Bolehkah Anak Bayi naik Pesawat? Apa ada Efek Negatifnya

0

Bolehkah Anak Bayi naik Pesawat, www.Bolehkah.com – Bayi memang rentan, selain harus menjaga makanan, begitu juga aktivitasnya. Termasuk, apakah bayi sudah boleh naik pesawat? Mungkin Anda hendak melakukan perjalanan jauh, semisal untuk liburan. Sebelum Anda membeli tiket, baca dulu artikel kesehatan ini.

Gambar Foto bolehkah anak bayi naik pesawat menurut kedokteranSesungguhnya ada usia ideal, atau usia minimal baru bayi boleh naik pesawat, dan itu tidak boleh dilanggar, untuk yang terbaik bagi kesehatan bayi Anda. Adapun umur bayi yang ideal untuk naik pesawat itu adalah 2 hingga 3 bulan, jangan di bawah itu.

Sirkulasi Udara Pesawat – Bolehkah Anak Bayi naik Pesawat

Seperti yang Anda ketahui, bahwa sirkulasi udara pesawat sudah pasti bukan udara dari luar. Di mana udara yang sama akan di-resirkulasi lagi, selama penerbangan berlangsung. Dari sini mungkin Anda sudah mendapatkan gambaran resiko pertama bagi kesehatan bayi.

Jika ada salah satu penumpang saja yang sedang menderita penyakit menular, misalkan penyakit flu. Kemudian penumpang tersebut bersin, secara otomatis bakteri akan beterbangan dan bisa terhirup oleh bayi Anda.



Walaupun tempat duduk penumpang tersebut lumayan berjauhan tetap bayi Anda bisa tertular. Sistem antibodi bayi masih kurang sempurna, berbeda dengan sistem antibodi orang dewasa.

Turbulensi – Bolehkah Anak Bayi naik Pesawat

Ya, mungkin bagi Anda yang sudah sering melakukan perjalanan menggunakan pesawat sudah tidak asing lagi dengan istilah “Turbulensi”. Biasanya di setiap penerbangan terjadi turbulensi. Kondisi ini kurang baik bagi bayi.

Juga melakukan penerbangan dengan pesawat, jika dalam suatu kondisi, mengharuskan pilot untuk melakukan pendaratan darurat, maka getaran dalam kapal akan cukup parah, dan ini akan berefek pada bayi Anda. Resiko kepala bayi terbentur akan meningkat. Anda tak mungkin mengenakan helm pada bayi Anda ketika mereka sedang dalam pesawat bukan?

Bayi prematur – Anda juga harus lebih berhati-hati jika bayi yang hendak Anda ajak traveling menggunakan pesawat adalah bayi prematur. Alasannya karena bayi prematur itu memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah dibandingkan bayi normal. Oleh karena itu jika bayi Anda adalah bayi prematur, jangan terburu-buru mengajaknya naik pesawat.

Gambar Foto bolehkah anak bayi naik pesawat menurut medisAnda harus lebih bersabar lagi. Apabila memang Anda harus bepergian dengan pesawat untuk urusan bisnis contohnya, maka Anda bisa menitipkan bayi Anda ke saudara atau keluarga, dibandingkan memaksa mengajak bayi Anda naik pesawat dan mengambil resiko kesehatan bayi terganggu.



Tekanan udara pesawat – Tak sedikit para orang tua yang khawatir jika tekanan udara saat naik pesawat terbang, mulai take off dan landing, khawatir bisa merusak telinga bayi. Memang perbedaan tekanan udara ketika take off dan landing bisa menyebabkan sakit, tetapi tak menyebabkan kerusakan berlebih.

Namun jika memang kala itu bayi Anda sedang menderita infeksi telinga, maka sebaiknya Anda menunda dahulu perjalanan tersebut. Bayi yang menderita infeksi telinga akan merasa sangat tak nyaman dengan perbedaan tekanan udara.

Tips Penerbangan Bersama Bayi

Tempat duduk ekstra – Anda juga tak mungkin menggendong bayi terus menerus jika penerbangan memakan waktu yang lumayan lama, khususnya jika bayi sudah agak besar. Untuk kondisi ini, Anda sebaiknya memesan tempat duduk ekstra bagi bayi. Dengan begitu bayi pun akan merasa nyaman.

Namun sebaiknya memesan tempat duduk bayi tersebut di sebelah Anda, jadi Anda tetap bisa mengawasinya. Jangan sampai bayi mengganggu kenyamanan penumpang lain juga.

Sekarang Anda sudah mengetahui kapankah usia minimal bayi, yang boleh diajak bepergian dengan naik pesawat. Semoga infonya berguna.


http://www.parents.com/pregnancy/week-by-week/35/qa-when-can-baby-fly/
http://www.parenting.co.id/bayi/usia+berapa+bayi+aman+naik+pesawat%3F
https://blog.traveloka.com/usia-berapa-bayi-naik-pesawat/

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here