Manfaat Ikan Lele Bagi Ibu Hamil, Bolehkah.Com – Selain memiliki rasa yang gurih dan lezat, manfaat ikan lele bagi ibu hamil ternyata cukup beragam.

Meskipun begitu, manfaat ini ternyata belum banyak diketahui oleh masyarakat umum, khususnya untuk ibu yang sedang mengandung.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil dengan mengonsumsi ikan lele secara rutin? Berikut ulasan lengkapnya.

Khasiat Manfaat Ikan Lele Bagi Ibu Hamil

Rendah Kalori dan Lemak

Dalam setiap 100 gramnya, ikan lele mengandung 122 kalori dan 6,1 gram lemak.

Dengan kandungan kalori dan lemak yang rendah ini, ikan lele dapat dikonsumsi sebagai menu sehat dalam menjaga kesehatan ibu dan janin yang sedang dikandung.

Meskipun begitu, pengonsumsiannya juga perlu dibatasi agar tidak melebihi ambang batas pengonsumsian kalori setiap harinya, yakni 300-500 kalori per hari untuk ibu hamil.

Mengandung Asam Lemak Tak Jenuh

Ikan lele merupakan sumber lemak tak jenuh yang sangat baik dalam menjaga kesehatan ibu hamil, seperti Omega 3 dan Omega 6.

Dalam setiap 100 gramnya, ikan lele setidaknya mengandung 220 mg Omega 3 dan 875 mg Omega 6.

Selain mampu menjaga kesehatan tubuh ibu dan janin yang sedang dikandung, menurut American Heart Association, asupan lemak tak jenuh ternyata juga memiliki manfaat lain dalam menjaga kesehatan jantung dan kognisi tubuh lainnya.

Hal ini tentunya memiliki pengaruh positif bagi ibu hamil, mengingat energi yang dikeluarkan saat masa kehamilan lebih besar dibandingkan saat sedang tidak hamil.

Mengandung Protein yang Lengkap

Ikan lele dikenal sebagai sumber protein yang baik bagi kesehatan tubuh ibu hamil.

Dalam setiap 100 gramnya, ikan lele mengandung setidaknya 15,6 gram protein kompleks untuk memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi ikan lele secara rutin, perkembangan massa otot bagi ibu dan janin yang dikandungnya pun akan semakin baik.

Tidak hanya itu, kandungan protein yang dimilikinya juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Peningkatan energi akan selalu terjaga karena protein bermanfaat dalam mengubah karbohidrat menjadi tenaga yang dibutuhkan dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.

Sumber Vitamin B12

Dengan mengonsumsi ikan lele, kebutuhan vitamin B12 yang penting bagi ibu hamil dapat terpenuhi sebanyak 40% setiap harinya.

Selain itu, vitamin B12 yang dikandung oleh ikan lele juga bermanfaat dalam mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tanpa asupan jenis vitamin B12 yang cukup, besar kemungkinan sistem saraf akan menjadi terganggu dan ibu akan semakin mudah untuk kelelahan dan terlihat lesu.

Rendah Kandungan Merkuri

Hampir semua ikan, khususnya ikan laut, mengandung merkuri.

Senyawa ini merupakan kontaminan yang dapat sangat membahayakan tubuh, khususnya dalam mempengaruhi kinerja fungsi saraf pada ibu hamil.

Namun hal ini tidak dapat ibu temukan dalam ikan lele.

Menurut Enviromental Protection Agency yang berbasis di Amerika Serikat, ikan lele merupakan jenis ikan yang banyak dikonsumsi karena memiliki kandungan merkuri yang sangat rendah.

Hal ini sangat penting, karena kandungan merkuri akan sangat berbahaya bagi ibu hamil, khususnya kesehatan janin yang sedang dikandung.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 300 gram ikan lele setiap minggunya untuk meminimalisir terpaparnya merkuri dalam tubuh dan mengoptimalkan manfaat yang bisa didapatkan.

Sumber Kalsium dan Fosfor

Ikan lele merupakan sumber kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya dalam mecegah dan mengatasi permasalahan tulang pada ibu.

Selain itu, kalsium dan fosfor juga dapat membantu pertumbuhan gigi dan gusi pada janin yang sedang dikandung.

Asupan kalsium dan fosfor harus selalu terpenuhi bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan asupan makanan nantinya akan terbagi dengan janin yang sedang dikandung.

Jika asupan kalsium dan fosfor tidak mencukupi, ibu hamil akan mudah terserang berbagai permasalahan tulang, seperti osteoporosis.

Disampung itu, fosfor juga memiliki peranan penting dalam proses pembentukan sintesa DNA hingga membantu penyerapan kalsium yang sangat penting bagi ibu hamil.

Baca juga:

Kesimpulan

Berbagai manfaat ikan lele bagi ibu hamil di atas bisa didapatkan dengan pengonsumsian secara rutin.

Meskipun begitu, pengonsumsiannya juga perlu dibatasi setiap minggunya untuk mencegah berbagai risiko penyakit dan efek samping yang dapat terjadi bagi ibu hamil dan janin yang sedang dikandung.

Jangan lupa pula untuk selalu mencuci bersih ikan lele sebelum dimasak serta dimasak hingga benar-benar matang.


rujukan:
Livestrong¹, Health Benefits of Catfish. NICKI WOLF Oct. 03, 2017. Diakses pada 26 Maret 2018
Livestrong², Benefits of Eating Fish During Pregnancy May Outweigh Mercury Risk. Elizabeth Lees, 4 Februari 2016 01:25pm ET. Diakses pada 26 Maret 2018
Julieclarknutrition³, Eating fish during pregnancy, Julie Clark. Diakses pada 26 Maret 2018

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here