Bolehkah Anak demam dipijat, www.Bolehkah.com – Penyakit demam sering menjangkiti anak-anak, terkadang sebagian orang tua banyak yang berinisiatif untuk memanggil tukang pijat, di mana para orang tua berharap supaya anak tak panas, tak rewel, dan tak salah urat.

Gambar Foto Bolehkah anak demam dipijat Menurut KedokteranBanyak anggapan jika anak rutin dipijat maka akan memperoleh banyak manfaat. Fakta memang menunjukkan apabila pijat bayi itu memiliki banyak manfaat positif, tetapi ada hal penting yang harus diketahui sebelum memanggil tukang pijat.

Hal tersebut yakni Anda harus memastikan bahwa tukang pijat tak akan melakukan kesalahan pijat, di mana ini merupakan hal yang serius, yang bisa memberikan efek negatif terhadap bayi. Mari baca selengkapnya.

Bolehkah Anak demam dipijat Oleh Dukun Pijat

Pengalaman turun temurun tidak menjamin

Memang dukun bayi mungkin saja mendapatkan pelajaran turun temurun, tetapi tetap saja Anda harus melihat bagaimana cara mereka memberikan pijatan bayi. Ada spot yang tak boleh diberikan pijatan, serta ada kondisi tertentu di mana bayi tak boleh dipijat.

Apakah dukun bayi tersebut juga mengetahuinya atau tidak? Sebab mereka bukanlah ahli medis.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Pijat – Bolehkah Anak demam dipijat

Gambar Foto Bolehkah anak demam dipijat Menurut MedisSewaktu anak terserang demam maka pijatan yang diberikan pun tidak sama. Perbedaan yakni pada pemakaian air hangat untuk mengganti minyak telon maupun minyak pijat yang lain yang biasa digunakan ketika memijat bayi. Berikut beberapa tips lainnya:

  1. Pastikan ruang untuk memijat kehangatannya terjaga

  2. Gunakan alas anti air, dilapisi handuk dahulu, untuk membaringkan bayi demam

  3. Kemudian sediakan baskom berisi air yang hangat, boleh juga celupkan kantong teh chamomile

  4. Celupkan tangan Anda ke air hangat, lalu letakkan di dada bayi yang hendak dipijat

  5. Basuhlah bagian belakang dari tubuh bayi hingga bagian ke 2 kaki bayi Anda

  6. Berikan pijatan secara lembut, tak boleh terlalu keras, pijat mulai ibu jari sampai dengan paha dengan bergantian, dan ulangi gerakan yang sama 3 – 4 kali

  7. Lakukanlah gerakan sama persis di lengan anak Anda secara lembut, juga jangan lupa untuk celupkan tangan Anda ke air lagi apabila memang dibutuhkan

  8. Sesudah selesai memijat tangan dan kaki, lalu lanjutkan ke bagian dada dan turun ke bagian bawah perut bayi, ulangi hingga Anda merasa cukup

  9. Gerakan pijatan bayi ini bisa membantu me-rileks-kan tubuh anak yang terserang demam. Suhu tubuh bayi pun secara berangsur akan turun, sehingga mereka akan merasa lebih nyaman setelahnya

Namun ada kalanya kondisi bayi berbeda, terkadang bayi demam tak memperlihatkan reaksi sesudah proses pemijatan selesai. Keseluruhan metode tersebut merupakan alternatif pilihan. Yang penting adalah insting sang ibu, yang memiliki peran dalam memilih metode paling sesuai.

Jika bayi rewel ketika dipijat, maka jangan memaksakan melakukan pijatan bayi tersebut. Itu berarti mereka merasa tidak nyaman, jika dipaksakan bayi dapat mengalami trauma, serta akan menolak dipijat lagi untuk ke depannya.

Jangan sampai hal tersebut terjadi pada bayi Anda. Juga jangan membangunkan bayi yang tengah tidur hanya untuk memijatnya, karena tidur itu sendiri memiliki manfaat tersendiri yang tidak akan Anda dapatkan dari pijat bayi.

Jadi sekarang Anda sudah tahu bahwa ternyata memberikan pijatan pada bayi demam itu diperbolehkan, namun harus melihat kondisi bayi juga, dan ikuti langkah pijat bayi demam yang benar.


Referensi

http://lifestyle.okezone.com/read/2010/07/09/27/351359/awas-salah-pijat-bisa-berefek-negatif-bagi-bayi
http://www.vemale.com/kesehatan/58001-menurunkan-panas-bayi-demam-dengan-pijatan.html
http://www.jpnn.com/read/2014/12/17/276016/Pijat-Pereda-Demam-Anak

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here