Bolehkah Mendaftar BPJS di Daerah Lain, Bolehkah.Com – Pertanyaan mengenai hal ini pasti mengemuka dalam masyarakat. Hal ini cukup wajar karena saat ini BPJS semakin jamak dan semakin banyak yang menyadari pentingnya BPJS.

Gambar Foto Bolehkah Mendaftar BPJS di Daerah Lain Selain Tempat TinggalPertanyaan ini menjadi perhatian terutama bagi mereka yang bekerja di daerah lain dan belum mendaftar di BPJS.

Lalu, apakah boleh? Berikut ini penjelasan serta jawaban dari pertanyaan ini:

Bolehkah Mendaftar BPJS di Daerah Lain – Peraturan Pendaftaran BPJS

Berikut ini beberapa peraturan dalam Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 1 Tahun 2015 yang perlu diketahui:

1. Jaminan kesehatan berupa perlindungan kesehatan agar peserta dapat menerima kebutuhan dasar seperti pemberian obat atau perawatan di rumah sakit.

Ini ditujukan bagi mereka yang telah membayar iuran.

2. BPJS ini diberikan kepada warga Negara Indonesia dan warga asing yang bekerja di Indonesia minimal 6 bulan serta sudah membayar iuran.

3. Pendaftar mendaftarkan dirinya beserta keluarganya. Keluarga ini berdasarkan yang terdaftar dalam KK.

Pendaftaran bisa diwakilkan oleh anggota keluarga lainnya (tidak hanya para kepala keluarga).

4. Pendaftaran bisa dilakukan di kantor cabang atau layanan operasional Kabupaten/Kota, website BPJS dan bank yang bekerjasama dengan BPJS.

5. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir yang telah diisi lengkap

Dan menyerahkan foto terbaru 3×4, fotokopi dan Kartu Keluarga (KK) asli, fotokopi dan KTP atau Paspor asli, fotokopi dan buku tabungan asli salah satu peserta yang ada di dalam Kartu Keluarga

6. Nomor Virtual Account (VA) akan diberikan setelah pendaftar mendaftarkan diri.

7. Pembayaran iuran dilakukan melalui Bank yang bekerja sama dengan BPJS yaitu BRI, BNI dan Mandiri.

8. Setelah melakukan pembayaran, bukti pembayaran iuran disimpan kemudian diserahkan ke kantor BPJS Kesehatan.

Pendaftar akan mendapatkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (KSN) setelah semua prosedur dilakukan.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui beserta prosedur untuk melakukan pendaftaran BPJS.

Bolehkah Mendaftar BPJS di Daerah Lain – Mendaftar BPJS di Daerah Lain

Gambar Foto Bolehkah Mendaftar BPJS di Daerah Lain Kota Asal KTPDari penjelasan pasal-pasal pada Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 1 Tahun 2015 memang tidak disebutkan bahwa pendaftar harus mendaftar di daerah asalnya.

Ini berarti pendaftaran BPJS bisa dilakukan di mana saja. Lalu bagaimana caranya untuk mendaftar? Sebenarnya sama dengan mendaftar di daerah asal.

Hanya saja, yang penting untuk digarisbawahi adalah pendaftar harus membawa surat keterangan tinggal sementara dari RT/RW di mana saat ini pendaftar tinggal.

Selain itu, pendaftaran saat ini bisa dilakukan dengan lebih mudah karena BPJS sudah menyediakan fasilitas pendaftaran online. Ini jelas membantu mempercepat proses pendaftaran.

Surat keterangan itu terutama diperlukan jika peserta memilih fasilitas kesehatan tingkat 1. Selain itu, sangat disarankan kepada para pendaftar untuk memilih fasilitas kesehatan yang berada dekat dengan tempat kerja atau tempat tinggal pendaftar.

Lalu muncul pertanyaan lain: “apakah BPJS ini bisa digunakan di kota lain?” Kabar baiknya adalah kartu BPJS bisa digunakan di kota lain juga. Terutama misalnya peserta sedang berada di luar kota atau sedang kembali ke tempat asal.

Ini berarti peserta berada di luar area BPJSnya. Apabila peserta mengalami gangguan kesehatan di luar area BPJSnya, peserta tetap bisa menggunakan fasilitas kesehatan tingkat 1.

Untuk menikmati fasilitas ini, peserta harus membuat surat keterangan berkunjung ke fasilitas kesehatan di tempat yang dituju.

Mungkin sedikit merepotkan, namun sebaiknya hal ini dilakukan agar kartu BPJS diterima di rumah sakit yang dituju.

Mendaftarkan BPJS bisa dilakukan di mana saja. Dengan berbekal surat ijin tinggal sementara dan pertimbangan fasilitas terdekat yang ada di tempat tinggal pendaftar, BPJS bisa didaftarkan.

Semoga penjelasan di atas bisa memberikan jawaban dari pertanyaan bolehkah mendaftar BPJS di daerah lain.


referensi: pasienbpjs, panduanbpjs,bpjas-kesehatan

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here