kuasa, KTP serta bukti kartu keluarga, seorang anggota keluarga bisa mewakili kepala keluarga untuk mendaftar.

Hal ini sudah sesuai Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 1 Tahun 2015 pasal 2 ayat ini.

Lalu bagaimana dengan perwakilan di luar anggota keluarga inti? Untuk kasus tersebut, perwakilan harus membawa surat kuasa yang ditanda tangani di atas materai Rp 6.000,00.




Yang perlu diingat, jika meminta perwakilan dari luar anggota, pastikan bahwa orang tersebut dapat dipercaya karena dia membawa data yang cukup sensitif dari pendaftar.

Selain itu, pastikan semua kelengkapan sudah sesuai agar tidak perlu bolak-balik karena ada syarat yang kurang. Jangan pernah meminta bantuan calo!

Walaupun pengurusan BPJS bisa dilakukan orang lain, calo bukanlah pilihan yang bijaksana karena hanya akan membuat pendaftar mengeluarkan terlalu banyak uang.

Kesimpulan Bolehkah Pendaftaran BPJS Diwakilkan

Pengurusan BPJS saat ini sudah menjadi lebih mudah.

Selain bisa diurus di luar tempat asal, BPJS juga bisa diurus orang lain dengan syarat adanya bukti berupa surat kuasa serta kartu keluarga.

Dengan memahami penjelasan di atas, semoga pertanyaan bolehkah pendaftaran BPJS diwakilkan sudah terjawab dengan tuntas.

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here