Bolehkah Bayi Memasukkan Jari Ke Mulut? Ini Penjelasannya!

0

Bolehkah Bayi Memasukkan Jari Ke Mulut, www.Bolehkah.Com – Duh senengnya kalau buah hati tumbuh dengan sehat dan sesuai usianya. Salah satu kebiasaan yang akan muncul di usianya yang menginjak 3 bulan ke atas adalah sering memasukkan jari tangan atau kaki ke dalam mulut.

Gambar Foto bolehkah bayi memasukkan jari ke mulut menurut kedokteranHampir semua bayi melakukannya. Tapi apakah hal itu baik? Yuk simak penjelasannya.

Bolehkah Bayi Memasukkan Jari Ke Mulut? Adakah Bahayanya?

Banyak ahli setuju bahwa memasukkan jari tangan atau kaki ke dalam mulut bukanlah hal yang berbahaya dan tidak perlu dilarang. Yang harus Anda waspadai adalah jika jari tangan atau kaki bayi kotor atau berkuku panjang. Memasukkan jari ke dalam mulut merupakan salah satu cara untuk mengenali dunia.



Bayi merasa tertarik dengan segala yang ada di sekelilingnya tapi karena benda yang paling dekat adalah tangan, maka masuklah tangan ke dalam mulut.

Begitu pula jika bayi sudah bisa memegang kakinya sendiri, ia tidak akan segan melakukan hal yang sama. Mengeksploitasi segala hal lewat mulut merupakan hal pertama yang dipelajari buah hati. Oleh karena itu, ia bisa menyusu dengan baik ketika baru lahir.

Keuntungan lain yang diperoleh dengan memasukkan jari ke mulut adalah reflek muntah akan ditekan. Bayi akan dengan mudah menerima makanan bentuk padat dan tidak akan dimuntahkan saat usianya cukup nanti.

Perlu Diperhatikan

Gambar Foto bolehkah bayi memasukkan jari ke mulut apakah aman dantidak berbahayaHal yang perlu diperhatikan selain kebersihan jari dan kuku adalah intensitas. Jangan sampai perilaku ini berlebihan. Saat bayi merasa nyaman melakukan hal tersebut, ia tidak akan berhenti melakukannya. Jika ini terjadi, orang tua harus mengalihkan perhatiannya agar tidak selalu memasukkan jarinya.



Tapi hendaknya orang tua tidak memberikan pacifier karena akan menimbulkan masalah baru. Bayi bisa saja ketergantungan pacifier sehingga menghambat pertumbuhan gigi dan banyak masalah lainnya.

Sebab Bayi Memasukkan Jari Ke Mulut

Ada beberapa sebab yang menjadi latar belakang bayi memasukkan jari ke dalam mulut selain untuk mengenal dunia luar seperti yang dikutip dari boldsky;

Menenangkan Diri

Percaya atau tidak, bayi memasukkan jari ke mulut merupakan tanda bahwa ia sedang belajar menenangkan diri. Hal ini merupakan pertanda baik dan sudah seharusnya didukung.

Tumbuh Gigi

Saat bayi akan tumbuh gigi, ia butuh sesuatu untuk dikunyah atau digigit dan tangan atau kakinya adalah benda yang siap sedia.

Lapar




Bisa saja bayi merasa lapar sehingga ia memasukkan jari ke mulutnya. Ini merupakan wujud komunikasi bayi. Biasanya hal ini sudah bisa ditangkap oleh intuisi ibunya.

Apa Yang Bisa Dilakukan Ibu?

Memasang Celemek

Celemek gunanya menangkap apa saja yang keluar dari mulut bayi ketika ia sedang asyik memasukkan jarinya ke dalam mulut. Pasang celemek di leher si kecil agar selalu bersih.

Memotong kuku

Rutin memotong kuku sangat penting agar terhindar dari infeksi serius dan tidak melukai diri bayi. Gunakan pemotong kuku khusus bayi dan pastikan permukaan potongan kuku halus.

Mengalihkan Perhatian

Saat ia sudah terlalu sering memasukkan jarinya, cobalah untuk mengalihkan perhatian bayi dengan memegang tangannya dengan lembut dan memainkannya. Intinya buat bayi sibuk.

Memberi Teether

Memberi mainan yang kenyal seperti teether merupakan salah satu solusi. Bayi akan lebih nyaman dengan tekstur teether dan juga mengalihkan perhatiannya.

Menyusui Bayi atau Memberi Makan

Saat bayi Anda memberi sinyal lapar dengan memasukkan jarinya, segera beri ia makan atau asi sehingga ia tidak (lagi) mengemut jarinya.

Nah, sudah terjawab ya semua pertanyaan sekitar bolehkah bayi memasukkan jari ke mulut. Semoga bermanfaat.

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here