Bolehkah Gonta-ganti Susu Formula Bayi, www.Bolehkah.com – Pemakaian susu formula untuk bayi memang hal biasa di Indonesia. Banyak sebab yang mendorong para orang tua untuk memberikan susu formula kepada buah hatinya. Apa pun alasannya, memberikan susu formula sesuai dengan usia bayi sah-sah saja.

Gambar Foto bolehkah gonta-ganti susu formula bayi menurut kedokteranDengan memperhatikan takaran dan reaksi bayi (suka atau tidak) tidak ada efek yang perlu dikhawatirkan. Namun bagaimana jika orang tua gemar bergonta-ganti susu formula? Bolehkah hal ini dilakukan? Berikut penjelasan dari Susan Sorensen seorang Pediatrician dari situs www.babycenter.com.

Menjawab Pertanyaan Bolehkah Gonta-Ganti Susu Formula Bayi?

Pada dasarnya, orang tua boleh saja mengonta-ganti susu formula bayinya asalkan bayi suka. Jadi, Anda tidak perlu bingung kalau dapat voucher belanja atau sampel susu gratis dari brand yang berbeda dari susu yang sudah Anda gunakan sebelumnya. Tidak ada masalah kok.

Tapi, bayi yang sudah cukup lama mengonsumsi susu formula tertentu biasanya sudah hafal dengan rasa susunya. Beberapa bayi memang dengan mudah beradaptasi dengan susu formula baru. Tapi beberapa bayi tidak. Mereka butuh waktu untuk membiasakan diri.

Hal terpenting yang harus diketahui para orang tua adalah mengganti susu berformula sama contohnya susu sapi dengan susu sapi, susu kedelai dengan susu kedelai. Namun jika buah hati Anda sebelumnya mengonsumsi susu kedelai karena alergi protein susu sapi, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter anak kepercayaan Anda.

Kebanyakan orang tua mungkin khawatir mengganggu pencernaan si kecil jika susu formulanya diganti. Hal ini tidak benar. Orang tua tidak perlu khawatir jika frekuensi atau warna feses bayi mengalami perubahan. Bukan berarti ia alergi zat besi yang terdapat dalam susu sapi.

Jangan langsung menggantinya dengan susu berzat besi rendah. Kondisi yang perlu Anda waspadai adalah jika bayi sembelit. Tapi lagi-lagi ini bukan menjadi tanda bahwa bayi Anda mengalami alergi.

Yang menjadi tanda alergi sebenarnya adalah ketika Anda menemukan darah di dalam feses atau dalam muntahannya. Segera bawa ke dokter anak untuk mendapatkan penanganan. Selain itu, gejala alergi susu sapi lainnya antara lain;

  • Diare
  • Sakit perut
  • Ruam merah pada kulit (http://kidshealth.org/)

Di akhir uraiannya, Susan Sorensen menjelaskan bahwa untuk mengganti susu formula berbasis susu sapi dengan susu berbasis susu kedelai perlu pembicaraan serius dengan dokter anak. Ia juga memberi keterangan bahwa gas yang berlebih dan keanehan usus lainnya bukan menjadi tanda bahwa si kecil alergi terhadap susu formula.

Bayi dengan alergi susu sapi sangatlah langka. Ia mengaku dari 1000 pasiennya hanya 2 bayi saja yang mengalami alergi susu sapi. Yang mengejutkan lagi, bayi yang alergi susu sapi juga alergi susu kedelai sehingga keduanya bukanlah solusi.

Bolehkah Gonta-ganti Susu Formula Bayi – Cara Mengganti Susu Formula Bayi

Gambar Foto bolehkah gonta-ganti susu formula bayi apa efek sampingnyaTerkadang bukan hal yang mudah mengganti satu merek susu formula dengan merek lainnya. Apalagi kalau bayi sudah suka dengan rasanya. Tapi jika Anda tetap ingin mengganti susu formulanya, berikut ini tipsnya yang diambil dari incredibleinfant;

  • Ambil 3 bagian susu formula lama dan 1 bagian susu formula baru.
  • Hari berikutnya, tambah takaran susu formula baru hingga susu formula lama sepenuhnya tidak dimasukkan.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Jika ingin mengganti susu formula lakukan sedikit demi sedikit. Pastikan tidak ada alergi yang muncul. Lakukan switching ini paling tidak satu minggu penuh untuk melihat reaksinya. Ingat ya satu minggu penuh dan itu pun hanya satu jenis susu formula! Artinya jangan mengganti terlalu sering karena tubuh kecilnya baru bisa mengujicoba susu formula baru paling tidak dalam satu minggu.

Nah, kalau kita kembali pada pertanyaan “bolehkah gonta ganti susu formula bayi?” jawabannya boleh tapi jangan terlalu sering (dalam satu minggu) agar bayi tidak mess up.

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here