Bolehkah Bayi Cegukan Disusui, www.Bolehkah.com – Cegukan merupakan hak yang biasa terjadi bukan hanya pada oranf dewasa saja tapi pada bayi. Mungkin jika bayi cegukan hal ini membuat bayi makin menggemaskan. Tapi, hanya jika cegukan tidak membuatnya tersiksa olehhal itu.

Gambar Foto Bolehkah Bayi Cegukan Disusui Menurut DokterLantas, apa cara yang paling tepat untuk membuat cegukan bayi hilang? Bolehkah bayi cegukan disusui? Untuk bunda yang ingin tabu lebih banyak mengenai hal yang satu ini, maka sumak ulasan mengenai cegukan oada bayi dan cara mengatasinya sebagai berikut.

Penyebab Bayi Cegukan – Bolehkah Bayi Cegukan Disusui?

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cara menyembuhkan cegukan pada bayi, bunda sebaiknya tahu dan paham terlebih dahulu apa penyebab dari cegukan tersebut.

1. Terlalu kenyang



Hal pertama yang menyebabkan cegukan ialah bayi terlalu kenyang. Dalam hal ini, bundamungkin memberikan ASI berlebih atau mungkin bayi yang terlalu lama menyusui. Keadaan yang kekenyangan itulah membuat bayi akhirnya cegukan.

2. Menelan udara terlalu banyak

Mengenai sebab cegukan yang kedua ialah karena bayi menelan udara terlalu banyak. Hal tersebut bisa terjadi jika bayi menggunakan botol susu. Terkadang setelah susu yang ada di dalam botol habis, bayi terus lakukan aktivitas menyusu.

Tentu saja karena isi botol telah habis, yang akan ditelah oleh bayi adalah udara, dan udara inilah yang kemudian menyebabkan bayi cegukan.

3. Minum atau makan terlalu cepat

Untuk bayi yang baru lahir, mereka juga bisa cegukan. Selain karena kedua hal di atas, penyebab cegukan lainnya adalah karena mereka minum terlalu cepat. Misalnya saja bayi terlaku lapar sehingga mereka menyusu begitu semangat sehingga menyebabkan cegukan.

Gambar Foto Bolehkah Bayi Cegukan Disusui dan Bagaimana Cara MengatasinyaSedangkan untuk bayi yang telah mulai makan makanan padat, cegukan bisa terjadu jika bayi makan makanan terlalu cepat.

Cara Atasi Cegukan Pada Bayi – Bolehkah Bayi Cegukan Disusui

Dalam hal ini, ada beberapa cara dan metode yang dapat dicoba oleh bunda di rumah apabila bayi sedang cegukan. Mengatasi cegukan ini tentu saja dengan tujuan agar bayi tidak terlalu tersiksa dengan cegukan yang dialaminya. Lalu, apa sajakah metode tersebut?

1. Metode berdiri




Mengenai metode yang pertama disebut dengan metode berdiri. Dalam metode ini, bayi harus berdiri dan letakkan kepalanya di bahu bunda. Disini, posisi bayi menghadap bunda dan kemudian tekan bagian punggung bayi secara perlahan agar cegukannya hilang.

2. Metode duduk

Seperti namanya, dalam metode yang satu ini, bayi anda didudukkan dan beri sedikit tekanan pada bagian pinggang atau perut bayi. Tujuannya tentu saja untuk mengurangi cegukan atau menghilangkan cegukan bayi.

3. Metode dipangku

Sedangkan untuk metode yang ketiga, bayi anda harus dipangku terlebih dahulu. Kemudian berikan sedikit tekanan pada daerah punggung bayi. Bunda harus ingat ya, jangan terlalu keras agar nantinya bayi tidak kesakitan.

4. Disusui

Kemudian, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menyusui bayi bunda. Ya, cara yang satu ini dapat dilakukan untuk menghentikan cegukan pada bayi. Dalam beberapa kasus, cara ini cukup ampuh untuk atasi cegukan pada bayi.

5. Membiarkannya hingga sembuh sendiri

Sebenarnya inilah cara terbaik untuk atasi cegukan pada bayi dengan membiarkannya hingga berhenti sendiri. Tapi, ada hal yang perlu dicatata disini yaitu cegukan pada bayi tidak membuat bayi tersiksa atau tidak nyaman.

Singkatnya, itulah hal-hal terkait dengan cegukan pada bayi. Untuk pertanyaan bolehkah bayi cegukan disusui sendiri, jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah boleh. Bahkan hal tersebut bekerja dengan baik dari beberapa pengalaman bunda.


Referensi:

http://www.babycenter.ca/newborn-baby-hiccups
http://www.thebump.com/a/newborn-hiccups-why-babies-get-how-to-get-rid

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here