Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi, www.Bolehkah.com – Bagimana rasanya jika seorang ibu yang pasa saat belum hamil adalah seorang pecinta kopi? Kemudian ketika sang ibu sedang hamil mendengar informasi bahwa ibu hamil sebaiknya tidak minum kopi karena berbahaya karena kafein dalam kopi bisa dengan mudah menembus placenta ibu hamil dan mempengaruhi detak jantung bayi.

Gambar Foto Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi Setiap HariApakah itu benar? Sebuah studi mengungkapkan; mengkonsumsi kafein sebanyak 200mg atau lebih dalam sehari dapat meningkatkan resiko keguguran sebanyak dua kali pada ibu hamil. Dan memang benar, salah satu penyebabnya adalah karena kafein yang menembus placenta dan mengubah ritme detak jatung bayi.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi – Batas Normal Konsumsi Kopi

Seperti dilansir oleh BabyCenter, sebuah penelitian di Denmark menyebutkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi lebih kurang 8 cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan dua kali lipat lebih besar dalam mengalami resiko bayi meninggal setelah beberapa jam dari kelahirannya.

Dalam jurnal penelitian lain juga menunjukkan bahwa ibu hamil yang selama masa kehamilannya mengkonsumsi lebih dari 500mg kafein, kemungkinan bayi yang dilahirkannya akan mengalami detak jantung serta pernafasan yang lebih cepat dan lebih banyak terjaga pada hari pertama kelahirannya.

Gambar Foto Bahaya Kafein Untuk Ibu Hamil - Bolehkah Ibu Hamil Minum KopiToleransi penerimaan kafein pada tubuh manusia memang berbeda-beda, efek yang seringkali terjadi ketika mengkonsumsi kafein adalah meningkatnya detak jantung. Dengan detak jantung yang meningkat, membuat seseorang terkadang gelisah dan sulit tidur. Bahkan kafein dapat menyebabkan heartburn pada ibu hamil, yaitu naiknya asam lambung kearah kerongkongan, efek yang dirasakan adalah nyeri di ulu hati.

Hal-hal tersebut diatas tentu kurang baik jika terjadi pada ibu hamil. Efek seperti itu bahkan bisa lebih terasa saat masa-masa trisemester pertama kehamilan, dalam masa ini tubuh mengalami penurunan kemampuan dalam memecah kafein, sehingga aliran darahpun meningkat.

Pada trisemenster kedua, tubuh ibu hamil membutuhkan dua kali lipat lebih lama untuk membersihkan kafein daripada saat sedang tidak hamil. Dan bahkan pada trisemester ketiga, dibutuhkan tiga kali lebih lama untuk membersihkan kafein.




Jika kafein tidak dapat diproses, maka itu artinya kafein akan menembus placenta dan mempengaruhi detak jantung bayi.

Gambar Foto Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi - Penyebab Heartburn Dada Terasa Panas
Heartburn

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi – Bahaya Kafein Pada Kopi untuk Ibu Hamil

Kafein memiliki senyawa yang disebut fenol. Senyawa ini membuat ibu hamil sulit untuk menyerap zat besi, Padahal zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, mengingat banyak ibu hamil yang memiliki kadar zat besi yang kurang.

Oleh karenanya, bagi ibu hamil yang mengalami kesulitan untuk tidak minum kopi, bisa menguranginya dengan hanya minum 1 cangkir perhari. Ini dinilai cara paling aman karena jumlah kafein dalam kopi bisa berbeda-beda, tergantung jenis kopi yang diseduh.

Ibu hamil juga bisa menambahkan susu pada kopinya untuk mengurangi jumlah kafein. Mengurangi minum kopi bukan berarti boleh minum teh dan minuman berenergi. Teh dan minuman berenergipun memiliki kadar kafein tersendiri, jadi sebaiknya kurangilah meminum kopi, teh dan minuman berenergi karena mengandung kafein. Baca juga: Bolehkah Bumil Minum Yakult.

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here