Bolehkah Bayi Baru Lahir Tidur Miring? Intip Posisi yang Tepat untuk Bayi

0

Bolehkah bayi baru lahir tidur miring? www.Bolehkah.com – Pertanyaan ini mungkin menjadi pertanyaan umum para bunda. Untuk dapatkan jawabannya, simak saja penjelasan mengenai mitos pada bayi sebagai berikut. Ada berbagai macam mitos yang terkait dengan bayi tidur. Salah satunya adalah mengenai bayi tidur miring.

Gambar Foto Bolehkah Bayi Baru Lahir Tidur Miring Menurut MedisDi dalam mitos, bayi yang tidur miring tidak menjadi masalah. Akan tetapi pada faktanya adalah tidur miring atau bahkan tidur tengkurap tidak disarankan dilakukan. Hal ini disebabkan karena itu bisa menambah resiko bayi batu lahir meninggal.

Seperti yang bunda tahu bahwa kematian bayi yang baru lahir memang terkadang meninggalakan tanda tanya. Banyak yang beranggapan jika penyebab bayi yang baru lahir meninggal ialah karena imunisasi gagal atau lainnya. Padahal, bayi yang tidur tengkurap bisa meningkatkan resiko tersebut.

Hal ini bisa terjadi saat bayi tidur miring yang kemudian tanpa pengawasan bunda bayi kemudian tidur tengkurap.



Posisi tengkurap pada bayi tentu saja bukan posisi yang baik sebab pernafasan bayi jelas akan terhambat. Oleh karena itu, hal yang tidak diharapkan pun bisa terjadi dan salah satunya adalah bayi meninggal.

Tips untuk Bunda Agar Resiko Kematian Bayi Baru Lahir Menurun

Gambar Foto Bolehkah Bayi Baru Lahir Tidur Miring dan Apa Bahaya nya
img: momjunction.com

Karena posisi tidur juga menentukan keselamatan bayi, maka dari itu bunda juga harus paham bagaimana posisi tidur bayi yang tepat dan membuat tidur bayi bisa membuat tidur bayi berkualitas.

1. Posisikan tidur bayi dengan posisi tepat

Dalam hal ini, bunda harus tahu jika posisi tidur bayi yang paling baik adalah terlentang. Jadi, jangan biarkan bayi bunda tidur miring atau bahkan tengkurap. Dengan tidur secara terlentang, semua organ bayi akan bekerja semestinya.



Hal tersebut pastinya akan berbeda dengan bayi yang tidur miring atau tengkurap yang bisa menambah resiko kematian pada bayi baru lahir.

2. Tempat tidur yang nyaman

Ya, hal lain yang dapat dilakukan ialah mengkondisikan tempat tidur bayi menjadi tempat yang aman. Disini, bunda bisa membuat alas tidur yang nyaman untuk bayi. Bukan hanya itu saja, bantal dan juga guling bisa nenjadi hal lain yang akan membuat bayi akan nyaman saat tidur.

3. Jauhkan dari rokok

Bayi memang rentan akan segala hal termasuk rokok. Apabila salah satu anggota di rumah merokok, pastikan tempat dimana bayi tidur adalah tempat yang steril dari rokok atau pun asap rokok.

Posisi Bayi Tengkurap atau Miring dan Terlentang

Kemudian, mengenai posisi bayi tengkurap dan miring sebenarnya boleh dilakukan asalkan hanya ketika bayi tidak tidur. Ya, bunda bisa mengengkurapkan bayi saat sedang bermain. Tapi, untuk tidur bayi harus tetap pada posisi terlentang.

Jadi, bolehkah bayi baru lahir tidur miring? Dari penjelasan di atas, jawabannya adalah tidak karena hak tersebut bisa membahayakan bayi.





http://www.parents.com/baby/sleep/tips/baby-sleep-myths
https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/sleep/Pages/A-Parents-Guide-to-Safe-Sleep.aspx

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here