Bolehkah Pilot Merokok, Bolehkah.Com – Memang merupakan sebuah tanda tanya tentang larangan pilot merokok.

Namun, kalau ditanyakan maka pertanyaan tersebut harus dijawab dengan beberapa penjelasan dan peraturan mengenai hal itu yang patut diketahui.

Gambar Foto Bolehkah Pilot Merokok saat Tidak BertugasNah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jawaban tersebut, berikut ini beberapa penjelasan yang dapat disimak.

Bolehkah Pilot Merokok – Peraturan Kesehatan Seorang Pilot

Seorang pilot yang profesional pastinya sudah lolos sertifikasi dan syarat-syarat kesehatan.

Memang soerang pilot tidak harus sepenuhnya ideal, seperti memiliki tinggi badan yang ideal, tidak memakai kacamata, dan lain-lain.

Hal-hal tersebut hanyalah sebuah poin plus saja untuk seorang pilot. Salah satu syarat terpenting sebagai seorang pilot adalah sehat.




Sehat disini berarti memiliki sertifikat yang menyatakan lolos pemeriksaan kesehatan. Nah, seperti apa ya syarat-syarat kesehatan untuk seorang pilot?

Syarat-syarat kesehatan untuk menjadi pilot digunakan dalam Medical Examination (Medex).

Medex merupakan istilah tes kesehatan yang diterapkan untuk calon siswa penerbang atau pilot.

Namun, Medex juga diperuntukkan bagi para pilot, pramugari/pramugara, serta teknisi atau flight engineer, bukan calon lagi.

Di Indoesia, Medex dilakukan di Balai Kesehatan Penerbang (Hatpen) yang ada di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Berikut ini hal-hal yang dilakukan saat calon pilot maupun pilot menjalani Medex:

  1. Cek Audiometri

Tes ini merupakan semacam tes pendengaran untuk mengetahui apakah pendengaran calon pilot atau pilot normal atau tidak.

  1. Cek Mata

Tes ini untuk mengetahui apakah jarak pandang atau pengelihatan seorang pilot masih dalam batasan-batasan normal.




  1. Cek Laboratorium

Tes ini merupakan tes untuk mengetahui kadar kolesterol, trigloserida, asam urat, dan lain lain melalui cek urine dan darah.

  1. Tes Jantung

Tes ini berfungsi untuk merekam kondisi jantung calon pilot atau pilot.

Tes ini dilakukan dengan merekam kondisi jantung saat calon pilot atau pilot melakukan aktivitas berlari di treadmill.

  1. EEG

EEG atau Elektro Ensefalografi merupakan sebuah tes yang dilakukan untuk mengetahui apakah calon pilot atau pilot mempunyai kelainan kejiwaan atau otak.

  1. Cek Fisik

Cek fisik dilakukan untuk mengetahui apakah calon pilot atau pilot pernah mengalami kecelakaan yang menyebabkan trauma atau kerusakan organ-organ dan penyakit-penyakit tertentu.

Nah, dari Medex dapat diketahui bahwa seorang calon pilot atau pilot haruslah sehat fisik dan juga mental, sehingga menjadi seorang pilot memang tidaklah mudah atau menuntut sebuah tanggung jawab yang sangat besar.

Hal tersebut dapat dilihat dari ketatnya seleksi masuk hingga pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebelum seseorang dapat dinyatakan lolos untuk menjadi calon pilot atau pun pilot.

Kesimpulan Jawaban Bolehkah Pilot Merokok?

Gambar Foto Bolehkah Pilot Merokok Menurut PeraturanDengan melihat beberapa penjelasan tentang syarat kesehatan seorang pilot, maka jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut:




Hampir semua maskapai penerbangan tidak mengijinkan pilot merokok saat melaksanakan tugas atau pun sedang tidak bertugas.

Alasannya adalah masalah kesehatan.

Kalau pilot merokok dan pilot itu adalah perokok berat, maka ada kemungkinan pilot tersebut memiliki kemungkinan terserang penyakit seperti kanker paru-paru atau serangan jantung.

Sehingga, akan sangat membahayakan bagi pilot yang merokok untuk menerbangkan pesawat.

Selain itu, larangan untuk merokok memang sudah menjadi larangan sebagian besar maskapai penerbangan dalam negeri dan luar negeri baik itu untuk pilot dan petugas penerbangan lain, serta penumpang dalam pesawat.

Alasannya, selain mengganggu kenyamanan juga akan mengakibatkan pilot atau petugas penerbangan pesawat tersebut diberhentikan kalau sampai ketahuan.




Kesimpulannya, seorang pilot memang tidak diperbolehkan merokok saat sedang bertugas atau pada saat tidak menjalankan tugas karena masalah keselamatan dan kesehatan juga.

Ulasan lengkap di atas menjawab pertanyaan “Bolehkah pilot merokok?” dengan jelas.


referensi: sekolah-pilot, wikipedia, askcaptainlim

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here