Bolehkah Anak Bayi pakai Gurita? Ada Manfaatnya tidak

0

Bolehkah Anak Bayi pakai Gurita, www.Bolehkah.com – Bayi baru lahir memang rentan, harus ekstra hati-hati, termasuk dalam pemilihan pakaian mereka. Biasanya orang tua Anda akan memberikan nasehat pada Anda untuk mengenakan gurita pada bayi.

Gambar Foto bolehkah anak bayi pakai gurita menurut medisTetapi apakah sesungguhnya menggunakan gurita itu perlu? Atau justru sebaiknya dihindari? Mari baca selengkapnya.

Walaupun memang sudah tak begitu populer lagi, masih banyak ibu yang memasukkan gurita – kain pembalut dada beserta perut – ke dalam list belanjaan untuk persiapan kelahiran bayi. Sebelum Anda membuat list lagi, mari baca info ini.

Tak Dianjurkan – Bolehkah Anak Bayi pakai Gurita

Berdasarkan pendapat ahli medis disebutkan justru pemakaian gurita itu kurang dianjurkan, terkait perawatan bayi. Walaupun orang tua Anda memberikan alasan memakaikan gurita agar perut si kecil ramping.



Di sini Anda harus ingat bahwa bayi Anda baru lahir dan tubuh mereka pun masih rentan, masih belum sempurna, jika terkena sesuatu yang terlalu ketat bisa memberikan efek negatif.

Organ tubuh dari bayi yang baru lahir itu juga belum sempurna, rentan, dan sangat sensitif. Ubun-ubun si kecil juga masih lembek, terlihat berkedut. Karena itu saat Anda menyentuhnya Anda akan merasa lunak dan lembut. Terkait itu semua, jika Anda mengenakan gurita pada bayi baru lahir, maka proses perkembangan organ bayi pun akan menjadi terhambat.

Saluran pernafasan bayi juga akan ikut terganggu. Anda bisa menjelaskan itu kepada kakek-nenek sang bayi, atau orang tua Anda. Mereka pasti akan mengerti.

Pusar Bayi Bodong – Bolehkah Anak Bayi pakai Gurita

Berdasarkan pendapat orang tua pada jaman dahulu secara turun temurun, menggunakan gurita bertujuan agar bayi tak masuk angin, dan merasa hangat, serta pusar bayi tak bodong. Untuk masalah masuk angin dan perut bayi kembung, Anda bisa check di bawah nanti.

Untuk masalah pusar bayi bodong, apabila perut bayi membesar maka pusar pun akan ikut menonjol, itu adalah hal yang alamiah. Tetapi bukan karena bayi mengenakan gurita kemudian pusar tidak lagi bodong.



Juga, bayi berpusar bodong karena bagian dari puntung tali pusatnya itu dari awal memang sudah lebih besar dan bukanlah disebabkan oleh bayi tak mengenakan gurita. Jangan sampai Anda salah mencerna info.

Rongga dada jadi lebih pendek

Masih terkait dengan masalah perut buncit, bayi mempunyai bentuk tubuh berbeda dibandingkan orang dewasa, dalam hal proporsinya. Jika diperhatikan rongga dada bayi itu lebih pendek apabila dibandingkan dengan rongga perut mereka. Terkadang, para orang tua seringkali menyebut perut si kecil seperti buncit.

Sesungguhnya kondisi itu karena otot pada dinding perut bayi itu lebih berfungsi dibandingkan dengan otot dada. Ketika berada dalam rahim sang ibu, tali pusat memiliki fungsi untuk media transportasi pertukaran udara dan nutrisi. Paru-paru baru akan berfungsi saat bayi pertama kali menangis ketika dilahirkan.

Gambar Foto bolehkah anak bayi pakai gurita menurut kedokteranSesudahnya, organ paru-paru beserta rongga dada bayi akan membutuhkan waktu agar bisa berkembang sempurna. Karenanya, pernafasan si kecil masih dibantu otot-otot pada dinding perut. Semua bayi akan mengalami jenis pernafasan ini, hingga otot dada dan rongga dada bayi berkembang sempurna.

Karena itu, akan terlihat perbedaan di antara rongga perut dan rongga dada bayi, anak, remaja, sampai usia mereka dewasa.

Jika memang Anda masih tetap mau menggunakan gurita untuk si kecil, maka ikuti tips ini. Anda longgarkan ikatan gurita tersebut. Jangan terlalu ketat, sebab jika ikatannya terlalu ketat lambung bayi Anda akan tertekan. Kondisi tersebut juga akan membuat sang bayi merasa tak nyaman.

Lalu bagaimana jika perut bayi kembung?




Mungkin Anda juga takut perut bayi kembung karena tidak menggunakan gurita tersebut, lalu apa solusinya. Tak perlu bingung, Anda dapat mengenakan baju hangat bagi bayi. Pilihlah ukuran yang cocok. Bayi pun akan merasa nyaman, hangat, dan tidak rewel. Sekian artikel tentang bolehkah anak bayi pakai gurita? Semoga berkenan.


http://lifestyle.okezone.com/read/2010/07/09/27/351324/bayi-baru-lahir-tak-usah-pakai-gurita

Perlukah Pemakaian Gurita Untuk si Kecil?

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here