Bolehkah Ibu Menyusui Minum Teh Hijau: Bahaya atau Aman?

0

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Teh Hijau, Bolehkah.Com – Hallo Moms, untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari ikuti ulasannya di sini. Pada saat mengandung, salah satu kesehatan yang harus selalu dijaga adalah diet ( pola makan ) sehatnya.

Gambar Foto bolehkah ibu menyusui minum teh hijau menurut medisBeberapa makanan yang mengandung kafein, alkohol, dan juga beberapa jenis obat-obatan tertentu perlu dihindari pada saat mengandung. Lalu, bagaimana dengan konsumsi teh hijau saat hamil?

Mengkonsumsi teh hijau dirasa bisa lebih efektif sekaligus dengan program diet Moms pasca melahirkan. Sehingga, anda tidak perlu merasa malu dan tidak PD dengan kondisi berat badan setelah melahirkan.

Namun, benarkah meminum teh hijau diperbolehkan? Nah, info selengkapnya ada di sini. Temukan jawabannya agar Moms tidak khawatir lagi ya.



Kandungan Teh Hijau Yang Berbahaya Untuk Bayi – Bolehkah Ibu Menyusui Minum Teh Hijau

Adapun beberapa kandungan yang ada pada teh hijau adalah kafein, polifenol seperti quercetin, dan juga tanin. Ketika berbicara tentang kafein, tentunya Moms juga bisa menemukannya di kopi. Bahkan, kandungan kafein pada kopi lebih besar daripada pada teh, apalagi pada teh hijau ini.

Sebenarnya, teh hijau juga mengandung antioxidant yang bagus untuk kesehatan tubuh dan janin. Lalu, bagaimana dengan konsumsi teh hijau yang secara bersamaan mengandung kedua zat tersebut? Apakah sebenarnya teh hijau yang berbeda dengan teh biasa tersebut aman untuk tumbuh kembang bayi anda?

Seperti yang kita ketahui, kafein sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi secara berlebihan, baik bagi semua orang, apalagi untuk ibu yang sedang menyusui. Beberapa akibat yang mungkin bisa ditimbulkan dari konsumsi kafein dalam teh secara berlebiihan yaitu:

  • Membuat bayi anda menjadi lebih mudah rewel
  • Bayi anda susah tidur
  • Menimbulkan penyakit anemia karena kurangnya kemampuan untuk menyerap zat besi
  • Mengurangi produksi air susu ibu

Konsumsi Teh Hijau Non-Kafein – Bolehkah Ibu Menyusui Minum Teh Hijau

Gambar Foto bolehkah ibu menyusui minum teh hijau apa efek sampingnyaAkan tetapi, terkait dengan pertanyaan bolehkah ibu menyusui minum teh hijau, anda bisa lebih mempertimbangakan beberapa jenis teh hijau herbal non-kafein. Jika Moms benar-benar menginginkan untu meminum teh hijau pada saat menyusui, maka usahakan meminumnya setelah proses penyusuan. Akan tetapi masih dalam kadar yang normal.

Sesungguhnya ada beberapa jenis teh hijau yang bisa bermanfaat untuk proses menyusui. Seperti halnya teh hijau herbal. Teh tersebut justru bisa lebih kuat dan bisa digunakan sekaligus sebagai pengobatan secara herbal. Akan tetapi, Moms perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ketika ingin mengkonsumsi teh tersebut, demi keamanan bayi anda.



Ketika anda berencana untuk mengkonsumsi teh hijau herbal, ada beberapa hal yang harus anda pastikan.

  1. Pastikan bahwa teh yang anda konsumsi benar-benar free atau 0 kafein serta tidak berlebihan.
  2. Pastikan bahwa teh hijau yang anda konsumsi merupakan salah satu teh herbal yang aman bagi anda dan bayi anda serta teh tersebut tidak mengurangi jumlah produksi air susu anda.
  3. Konsultasikan kepada dokter anda jika anda berencana untuk mengkonsumsi teh hijau secara regular.
  4. Minumlah teh di saat yang berbeda dengan waktu anda menyusui.

Beberapa tips di atas menjadi salah satu cara jika anda ingin mengkonsumsi teh hijau pada saat menyusui. Akan tetapi, kebanyakan teh hijau selalu mengandung kafein walaupun kadarnya berbeda-beda.

Sehingga, konsumsi secara berlebihan sangat tidak di sarankan bagi ibu menyusui. Jadi keputusannya sekarang ada ditangan Bunda ya .


References: drugs, healthline, and breastfeeding-problems

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here