Bolehkah Bayi Campak Dimandikan? Apa Kata Sang Ahli?

0

Bolehkah Bayi Campak Dimandikan, www.Bolehkah.com – Campak merupakan salah satu penyakit yang bisa dikatakan berbahaya bagi bayi jika tidak diberikan perawatan yang tepat. Penyakit yang satu ini memang telah diantisipasi dengan cara pemberian vaksin campak kepada bayi (MMR).

Kemudian, masalah perawatannya sendiri saat bayi bunda telah terserang campak bagaimana? Bolehkah bayi campak dimandikan? Untuk anda yang menghadapai situasi ini, hal yang paling disarankan adalah dengan menghubungi dokter dan tanya cara paling efektif untuk hadapi campak.

Gejala Campak – Bolehkah Bayi Campak Dimandikan

Gambar Foto Bolehkah Bayi Campak Dimandikan Menurut MedisBerikut ini ada beberapa gejala campak yang sebaiknya bunda ketahui.

1. Hidung memerah



Hidung memerah bukan karena flu bisa menjadi gejala campak yang patut diwaspadai.

2. Badan panas hingga 38 derajat celcius

Badan bayi panas dan tidak normal pun menjadi gejala umum campak. Bahkan, dalam hal ini badan bisa panas hingga 38 derajat.

3. Batuk

Apabila bayi batuk disertai dengan gejala campak lainnya, hal ini sangat jelas jika batuk tersebut bukanlah batuk biasa.



4. Mata berair

Mata berair tanpa sebab yang jelas pun menjadi salah satu gejala dari penyakit campak.

5. Bintik putih pada mulut

Ada juga gejala lain yang dapat bunda perhatikan yaitu adanya bintik putih pada bagian mulut bayi.

6. Bintik merah pada bayi

Bintik merah pertama akan terlihat di belakang telinga yang kemudian akan meyebar hingga ke seluruh tubuh.

7. Tidur bayi tidak nyenyak

Bayi anda mungkin akan sering terbangun dari tidur karena ia mengalami sakit di seluruh badannya.




Hal yang Harus Dilakukan – Bolehkah Bayi Campak Dimandikan

Gambar Poto Bolehkah Bayi Campak Dimandikan dan MengapaApabila bayi anda terkena campak, maka ada beberapa hal yang dapat anda lakukan.

1.Jauhkan dari orang lain

Ya, virus rubella penyebab campak memang sangat mudah menular. Dalam hal ini, 15 menit berada di sekitar penderita telah cukup untuk menularkan penyakit tersebut. Maka dari itu, bunda dan juga bayi bunda harus jauh dari orang. Apalagi kontak dengan orang yang beum vaksinasi campak.

2. Sediakan vitamin dan obat-obatan

Untuk mengurangi dampak campak yang dutimbulkan, bayi dapat diberi vitamin A. Selain itu, ibuproven dan paracetamol dosis anak pun bisa menjadi obat lain yang diberikan pada bayi. Dalam hal ini, pengobatan untuk sakit flu sebaiknya dihindari agar kondisi bayi tidak makin memburuk.

3. Istirahat

Tentu saja, hal yang wajib dilakukan adalah dengan istirahat total. Jadi, buatlah situasi yang nyaman untuk bayi anda agar ia bisa istirahat.

4. Cukup air

Jangan biarkan bayi yang sedang terkena campak dehidrasi. Penuhi kebutuhan airnya dengan baik sehingga kondisi bayi akan makin membaik.

6. Kenali tanda bahaya campak

Hal lain yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui tanda-tanda bahaya dari campak sehingga ketika bayi terkena campak, bunda akam memahami apa yang harus dilakukan saat tanda bahaya campak tersebut terlihat. Beberapa tanda adanya komplikasi serius karena campak adalah diare, infeksi telinga, dan penurunam berat badan.

5. Pergi ke dokter

Tentu saja, hal yang paling disarankan adalah bawa bayi bunda ke dokter sehingga bisa dapatkan penanganan yang tepat.

Itulah hal tentang penyakit campak pada bayi yang perlu Bunda tahu. Untuk masalah bolehkah bayi campak dimandikan sendiri, hal ini perlu adanya persetujuan dokter terlebih dahulu.

Akan lebih baik jika berkonsultasi secara langsung dengan sang ahli agar bayi tidak salah penanganan. Namun, sebaiknya bunda jangan mandikan si kecil dahulu jika terkena campak.


http://www.parents.com/health/rashes/what-to-do-about-measles/
http://www.babycentre.co.uk/a1014746/measles-in-babies

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here