Cara Membersihkan Wajah, Bolehkah.Com – Banyak orang yang beranggapan bahwa cara membersihkan wajah adalah membilasnya dengan air dan sabun cuci muka.

Nyatanya, membersihkan wajah agar mendapatkan kulit yang benar-benar bersih tidaklah semudah itu.

Membersihkan wajah menjadi salah satu rangkaian penting dalam perawatan kulit karena apabila kulit wajah kotor maka akan terlihat kusam dan tidak menarik.

Untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan wajah, berikut adalah ulasan lengkapnya.




Mengenal Jenis-Jenis Kulit Wajah

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk merawat kulit, termasuk dalam membersihkan wajah, maka penting halnya untuk mengenali terlebih dahulu jenis kulit wajah yang dimiliki.

Secara umum, terdapat lima jenis kulit wajah antara lain kulit wajah berminyak, kulit wajah sensitif, kulit wajah kering, kulit wajah normal dan juga kulit wajah kombinasi.

  1. Kulit wajah berminyak

Jenis kulit wajah yang berminyak adalah jenis kulit yang paling sulit untuk dirawat karena kandungan minyaknya yang tidak mudah terkontrol.

Orang yang memiliki kulit wajah yang berminyak cenderung memprodksi minyak pada kulit lebih banyak dan diatas rata-rata jika dibandingkan dengan kulit wajah normal.




Pada umumnya, produksi minyak yang berlebihan pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak adalah daerah T Zone yang meliputi hidung, dagu, dan dahi.

Memiliki kulit wajah yang berminyak disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Seperti faktor keturunan, makanan dan minuman yang dikonsumsi, pubertas, kesalahan perawatan, faktor lingkungan dan juga stress.

Untuk mengidentifikasi jenis kulit yang berminyak sangatlah mudah.

Orang yang memiliki jenis kulit wajah berminyak mempunyai pori-pori yang besar pada kulit wajah, wajahnya terlihat mengkilap dan lengket, kosmetik susah menempel dan juga mudah berjerawat.




Tetapi, mempunyai jenis kulit wajah yang berminyak memiliki sisi positif atau keuntungannya sendiri dibandingkan dengan kulit wajah yang lain.

Orang yang memiliki kulit berminyak akan terhindar dari resiko terkena penuaan dini yang ditandai dengan wajah keriput dan kerutan pada wajah.

  1. Kulit wajah sensitif

Kulit wajah sensitif adalah jenis kulit yang sangat peka terhadap adanya rangsangan, baik dari benda-benda yang menempel pada wajah atau dari lingkungan luar.

Hal tersebut terjadi karena kondisi kulit yang tipis bahkan pembuluh darah dan saraf kulit wajah dapat terlihat jelas dari luar sehingga akan lebih mudah terkena alergi dan terangsang.

Yang menjadi ciri-ciri kulit sensitif adalah permukaan kulit yang tipis sehingga saraf kulit dan pembuluh darah terlihat jelas.




Selain itu ketika terkena iritasi atau alergi kulit akan menjadi kemerah-merahan.

Merawat jenis kulit yang sensitis sebenarnya tidak sulit karena yang terpenting adalah menghindari kulit dari adanya rangsangan berbahaya, contohnya paparan sinar matahari secara langsung.

  1. Kulit wajah kering

Kebalikan dengan kulit wajah yang berminyak, orang yang memiliki kulit wajah yang kering akan sulit memproduksi minyak karena kelenjar minyak yang terdapat pada kulit wajah tidak dapat memproduksi minyak dengan baik.

Kulit wajah yang kering terlihat dari kulit wajah yang cenderung kusam dan kasar, nampak pucat, kulit tidak elastis dan mudah bersisik, pori-pori wajah tidak terlihat sedangkan garis-garis wajah yang terlihat.

Apabila kulit kering tidak dirawat dengan baik, maka kulit akan mudah terkena penuaan dini.

  1. Kulit wajah normal

Orang-orang yang memiliki jenis kulit wajah yang normal dapat dikatakan sangat beruntuk karena keseimbangan antara kering dan berminyak.

Dengan kata lain, kulit wajah tidak terlalu berminyak tetapi juga tidak terlalu kering.

Kulit wajah yang normal dapat terlihat dari kulit wajahnya yang elastis, lembut dan juga segar.

