Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult, Bolehkah.COM – Sudah seakan menjadi mitos dalam masyarakat bahwa ibu hamil sebaiknya tidak minum yakult karena berbahaya bagi janin bahkan pada ibu hamil itu sendiri.

Namun apakah mitos itu benar adanya atau hanya mitos yang tidak dapat dipertanggung jawabkan?

Maka dari itu artikel kami kali ini akan membahas tentang “Bolehkan Ibu Hamil Minum Yakult”

Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult – Apa itu Yakult?

Sebagaimana telah diketahui melalui iklan-iklan yang sering muncul di media televisi, koran atau yang lain, bahwa yakult adalah minuman prebiotik yang sekilas mirip yogurt.

Didalamnya terdapat bakteri L. casei Shirota yang diklaim mampu membantu memperlancar metabolisme sistem pencernaan. Nah, apakah yakult ini berbahaya bagi ibu hamil?

Mari kita urai sedikit, pada saat hamil, beberapa dari ibu hamil mengalami masalah dalam pencernaannya, antara lain adalah sembelit atau susah buang air besar.




Dan apabila masalah ini terus dibiarkan bisa jadi akan menganggu pertumbuhan janin karena akan terjadi kontraksi pada rahim saat ibu mengejan.

Disarankan jika ibu hamil mengalami masalah ini agar memperbanyak konsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung serat.

Dan salah satu suplemen untuk itu adalah yakult.

Gambar Foto Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult Menurut MedisYakult aman diminum oleh ibu hamil, asalkan tidak meminumnya secara berlebihan.

Mungkin juga pernah terdengar tentang proses pengolahan Yakult yang katanya kurang baik, padahal faktanya, perusahaan sebesar Yakult tentu sudah menerapkan proses pengolahan yang berstandar tinggi dan aman.

Memiliki perusahaan sebesar Yakult dan memiliki karyawan sangat banyak, tentu akan sangat rawan jika dalam pengolahannya tidak aman, mereka tidak akan bisa menggaransi para karyawannya tidak akan menceritakan apa yang mereka temui di pabrik kepada siapapun.

Oleh kareanya, kualitas pasti diutamakan, jika tidak, maka nama besar mereka yang dipertaruhkan.

Batasan Aman Konsumsi

Konsumsi Yakult yang melebihi 2 botol per hari bagi ibu hamil dapat menyebabkan sakit maag, terlebih jika dikonsumsi pada pagi hari.




Kandungan bahan pengawet yang ada dalam yakult pun dapat menjadi berbahaya jika ibu hamil meminumnya lebih dari 2 botol sehari.

Jadi, anggapan masyarakat selama ini tentang bahaya meminum Yakult bagi ibu hamil adalah kurang benar dan tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Namun apabila merasakan sembelit atau ingin menjaga kesehatan pencernaan tapi masih ragu minum yakult, ibu hamil dapat menggantinya dengan memakan makanan yang banyak serat, termasuk buah-buahan dan sayur-sayuran. Itu adalah cara alami dan lebih aman.

Efek Samping Minuman Yakult

Seharusnya yakult tidak memiliki efek samping yang fatal.

Mungkin bagi mereka yang baru memulai memium yakult akan ada sedikit masalah, yaitu kembung. Ini biasanya terjadi di minggu pertama saja

Ada juga kasus tertentu pada sebagian orang, dimana minuman ini dapat menyebabkan diare, sakit perut atau sembelit.

Jika terjadi hal tersebut, Anda dapat menghubungi dokter untuk bertanya lebih lanjut.

Dosis Mengkonsumsi Yakult

Meski aman, ada aturan pakai jika Anda ingin meminum yakult atau memberikan yakult kepada anak-anak, yaitu:




BAgi orang dewasa, yakult masih aman dikonsumsi sebanyak 1-2 botol sehari.

Sedangkan untuk anak-anak sebenarnya bisa 1-2 botol sehari namun, ada baiknya berilah satu botol sehari saja

Kesimpulan

Meski belum ada informasi yang cukup apakah yakult aman bagi ibu hamil namun, Lactobacillus casei Shirota strain telah memiliki sertifikat GRAS (Generally Recognized As Safe).

Dengan kata lain sertifikat ini mengatakan bahwa produk tersebut memiliki tingkat keamanan tertinggi.

Oleh pemerintah jepang, yakult juga menerima label FOSHU (Food for Specified Health Us).




Jadi Bolehkah ibu hamil minum yakult? Cukup 1 botol saja sudah cukup! Dan tetap konsultasikan kesehatan kandungan Anda dengan dokter ahli


Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here