Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas? Bolehkah.Com – Mengkonsumsi makanan sehat dan kaya akan nutrisi memang menjadi keharusan untuk konsumsi sehari-hari apalagi pada masa kehamilan.

Makanan sehat dapat berupa buah, sayur, daging, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Nanas merupakan salah satu buah mengandung nutrisi yang baik, namun ibu hamil memiliki beberapa pantangan buah yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil.

Lalu, bolehkah ibu hamil makan nanas?



Nutrisi yang lengkap menjadi kebutuhan utama untuk perkembangan janin di dalam rahim ibu.

Oleh karena itu ibu harus memastikan bahwa asupan yang dikonsumsinya harusnya mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh ibu dan janin sejak awal kandungan, bahkan hingga masa menyusui.

Mengkonsumsi buah seperti nanas sebaiknya mendapat perhatian khusus dari ibu.

Banyak yang mengatakan bahawa nanas dapat menyebabkan keguguran jika dikonsumsi selama masa kehamilan.

Oleh karena itu, sebelum ibu memutuskan untuk mengkonsumsi atau tidak mengkonsumsi nanas, ada baiknya ibu mengetahui beberapa hal menganai hal tersebut.



Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas? Penyebab Keguguran?

Jika ibu menjadi ragu untuk mengkonsumsi nanas karena sering mendengar pernyataan bahwa nanas dapat menyebabkan keguguran, maka ada baiknya ibu mengetahui seberapa besar pengaruh nanas terhadap kehamilan.

Nanas mengandung bromelain yang diduga dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda, atau kelahiran bayi prematur pada ibu hamil lebih dari 3 bulan.

Bromelain ini berperan sebagai pemecah protein dalam tubuh.

Oleh karena embrio janin terbentuk dari protein, mungkin dari sini muncul ide bahwa nanas dapat menyebabkan keguguran.

Selain diduga dapat menyebabkan keguguran, nanas juga sering dikatakan dapat menyebabkan bayi lahir prematur atau lahir lebih cepat dari waktu yang telah dijadwalkan.

Hal ini diduga karena kandungan bromelain di dalam nanas juga dapat menyebabkan pelemahan dinding serviks, sehingga dapat menyebabkan ibu mengalami kontraksi dan melahirkan bayi prematur.

Fakta Nanas bagi Ibu Hamil

Meski terdapat reputasi buruk, namun ternyata nanas memiliki manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil.

Menanggapi berbagai rumor yang beredar, memang benar nanas akan memberikan dampak buruk pada ibu hamil, baik hamil muda maupun hamil tua apabila ibu mengkonsumsi 7-10 buah nanas utuh sekaligus.




Karena menurut penelitian, dengan jumlah sebanyak itu, barulah bromelain di dalam nanas mampu memberikan efek seperti keguguran dan bayi lahir prematur.

Jika ibu mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang cukup, tentunya tidak akan memberikan efek seperti yang dikhawatirkan akan terjadi selama ini.

Serta dibalik itu, nanas memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk ibu dan kandungan.

Kandungan Vitamin C mampu menjaga daya thaan tubuh ibu dan menjauhkan dari berbagai jenis penyakit.

Selain itu, Vitamin B6 dapat membantu ibu mengatasi anema dan mengurangi gejala morning sickness seperti mual dan muntah.

Kandungan vitamin B1 dapat menjaga sistem saraf dan kesehatan jantung ibu.

Dan yang paling penting adalah nanas mampu mencegaah ibu mengalami konstipasi, gejala yang paling sering dialami ibu hamil.

Perlu diketahui, nanas mengandung gula yang cukup tinggi, oleh karena itu, ibu dengan riwayat diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi nanas terlalu sering.

Baca juga, Bund:

Kesimpulan Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas

Masa kehamilan adalah masa yang rentan untuk ibu dan janin di dalam kandungan. Apa yang dimakan ibu, akan dimakan juga oleh janin.

Selama masa perkembangannya, janin membutuhkan nutrisi yang baik. Nanas mengandung nutrisi baik yang dibutuhkan ibu dan janin.

Namun, dengan kandungan bromelain di dalamnya, bolehkah ibu hamil makan nanas?

Jika ibu dapat membatasi jumlah, maka ibu hamil boleh makan nanas.

Bromelain akan memberikan dampak buruk jika dikonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak sekali makan.


rujukan: onlymyhealth¹²

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here