Bolehkah Anak 1 Tahun Minum Susu Kental Manis?

0

Bolehkah Anak 1 Tahun Minum Susu Kental Manis, www.Bolehkah.com – Susu kental manis memang harganya murah, terkadang ada beberapa ibu yang terbesit ide untuk memberikan susu kental manis kepada anak mereka yang masih berusia kurang lebih 1 tahun.

Tetapi apakah susu kental manis itu boleh diminum oleh anak yang usianya masih terbilang kecil tersebut? Melihat kandungan dan sebagainya, belum lagi kandungan bahan kimia dari susu kental manis tersebut, yang merupakan buatan pabrik. Belum lagi susu yang hendak dikonsumsi tersebut mempunyai varian rasa, contohnya vanilla, dan coklat.( Baca juga: Anak 1 Tahun Minum Madu, Bolehkah? )

Sebelum Anda memberikannya, baca dulu artikel kesehatan ini hingga tuntas.

Bolehkah anak 1 tahun minum susu kental manis – Perbedaan Jenis Susu

Gambar Foto Bolehkah anak 1 tahun minum susu kental manis Menurut MedisAnda jangan menyamakan dengan susu UHT yang memang berdasarkan pendapat dokter boleh diberikan pada anak dengan usia 1 tahun lebih, yang penting tak mengakibatkan diare. Susu kental manis justru sebaliknya, dilarang.



Jika memang hendak memberikan susu kental manis, maka tunggulah hingga usia anak Anda hingga minimal 3 tahun. Ada alasan di balik itu semua, seperti yang diketahui bahwa sebagian besar kandungan susu kental manis yakni gula, 90% kandungan gula, sisanya susu sapi segar.

Penyakit diare yang biasa diderita oleh anak-anak penyebabnya adalah gula, apalagi jika anak Anda tak tahan pada susu kental manis.

ASI Lebih Dianjurkan

Dibandingkan memberikan susu kental manis kepada anak berusia 1 tahun, lebih baik memberikannya Air Susu Ibu (ASI). Sudah tidak diragukan lagi jika ASI itu adalah sumber nutrisi terbaik bagi anak kesayangan Anda.

Pemberian ASI juga memberikan dampak positif lainnya, yakni hubungan emosional ibu dan bayi akan lebih erat. Karena alasan tersebut maka ASI direkomendasikan tetap diberikan sampai dengan usia anak Anda 2 tahun, dan tentunya pemberian makanan padat ( atau sering disebut MPASI) tepat juga dibutuhkan, khususnya sesudah bayi berusia di atas 6 bulan.

Apabila memang Anda ingin memberikan susu formula pada bayi, maka sebaiknya Anda konsultasi dahulu ke tenaga medis profesional.



Bolehkah anak 1 tahun minum susu kental manis – Susu Kental Manis dan Obesitas

Gambar Foto Bolehkah anak 1 tahun minum susu kental manis apa AlasannyaMakanan dan minuman dengan jenis low fat atau kandungan lemak rendah lebih sering diburu oleh masyarakat modern jaman sekarang, semua itu untuk menghindari masalah obesitas, yang berefek negatif pada kesehatan. Sesungguhnya, untuk anak-anak, apakah konsumsi susu rendah lemak juga diperbolehkan? Dalam hal ini susu rendah lemak tersebut tidak lain adalah susu kental manis.

Walaupun susu kental manis rendah lemak, ternyata berdasarkan pendapat ahli gizi tetap anak-anak tak direkomendasikan mengkonsumsi susu tersebut, karena masalah obesitas tetap bisa terjadi. Justru yang dianjurkan bagi anak-anak yakni susu murni.

Kapan Susu Kental Manis Boleh Diminum

Usia yang diperbolehkan untuk anak meminum susu kental manis atau susu rendah lemak yakni usia lebih dari 7 tahun. Sebab ada pendapat yang mengatakan apabila usia di mana anak mulai banyak makan yakni pada usia 7 serta 8 tahun, karena itu diperbolehkan minum susu low fat di rentang usia tersebut.

Kecenderungan yang terjadi, anak-anak mulai banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang cukup tinggi.

Adapun pemberian susu low fat, termasuk susu kental manis harus diperhatikan dengan benar. Jadi Anda tidak boleh me-loss perhatian Anda jika anak hendak minum susu tersebut. Karena bisa-bisa nanti minum terlalu banyak dan efek buruk yang tidak diinginkan dapat terjadi.

Juga jika memang anak Anda tak suka minum susu tersebut jangan dipaksa. Itulah yang perlu Anda ketahui.


Referensi

http://www.motherandbaby.co.id/article/2013/3/26/38/Susu-UHT-dan-Susu-Kental-Manis
https://www.ibudanbalita.com/diskusi/Mengkonsumsi-Susu-Kental-Manis-FF-
http://health.liputan6.com/read/598838/susu-kental-manis-rawan-bikin-anak-jadi-obesitas




Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here