Bolehkah Anak Tidak Imunisasi Dasar? Menimbang Baik Buruk Imunisasi

0

Bolehkah Anak Tidak Imunisasi Dasar, www.Bolehkah.Com – Imunisasi adalah proses pemasukan zat-zat tertentu untuk memperoleh kekebalan tubuh dari penyakit-penyakit. Dalam hal ini zat yang dimasukkan ke dalam tubuh berupa vaksin.

Gambar Foto bolehkah anak tidak imunisasi menurut kedokteranOleh sebab itu, imunisasi sangat berhubungan dengan vaksinasi. Setelah vaksin dimasukkan ke dalam tubuh, selanjutnya sistem antibodi akan bereaksi melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Bolehkan Anak Tidak Imunisasi? Mengapa dan Bahaya kah?

Pertanyaan ini cukup klise. Hingga saat ini imunisasi masih menjadi pro kontra dalam masyarakat. Sebagian menyatakan anak atau bayi tidak perlu diimunisasi karena pada dasarnya manusia telah dibekali antibodi untuk melindungi diri. Toh, sebelum ada imunisasi orang-orang juga sehat-sehat saja. Harapan hidup mereka juga sama tinggi.

Kubu yang bersebrangan menyatakan bahwa imunisasi sangat diperlukan karena walaupun tubuh telah memiliki antibodi alami, namun tidak akan sanggup melawan virus atau kuman yang ganas dan banyak jumlahnya. Jadi, anak yang telah diimunisasi akan lebih terlindung dibanding anak yang tidak diimunisasi.



Banyak kekeliruan atau kesalahpahaman mengenai imunisasi misalnya; “lho, sudah diimunisasi kok masih sakit juga?” Hal ini memang bisa saja terjadi karena imunisasi tidak menjamin seseorang bebas penyakit 100 persen. Tetapi dengan imunisasi setidaknya sakitnya tidak akan parah.

Gambar Foto bolehkah anak tidak imunisasi bahayakah mengapaSelain itu, proses pembentukan antibodi tidak serta merta terjadi sesaat setelah tubuh diberi vaksin. Semua butuh proses. Waktu yang diperlukan untuk bereaksi adalah 2 hingga 4 minggu. Jadi, wajar jika anak terkena flu padahal 4 hari yang lalu sudah mendapat vaksin influenza.

Sebagai orang tua pasti kita ingin melindungi anak dari apa pun. Kalau kita perlu membeli car seat agar anak aman selama kita berkendara, baby gates agar anak aman selama bermain, lalu mengapa kita tidak memberi keamanan terpentingnya dengan imunisasi?

Bolehkah Anak Tidak Imunisasi Dasar – 5 Sebab Mengapa Anak Harus Imunisasi

Masih ragu bahwa imunisasi perlu untuk buah hati? Nih simak keuntungan imunisasi di bawah ini sebagaimana yang dikutip dari www.vaccines.gov;

Imunisasi Menyelamatkan Nyawa Anak



Imunisasi akan memberi perlindungan yang lebih baik dari serangan penyakit serius. Salah satu penyakit serius yang (bahkan) menjadi penyakit paling ditakuti di Amerika adalah polio. Namun berkat vaksinasi, tidak ditemukan kasus polio di Amerika.

Vaksinasi Aman dan Efektif

Sebagian masyarakat mungkin masih skeptis terhadap vaksin. Tapi, pembuatan vaksin melibatkan banyak ahli. Jadi, tidak dibuat sembarangan. Kalaupun ada efek samping setelah vaksinasi seperti demam atau ruam kemerahan di tempat injeksi, semua itu adalah efek wajar yang tidak berbahaya. Selain itu, vaksin efektif menangkal penyakit tertentu sehingga tepat sasaran.

Imunisasi Melindungi Orang-orang Yang Kita Kasihi

Imunisasi bukan hanya melindungi diri kita dari penyakit tetapi juga melindungi orang-orang yang kita sayangi dari penyakit menular. Jadi, jangan lewatkan jadwal imunisasi untuk mencegah penularan penyakit.

Imunisasi Menghemat Uang dan Waktu

Biaya imunisasi sangat terjankau bahkan beberapa vaksin diberikan secara cuma-cuma. Anak yang diimunisasi pastinya memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik ketimbang yang tidak diimunisasi. Meskipun ia akan sakit tapi hanya sakit ringan. Pengobatan yang diperlukan pun bukan yang kompleks, mahal dan hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat.

Imunisasi Melindungi Masa Depan Generasi Penerus




Jika anak-anak sehat, tentunya bukan kita saja para orang tua yang merasa lega. Pemerintah juga akan diuntungkan karena dipundak merekalah negeri ini akan dibawa. Mereka inilah yang akan menempati posisi-posisi strategis. Jadi, tentu saja mereka harus selalu sehat.

Setelah mengetahui manfaat yang begitu banyak dari imunisasi, masihkah kita perlu menanyakan bolehkah anak tidak imunisasi?

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here