Selain itu, pori-pori pada wajah juga tidak terlihat, wajah tidak kusam dan juga produksi minyaknya wajar sehingga tidak kering.

Terlebih lagi, kulit wajah yang normal cenderung jarang terserang permasalahan kulit sehingga tidak sulit untuk merawatnya.

Tetapi, bukan berarti pemiliki kulit normal menjadi tidak peduli dengan kesehatan kulit wajahnya karena jika tidak dirawat dengan baik tetap dapat berdampak buruk untuk kulit wajah sendiri.

  1. Kulit wajah kombinasi

Jenis kulit wajah ini cenderung unik karena kondisinya dapat berubah-ubah.

Terkadang kulit wajah akan cenderung berminyak, kadang terlihat kering, kadang terlihat normal.

Biasanya, yang mempunyai kulit wajah kombinasi adalah orang-orang yang tinggal di daerah tropis.

Ciri-ciri yang jelas dari pemilik kulit wajah ini adalah T Zone yang memproduksi minyak sedangkan area lain cenderung normal atau bahkan kering.

Tepat Cepat Cara Membersihkan Wajah

Setelah mengetahui jenis-jenis kulit wajah, berikut ini adalah cara-cara yang tepat untuk membersihkan agar kecantikan wajah tetap dapat terjaga.

  1. Membersihkan makeup sebelum mencuci wajah dengan air

Bagi kaum hawa, makeup adalah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah selesai beraktivitas, terkadang banyak yang masih lupa jika membersihkan makeup penting untuk dilakukan sebelum mencuci wajah dengan air.

Membersihkan makeup dilakukan dengan menghilangkannya terlebih dahulu menggunakan cairan remover.

Bagi yang memiliki kulit sensitif dan berminyak harus hati-hati dalam memilih produk pembersih makeup karena jika salah memilih akan rentan untuk mengalami iritasi dan permasalahan kulit lain.

  1. Membersihkan wajah dengan lembut

Setelah wajah bersih dari makeup maka segeralah mencuci wajah dengan air bersih dan juga sabun pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

Selain membersihkan wajah dengan jari, Anda dapat menggunakan sponge atau waslap yang khusus untuk kulit wajah.

  1. Jangan menggosokkan handuk

Setelah mencuci dan membersihkan wajah, upayakan untuk tidak menggosok atau mengeringkan wajah dengan menggunakan handuk karena lebih baik untuk menepuk-nepuknya.

Menggosok kulit wajah dengan handuk justru akan membuat kulit menjadi iritasi, terlebih bagi yang memiliki kulit sensitif.

Selain itu, kebersihan handuk juga dapat mempengaruhi kebersihan wajah karena handuk yang kotor akan membuat kulit akan menjadi kotor pula.

  1. Hindari penggunaan air hangat untuk membersihkan wajah

Membersihkan wajah dengan menggunakan air hangat justru akan menghilankan kelembapan kulit maka lebih baik baik menggunakan air biasa untuk mencuci wajah.

Bagi yang memiliki kulit kering, menghindari penggunaan air hangat menjadi penting karena jika tidak kulit akan menjadi sangat kering.

Penggunaan air hangat boleh saja dilakukan tetapi disaat yang memang mengharuskan misalnya setelah memakai masker.

Ini bertujuan agar pori-pori wajah menjadi terbuka dan memudahkan zat dalam masker meresap pada kulit.

  1. Menggunakan masker wajah

Membersihkan wajah tidak selamanya berkaitan dengan mencuci wajah secara rutin, tetapi juga dapat dengan menggunakan masker wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta menutrisi kulit wajah.

Sekarang ini sudah banyak masker wajah yang diperjual-belikan dengan menyesuaikan jenis kulit wajah tetapi bisa juga Anda menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami untuk menutrisi kulit wajah Anda.

Baca juga Ladies!

Kesimpulan Cara Membersihkan Wajah

Mengenali jenis kulit wajah adalah langkah utama sebelum melakukan perawatan kulit.

Dengan mengetahui jenis kulit wajah maka akan lebih mudah untuk mengetahui langkah-langkah perawatan kulit yang tepat, termasuk cara membersihkan wajah yang tepat.


rujukan: alodokterยน

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here