Cara Membersihkan Muka, Bolehkah.Com – Menjaga kebersihan muka adalah hal yang penting tidak hanya untuk kaum hawa tetapi juga kaum adam.

Muka yang tidak terjaga kebersihannya akan terlihat kusam sehingga menganggu penampilan seseorang.

Muka adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari seseorang sehingga penilaian dapat berawal dari kebersihan muka pula.

Muka yang kusam dan tidak sehat akan membuat seseorang menjadi kurang menarik.

Oleh karena itu, penting halnya untuk tahu bagaimana cara membersihkan muka agar tidak terlihat kusam.

Rekomendasi Cara Membersihkan Muka yang Benar

Membersihkan Muka Dua Kali Sehari

Membersihkan muka terlalu sering dalam satu hari sebenarnya tidak dianjurkan.

Dalam sehari, cukup dua kali saja mencuci muka yaitu pada pagi hari sebelum menggunakan ­makeup dan di malam hari setelah beraktivitas seharian untuk membersihkan kotoran dan sisa makeup yang masih menempel.

Menggunakan pembersih muka untuk membersihkan muka apabila terlalu sering justru akan merusak kulit muka bahkan menyebabkan iritasi.

Tetapi, tidak akan terlalu masalah jika membersihkan muka dengan menggunakan air karena tidak mengandung bahan kimia yang dapat bereaksi pada kulit.

Untuk membersihkan muka sebenarnya dianjurkan untuk menggunakan pembersih muka terlebih dahulu sebelum membasuhnya dengan air agar kotoran pada muka benar-benar terhapus.

Cuci Muka Dengan Air Hangat

Untuk menjaga kulit muka agar terhindar dari kekusaman adalah mencuci muka dengan menggunakan air hangat karena air hangat dapat mengontrol produksi minyak pada muka.

Tetapi, jika kulit muka Anda adalah kulit yang berjerawat maka hindari penggunaan air hangat.

Pilihlah air dingin atau air es karena bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah agar terhindar dari munculnya jerawat lebih banyak.

Setelah mencuci muka dengan air hangat, usaplah wajah dengan handuk yang bahannya lembut agar membuat kulit muka semakin tenang.

Memijat Kulit Muka Dengan Lembut

Untuk membuat kulit muka lebih sehat dan tidak terlihat kusam, cobalah untuk memijat kulit muka saat sedang mencuci muka.

Pijatan harap dilakukan dengan gerakan memutar. Tujuan dari memijat kulit muka adalah membersihkan muka dari debu dan sisa makeup secara tuntas dan lebih maksimal.

Lakukan pijatan selama sekitar 30 detik barulah membilas muka dengan air sampai bersih.

Selain bermanfaat untuk mencegah kulit kusam, pijatan saat mencuci muka juga dapat mengurangi produksi minyak yang berlebihan.

Hindari Exfoliasi Yang Terlalu Sering

Exfoliasi penting untuk kulit muka namun tidak baik jika digunakan terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit muka menjadi kusam, menimbulkan radang pada kulit dan membuat kulit muka menjadi lebih mudah untuk timbul jerawat.

Untuk melakukan exfoliasi sebaiknya dilakukan tiga kali satu minggu agar kulit muka tetap cerah dan juga halus.

Terlebih lagi, exfoliasi dengan bahan-bahan alami akan sangat membantu dalam perawatan kulit agar tidak kusam.

*Exfoliasi adalah metode pengelupasan kulit menggunakan scrub

Hindari Berbagi Handuk

Handuk yang digunakan oleh orang-orang yang berbeda dapat berdampak buruk untuk kulit muka, terutama kulit yang sensitif.

Handuk dapat menjadi sarana penyebaran bakteri sehingga sebaiknya gunakan handuk milik Anda sendiri dimana Anda yang tahu akan kebersihan handuk tersebut.

Tidak hanya menggunakan handuk milik sendiri, handuk yang telah digunakan untuk mengusap muka haruslah langsung dijemur untuk menghindari munculnya jamur pada handuk.

Baca juga:

Kesimpulan

Cara membersihkan muka tidaklah sulit hanya saja harus diperhatikan hal-hal kecil yang seringkali salah dipahami oleh sebagaian besar orang.

Contoh sederhananya adalah penggunaan air hangat dan air dingin.

Selebihnya, bersihkanlah muka dengan benar secara rutin untuk kesehatan dan kecantikan kulit muka.


Rujukan: CleanandClear¹

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here