Bolehkah Anak 1 Tahun Makan Es Krim? Bisa Pilek dan Batuk?

0

Bolehkah Anak 1 Tahun Makan Es Krim, www.Bolehkah.com – Es krim, makanan yang satu ini sangat disukai oleh anak-anak karena memang rasanya manis dan dingin. Seperti yang sudah diketahui bersama jika anak-anak itu suka makan yang manis-manis. Tetapi jika orang dewasa mengkonsumsi es krim, sudah tidak terlalu perlu dipusingkan, sudah pasti boleh, tetapi bagaimana jika itu adalah anak-anak yang berusia 1 tahun dan di atasnya?

Mungkin Anda takut memberikan es krim tersebut, karena banyak yang mengatakan jika anak sering makan es krim bisa mudah terserang batuk dan pilek. Apakah itu memang benar? Ataukah fakta medisnya tidak seperti itu? Mari temukan jawabannya.

Bolehkah anak 1 tahun makan es krim – Tentang es krim

Gambar Foto Bolehkah Anak 1 Tahun Makan Es Krim dan Apakah AmanMenu yang satu ini termasuk menyehatkan, yang penting diberikannya tidak terlalu berlebihan, tidak terlalu banyak. Apalagi pada anak-anak yang masih berusia 1 tahun-an. Tetapi ini bukan sembarang es krim, ada es krim yang hanya rasanya dingin namun tidak dibuat menggunakan bahan yang bergizi, contohnya es puter.

Anda harus mencari es krim yang dibuat menggunakan bahan dasar susu. Untuk es puter itu bahan dasarnya adalah santan, bukan susu, jadi jangan disamakan. Kalau anak-anak sudah pasti tidak mengerti, yang penting es krim, mereka anggap sama. Anda sebagai orang tua yang harus memberikan es krim yang tepat.



Bahan susu dalam es krim mengandung kalsium dan protein, yang merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang anak.

Bolehkah anak 1 tahun makan es krim – Porsi es krim yang tepat untuk anak

Lalu yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah berapa porsi es krim yang boleh diberikan pada anak-anak 1 tahun agar tidak terlalu banyak? Yang sesuai kebutuhan tubuh anak tentunya.

Gambar Foto Bolehkah Anak 1 Tahun Makan Es Krim dan MengapaJika asupan harian anak didominasi es krim dan melebihi menu utama, sama contohnya dengan kalori yang lebih banyak, dari camilan, dibandingkan 3x makan, tubuh pun akan kehilangan zat gizi penting yang dibutuhkan, di mana zat gizi tersebut tak bisa ditemukan dalam camilan ataupun es krim, dan inilah yang harus dihindari. Jika tidak, pertumbuhan anak bisa terganggu, bahkan anak jadi rentan jatuh sakit.

Kandungan dalam es krim itu selain susu juga ada gula. Bahkan kandungan gulanya dapat dibilang cukup tinggi, dan karena itu kalori dalam es krim pun menjadi tinggi, yang mengakibatkan nutrisi menjadi tak seimbang lagi. Di mana rata-rata 1 cup es krim itu mengandung 250 hingga 300 Kkal, dan itu hanya ΒΌ kebutuhan kalori total tubuh anak per harinya.

Bayangkan berapa kalori yang berlebih jika makanan anak sehari-hari didominasi oleh es krim. Jika anak mengkonsumsi es krim melebihi 1 cup per hari, maka mereka akan merasa kenyang dan malas makan makanan utama lagi.



Jadi di sini, saran kami sebaiknya Anda jangan memberikan anak es krim sebelum mereka menyantap makanan utama. Dalam sehari es krim yang diberikan jangan sampai membuat anak tidak mau makan 3x sehari.

1 cup sepertinya sudah cukup dalam sehari, jika lebih dari itu, anak pun akan merasa kenyang, dan sepertinya konsumsi makanan utama 3x sehari akan sulit terealisasi. Hal ini juga berlaku sama untuk total konsumsi camilan.

Es krim boleh diberikan juga jika anak malas minum susu, jadi es krim sebagai substitusi susu, karena bahan dasar es krim juga dari susu, jadi sama saja. Masalah batuk dan pilek tidak akan terjadi jika anak balita tidak mengkonsumsi es krim terlalu banyak, dan pastinya dalam kondisi tubuh yang sehat, jangan saat anak sedang sakit diberi es krim ya!


Referensi

http://www.ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/balita-makan-es-krim
https://www.sahabatnestle.co.id/content/view/porsi-es-krim-bagi-anak.html
http://sharingdisini.com/2013/03/28/makanan-yang-tidak-boleh-diberikan-pada-bayi

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here