Bolehkah BPJS Digunakan Di Luar Kota, Bolehkah.Com – Bagi yang memiliki kartu BPJS, pasti bertanya-tanya bolehkah BPJS digunakan di luar kota?

Gambar Foto Bolehkah BPJS Digunakan Di Luar Kota dan Apa Sarat-SaratnyaMemiliki kartu BPJS merupakan hal yang sangat penting karena kartu tersebut memiliki berbagai fungsi dan manfaat.

Nah, lalu apakah boleh layanan BPJS digunakan di luar kota? Beberapa penjelasan berikut dapat disimak guna menjawab pertanyaan tersebut.

Apa Itu BPJS?

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan sebuah lembaga yang dibentuk guna menyelenggarakan program jaminan sosial kepada seluruh penduduk Indonesia yang diatur dalam Undang-Undang UU Nomor 24 Tahun 2011 dan UU Nomor 40 Tahun 2004.

Lembaga ini mempunyai dua program jaminan sosial, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Penjelasan mengenai masing-masing lembaga adalah sebagai berikut.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) merupakan badan hukum publik yang memiliki tanggungjawab terhadap Presiden.

Fungsi dari BPJS Kesehatan sendiri adalah untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan kepada seluruh penduduk Indonesia termasuk warga negara asing yang bekerja di Indonesia paling lama 6 (enam) bulan.

Sedangkan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) merupakan lembaga atau badan hukum publik yang berfungsi menyelenggarakan program jaminan pensiun, jaminan hari tua, jaminan kematian, dan jaminan kecelakaan kerja bagi seluruh pekerja Indonesia termasuk pekerja dari negara lain yang telah bekerja di Indonesia paling singkat 6 bulan.

Apa Saja Manfaat BPJS?

BPJS juga memiliki beberapa manfaat. Sebagai contoh, berikut ini beberapa manfaat jaminan kesehatan yang diperoleh dari BPJS Kesehatan yang terdiri atas:

1. Manfaat Medis

Manfaat Medis; merupakan manfaat yang diperoleh yang tidak terikat dengan besaran iuran.

2. Manfaat Non-Medis;

Yang meliputi: Manfaat Ambulans yang hanya diberikan kepada pasien rujukan dari faskes atau fasilitas kesehatan dengan kondisi tertentu dan Manfaat Akomodasi yang dibedakan berdasarkan skala besaran iuran.

3. Manfaat Pelayanan Promotif dan Preventif;

yang meliputi: Penyuluhan Kesehatan Perorangan, Imunisasi Dasar (BCG, Polio, Campak, DPT-HB), Keluarga Berencana (Kontrasepsi Dasar, Vasektomi, dan Konseling), dan Skrining Kesehatan guna mendeteksi risiko penyakit dan mencegah penyakit yang mempunyai dampak lanjutan.

Bolehkah BPJS Digunakan Di Luar Kota Tempat Mendaftar?

Gambar Foto Bolehkah BPJS Digunakan Di Luar Kota menurut Peraturan PemerintahTernyata, BPJS dapat digunakan di luar kota, lho.

Misalnya, kalau mengalami sakit mendadak saat sedang di luar kota seperti sedang mudik, melakukan perjalanan bisnis, atau berlibur, maka BPJS dapat digunakan.

BPJS yang digunakan adalah BPJS Kesehatan untuk berobat.

Namun, ada beberapa prosedur dan syarat yang harus dijalankan dan dipenuhi.

Syarat yang harus dipenuhi merupakan dokumen-dokumen penting yang terdiri dari:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  2. Kartu BPJS Kesehatan; dan
  3. Surat Keterangan Domisili.

Beberapa dokumen yang disebutkan di atas merupakan syarat mutlak agar dapat menggunakan layanan BPJS di luar kota.

Setelah memenuhi syarat-syarat di atas, berikut ini beberapa prosedur yang harus dilakukan:

  1. Sebelum mendatangi faskes atau fasilitas kesehatan tingkat 1 di luar kota atau daerah, silahkan datang ke kantor BPJS setempat guna mengurus surat pengantar berkunjung.
  2. Kemudian, setelah mendapatkan surat pengantar berkunjung, bawalah surat tersebut bersama dengan kartu BPJS ke fasilitas kesehatan tingkat 1 terdekat.
  3. Kalau bukan merupakan gawat darurat tapi tetap ingin berobat saat berada di luar wilayah, maka silahkan lapor ke Kantor Cabang BPJS untuk diarahkan ke faskes 1 terdekat.

Prosedur ini diperoleh dari pihak layanan BPJS Kesehatan yang menyatakan bahwa peserta yang sedang berada di luar domisili dapat meminta surat pengantar ke faskes 1 dari Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat untuk menggunakan layanan BPJS Kesehatan.

Kesimpulan Bolehkah BPJS Digunakan Di Luar Kota

Jadi, kesimpulannya BPJS dapat digunakan di luar kota dengan memenuhi syarat-syarat yang diperlukan dan menjalani prosedur yang telah ditetapkan.

Jadi bolehkah BPJS digunakan di luar kota? Boleh saja asal mengikuti prosedur yang berlaku.


referensi: jamsosindonesia, dinkes lumajang, pasienbpjs, bpjs-kis

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here