Bolehkah Bayi Makan Malam?

0

Bolehkah Bayi Makan Malam, Bolehkah.Com – Anda mungkin khawatir bayi Anda tak tidur nyenyak saat malam hari karena mereka lapar. Jika orang dewasa takut makan malam karena takut gemuk, tetapi bagaimana dengan bayi? Apakah bayi juga boleh makan kala malam hari? Mari baca selengkapnya.

Gambar Foto bolehkah bayi makan malam menurut kedokteranBolehkah Bayi Makan Malam – Menyusui Bayi Malam Hari

Pertanyaan yang sudah sering diajukan adalah apakah bayi bisa dalam semalaman tidak diberi ASI. Pada artikel kali ini, terkait pemberian ASI, Anda akan mengetahui berapa kali Anda bisa menyusui bayi berdasarkan usia mereka.

Dokter anak sendiri mempunyai pendapat yang berbeda-beda. Ada yang setuju jika bayi bisa melalui malam tanpa harus menyusui. Namun ada dokter anak yang lain yang mengatakan jika bayi tak perlu makan saat malam hari setelah berusia 3 bulan.

Pendapat lainnya yakni bayi perlu makan 1 hingga 2 kali hingga usia 9 bulan. Jika Anda masih ragu, tanyakan lagi kepada dokter anak yang menangani anak Anda. Karena mungkin jawaban yang berbeda tergantung juga pada kondisi si kecil.



Tidur yang Sehat

Sebenarnya jika usia bayi masih sangat kecil, kurang direkomendasikan untuk diberi ASI kala malam hari. Bayi juga membutuhkan tidur yang sehat dan tidak diganggu, apalagi jika bayi baru lahir.

Namun jika bayi menangis karena lapar, itu berarti karena keinginan mereka sendiri dan Anda sebaiknya mulai menyusui bayi tersebut, atau memberinya makan (Minum) ASI, tetapi kondisi ini berbeda-beda antara satu bayi dengan bayi lainnya, termasuk bayi akan merengek karena lapar saat malam hari pada usia berapa.

Bolehkah Bayi Makan Malam – Usia dan berapa kali memberikan ASI atau makanan pada bayi:

  • Bayi baru lahir s/d 3 bulan: Setiap 2 – 3 jam, Berdasar keinginan

  • 3 s/d 4 bulan: 2 – 3 Menyusui setiap malam, atau setiap 3 – 6 jam, Berdasar keinginan



  • 5 s/d 6 bulan: 1 – 2 Menyusui

  • 7 s/d 9 bulan: 1 dan 2 x Menyusui

  • 10 s/d 12 bulan: Terkadang 1 x Menyusui

  • 12 bulan ke atas: Biasanya sudah tak Menyusui lagi

Namun jika kondisi bayi “Growth Spurts”, itu adalah sebuah pengecualian. Di mana Anda sebaiknya memberikan makan sesuai yang dibutuhkan. Namun biasanya kondisi ini akan usai dalam beberapa minggu.

Ketika bayi sudah agak besar, usahakan makan jangan dekat dengan jam tidur.

Gambar Foto bolehkah bayi makan malam menurut medisSetelah bayi tidak lagi diberi ASI, dan sudah bisa makan makanan agak padat. Anda harus mengusahakan menghindari memberi makan bayi mendekat jam tidur atau terlalu malam. Pola makan yang baik, jam makan anak, harus dibentuk sejak kecil.

Di sini harus menerapkan early dinner, jam 17:00 dan jangan late dinner, jam 19:00. Apalagi jika late dinner, kasihan bayi Anda bisa kelaparan. Jika bayi baru makan jam 19:00 maka jeda waktu antara jam makan dengan jam tidur itu terlalu dekat dan kurang baik. Sistem pencernaan si kecil akan bekerja lebih berat ketika mereka tidur nanti, karenanya tidur mereka pun akan terganggu.




Hingga akhirnya si kecil bisa menderita sakit perut, dan yang cukup parah, muntah. Waktu yang dibutuhkan bagi bayi dalam mencerna makanan masuk dalam tubuh yakni 2 hingga 3 jam kurang lebih.

Jika usia sudah agak besar, anak bayi tak perlu lagi makan malam. Jangan ganggu jam tidur mereka. Sekian artikel tentang bolehkah anak bayi makan malam? Semoga bermanfaat.


Source: ayahbunda.co.id, babysleepsite.com, and babycenter.com

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here