Bolehkah Kata Ganti Saya dan Kita Digunakan Dalam Teks Ilmiah, Bolehkah.Com – Menulis karya ilmiah tentunya tidak sama seperti menulis karya nonilmiah seperti fiksi. Ada aturan-aturan yang harus diperhatikan dan tidak bisa sembarangan.

Gambar Foto Bolehkah Kata Ganti Saya dan Kita Digunakan Dalam Teks Ilmiah Mengapa dan Apa AlasannyaJika karya nonilmiah lebih santai karena memakai gaya bahasa nonformal, maka berbeda dengan karya ilmiah.

Karya ilmiah memiliki aturan baku dan menggunakan bahasa formal. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut ini:

Bolehkah Kata Ganti Saya dan Kita Digunakan Dalam Teks Ilmiah? Apa Alasannya?

Karya-karya ilmiah seperti skripsi, desertasi, tesis dan laporan resmi penelitian lainnya tidak diperkenankan memakai pronomina saya atau kita. Kedua pronomina ini lebih cocok digunakan untuk karya yang bersifat nonilmiah.



Selain tidak diperbolehkan menggunakan pronomina tersebut, gaya bahasa penulisan karya ilmiah juga harus memakai bahasa Indonesia yang baku. Meskipun terkesan kaku, namun itulah bahasa formal yang seharusnya digunakan.

Namun ada pengecualian yaitu bila kita menulis karangan eksposisi. Ciri teks eksposisi yaitu menggunakan pronomina kita, mereka, dia dan saya.

Teks eksposisi berupa pemaparan yang dilengkapi dengan data yang akurat. Gaya bahasa yang digunakan juga ilmiah. Ciri-ciri paragraf esposisi lainnya antara lain:

  • Menggunakan pronomina (kata ganti) saya, dia, kita, dan mereka.
  • Menggunakan bahasa ilmiah dan baku.
  • Secara leksikal terdapat kata kerja, kata benda, kata sifat dan keterangan.
  • Mengandung kata sambung (konjungsi).
  • Secara tersirat ataupun tersurat memuat pendapat penulis baik setuju maupun tidak setuju pada pokok pembahasan.
  • Dilengkapi dengan kutipan langsung.
  • Menggunakan metabolik untuk menyampaikan pendapat.
  • Teks bersifat informatif, objekstik, dan berdasarkan fakta yang ada.

Meskipun dalam paragraf eksposisi penggunaan pronomina diperbolehkan, akan lebih baik jika tidak menggunakan pronomina jika paragraf eksposisi ini merupakan bagian dari karya ilmiah seperti tesis, skripsi, desertasi, serta laporan penelitian resmi lainnya.

Ciri-ciri Karya Ilmiah – Bolehkah Kata Ganti Saya dan Kita Digunakan Dalam Teks Ilmiah

Struktur penyajian berisi pendahuluan, bagian inti dan penutup

Pendahuluan merupakan pengantar menuju bagian inti, sementara bagian inti merupakan pokok gagasan atau ide yang ingin disampaikan dan bagian penutup berisi simpulan dari pembahasan.

Komponen dan substansi tidak sama

Setiap kajian ilmiah memiliki komponen dan substansi yang berbeda. Namun semuanya mengandung empat bagian pokok yaitu pendahuluan, inti, penutup dan daftar pustaka. Karya ilmiah yang dimuat dalam jurnal ilmiah harus mencantumkan abstrak.

Sikap penulis objektif




Gambar Foto Bolehkah Kata Ganti Saya dan Kita Digunakan Dalam Teks Ilmiah Menurut Aturan yang BerlakuSikap penulis ini disampaikan dengan gaya impersonal, banyak menggunakan kalimat pasif, dan tidak menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua.

Penggunaan bahasa

Bahasa yang dipakai merupakan bahasa formal, baku dan sesuai dengan EYD.

Selain ciri di atas, ciri lain karya ilmiah adalah:

  • Memiliki arti yang jelas. Penulis mengungkapkan permasalahan secara jernih dan tepat, maksud tidak samar.
  • Apa yang dikemukakan penulis merupakan hal yang masuk akal.
  • Pembahasan langsung pada pokok pembicaraan.
  • Semua keterangan yang dipaparkan benar adanya. Data tidak dibuat-buat.
  • Penulis berusaha sebisa mungkin menghindari kekhilafan.
  • Laporan ditulis secara berurutan dan berkesinambungan.
  • Masalah dibahas secara detail dan mendalam.

Jadi sudah jelas bahwa dalam penulisan karya ilmiah tidak diperkenankan menggunakan pronomina atau kata ganti seperti saya, kita, dia dan mereka. Kecuali jika Anda ingin menyampaikan karya ilmiah dengan gaya eksposisi.

Untuk mereka yang sedang menulis karya ilmiah seperti tesis, skripsi, dan disertasi hendaknya menggunakan kata ganti berupa “penulis” atau “peneliti”. Dengan membaca semua keterangan di atas, Anda kini tidak perlu bertanya-tanya lagi bolehkah kata ganti saya dan kita digunakan dalam teks ilmiah. Semoga bermanfaat.


src: ade-technoit91, bagasoul and mane3x

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here