Bolehkan Makan Pedas Saat Menyusui Bayi Dengan ASI Ekslusif

0

Bolehkan Makan Pedas Saat Menyusui Bayi, Bolehkah.Com – Pada saat menyusui, mungkin Moms menemukan banyak sekali mitos-mitos yang bermunculan. Dilarang ini, dilarang itu, harus seperti ini, harus seperti itu, dan masih banyak lagi. Diantaranya mengkonsumsi makanan yang pedas pada saat menyusui.

Gambar Foto bolehkan makan pedas saat menyusui mengapa dan apa efek sampingnyaBanyak orang bilang jika Moms harus menghindari makanan pedas demi kesehatan bayi. Namun, ada juga yang bilang bahwa tidak akan menjadi masalah. Lalu, sebenarnya bolehkah makan pedas saat menyusui? Aman tidak makanan pedas tersebut? Daripada bingung, ayo kita intip beritanya ini Moms.

Bolehkan Makan Pedas Saat Menyusui? apa Pengaruhnya?

Ketika menyusui, Moms harus benar-benar teliti dalam memilih variasi makan yang nantinya juga akan menjadi asupan gizi bagi si bayi. Terutama bagi bayi yang mendapatkan ASI ekslusif.

Lalu benarkah anggapan bahwa mengkonsumsi makanan yang pedas bisa mempengaruhi kondisi bayi anda? Benarkah bayi anda akan mudah diare jika anda sering mengkonsumsi makanan yang pedas.



Untuk menjawab pertanyaan bolehkan makan pedas saat menyusui, kita perlu tahu dulu bahwasannya ASI diproduksi dan mengambil nutrisinya dari darah. Sari-sari makanan yang telah dialirkan lewat darahlah yang nantinya akan menjadi nutrisi yang ada pada ASI.

Akan tetapi, rasa panas yang dihasilkan oleh cabai tersebut bisa menjadikan seorang bayi yang sensitif dengan kandungan capsaicin dari cabai. Hal tersebutlah yang memungkinkan bayi anda kemudian akan diare.

Sebenarnya, tidak semua makanan akan terdeteksi rasanya pada ASI. Hal tersebut dikarenakan tingkat keawetan rasa setiap makanan akan berbeda-beda setelah dinetralisir dalam tubuh.

Akan tetapi, cabai mempunyai tenggat waktu yang lebih lama dibandingkan makanan lainnya. Hal ini lah yang membuat salah satu faktor bayi rentan diare ketika ibunya mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan.

Bolehkan Makan Pedas Saat Menyusui? Bagaimana Solusinya?

Gambar Foto bolehkan makan pedas saat menyusui menurut medisNamun demikian, hal tersebut tidak serta merta membuat bayi anda diare setelah anda mengkonsumsi makanan yang pedas. Moms bisa tetap mengkonsumsi makanan yang rasanya pedas asal masih dalam kadar tertentu dan tidak berlebihan.



Hal lain yang ditakutkan adalah ketika terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan yang pedas, Moms sendirilah yang akan terkena diare maupun lainnya. Sehingga nantinya akan mengurangi produksi ASI.

Hal yang perlu diperhatikan adalah seroang ibu menyusui seharusnya akan lebih baik jika mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bisa memberikan asupan ASI yang baik. Makanan seperti sayuran dan buah-buahan yang dimasak secara sehat akan membantu Moms untuk memperlancar ASI.

Jika Moms masih bingung dengan makanan apa yang sebaiknya anda makan setiap harinya, anda bisa membuka menu sehat saat menyusui.

Pemikiran Moms untuk bayi juga sebenarnya sangat berpengaruh terhadap kondisi kelancaran ASI anda. Dalam kondisi apapun bayi anda akan tetap menangis dan rewel ketika ingin menyusu. Hal tersebut tidak ada hubunganya dengan makan pedas maupun tidak.

Akan tetapi, yang menjadi perhatian adalah seberapa besar nutrisi yang bagus ada pada ASI anda? Karenanya, memang diperbolehkan mengkonsumsi makanan pedas namun tetap dalam kadar tertentu dan menyeimbangkannya dengan asupan nutrisi yang bagus.

Jadi pada intinya adalah tidak masalah Moms mau memakan apapun dengan rasa apapaun. Namun, harus tetap memperhatikan kondisi tubuh Moms dan juga bayi. Memperhatikan kondisi produksi ASI juga sangat penting karena bagi bayi dengan ASI ekslusif akan membutuhkan nutrisis yang cukup.

Baca juga: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Es?

Jangan sampai sedikit makanan yang Moms asupkan membuat bayi anda sakit. Jadi, apa lagi yang perlu ditanyakan terkait bolehkan makan pedas saat menyusui untuk kesehatan bayi?





References: parents, bidanku and program-hamil

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here