Bolehkah Anak 1 Tahun Minum Susu UHT, www.Bolehkah.com – Apakah anak Anda adalah anak pertama? Bagi yang belum pernah berpengalaman sebelumnya tentu ada banyak hal yang dibingungkan. Salah satu hal yang cukup membingungkan banyak ibu adalah mengenai susu UHT, di mana para ibu khawatir memberikan susu UHT pada anak mereka yang berusia 1 tahun.

Jika usia anak di bawah 1 tahun sudah tentu susu UHT tidak diperbolehkan. Tentu hal-hal baru ini harus Anda pelajari sebagai orang tua, untuk memberikan yang terbaik bagi anak. Mari baca selengkapnya.

Bolehkah Anak 1 Tahun Minum Susu UHT – Susu itu penting

Gambar Foto Bolehkah Anak 1 Tahun Minum Susu UHT Menurut Dokter MedisMengapa anak-anak, selain minum ASI pada masa kecil mereka, juga sebaiknya minum susu ketika mereka masih usia balita? Berikut beberapa alasannya, sebelum pembahasan mendalam tentang susu UHT.

  • Susu memiliki kandungan kalsium tinggi, dan mudah diserap oleh tubuh. Apabila anak minum susu maka asupan kalsium mereka pun akan tercukupi, tubuh mereka pun mudah mencernanya. Tak hanya kalsium, bahkan anak juga akan mendapatkan protein, zat besi, vitamin, dan mineral yang memang diperlukan oleh tubuh.



  • Untuk mendapatkan postur tubuh yang lebih tinggi, susu juga direkomendasikan untuk diminum oleh anak-anak. Itu karena kandungan Insulin Growth Factor – 1 atau IGF – 1 yang terdapat pada susu tersebut.

  • Susu juga memiliki kandungan laktosa yang cukup tinggi. Kandungan laktosa pada susu ini dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak anak pada 2 tahun pertama, juga merupakan sumber energi yang baik.

Bolehkah Anak 1 Tahun Minum Susu UHT – Perbandingan dengan Susu RTF

Biasanya sebelum usia anak mencapai 1 tahun, misalkan 7 bulan, sebaiknya diberi susu sapi dan bukan susu UHT. Namun ada kalanya anak akan bosan dengan susu sapi, karena mereka kurang menyukai rasanya.

Gambar Foto Bolehkah Anak 1 Tahun Minum Susu UHT atau RTFJika ini terjadi, Anda mungkin ingin mengganti susu sapi tersebut dengan susu UHT. Susu UHT, merupakan susu Ultra Heat Temperature, di mana produk ini diolah menggunakan temperatur yang tinggi. Tujuan dari itu adalah mematikan kuman di susu, tetapi susu tetap bagus atau tidak rusak.

Jika memang usia anak Anda masih belum mencapai 1 tahun, jangan berikan susu UHT melainkan susu RTF, khususnya jika mereka tak senang minum susu sapi. RTF adalah Ready To Feed, susu cair khusus dengan proses pengolahan serta kandungan yang kurang lebih sama dengan susu UHT, namun memang dibuat khusus untuk anak 7 hingga 12 bulan. Harga susu RTF relatif lebih mahal sebab susu ini diimpor.

Fungsi ginjal anak ketika usia mereka telah mencapai 1 tahun sudah sempurna, layaknya organ ginjal pada orang dewasa. Karena itu ketika usia sudah 1 tahun, maka susu UHT boleh Anda berikan pada anak. Ginjal telah bisa membuang sisa metabolisme di tubuh, di mana kelebihan natrium dan protein yang mereka dapatkan dari susu UHT tersebut.

Pengawet, ini juga merupakan salah satu hal yang harus dipikirkan ketika berbicara mengenai susu UHT. Jangan khawatir, susu UHT tak menggunakan pengawet. Lalu alasan mengapa susu UHT dapat bertahan lama karena dikemas memakai teknologi aseptik, yang memungkinkan susu untuk disimpan pada suhu ruang hingga berbulan-bulan, yang penting kemasan belum dibuka, juga tak rusak. Istilahnya kemasan Tetra Pak. ( Baca juga, Bolehkah Anak 1 Tahun Minum Susu Kental Manis )

Semoga artikel ini bisa mengatasi keraguan Anda terkait apakah hendak memberikan susu UHT pada anak Anda yang sudah berusia 1 tahun. Jadikan artikel ini sebagai informasi saja, untuk selebihnya Anda boleh berkonsultasi ke dokter anak dan ahli gizi, untuk jawaban yang lebih akurat.


Referensi




http://www.motherandbaby.co.id/article/2015/4/49/1949/Kapan-Boleh-Konsumsi-Susu-UHT
http://mommiesdaily.com/2013/12/24/yang-harus-diketahui-tentang-susu-uht/

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here