Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian?

0

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian, Bolehkah.Com – Banyak mitos yang menyebutkan larangan-larangan bagi ibu menyusui hingga muncul sebuah pertanyaan tentang bolehkah ibu menyusui mengkonsumsi buah durian.

Mengenai durian sendiri, durian termasuk buah yang sangat digemari oleh banyak kalangan masyarakat karena kenikmatannya.

Selain itu, kandungan yang ada pada durian juga baik untuk kesehatan. Namun, sebaiknya mengkonsumsi durian jangan berlebihan karena justru dapat mengakibatkan gangguan pada kesehatan.

Dengan kata lain, konsumsi durian bagi ibu menyusui tidaklah dilarang asalkan tidak berlebihan.



Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian – Kandungan Durian

  1. Antioksidan

Durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi pada daging buahnya.

Seperti yang kita ketahui, antioksidan adalah zat yang dapat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya.

  1. Serat

Serat membantu proses pencernaan manusia. Durian mengandung 3.8 gr serat dimana terdapat dua macam serat yaitu serat larut dan serat tidak larut.

Selain menyehatkan pencernaan, serat juga dapat menjaga kadar kolesterol, kesehatan jantung dan juga peredaran darah.

  1. Kalium

Kalium adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk membantu proses metabolism. Durian mengandung kalium sebanyak 436 mg.



Kalium bermanfaat dalam menjaga kepadatan otot dan tulang serta sistem kardiovaskular dan juga dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi.

  1. Vitamin

Kandungan vitamin tentunya penting bagi ibu menyusui. Durian yang memiliki aroma tajam ini mengandung beberapa vitamin dan juga asam folat.

Asam folat mampu mencegah terjadinya anemia ketika menyusui sedangkan vitamin B6 pada durian mempu mengurangi tekanan stres yang seringkali dialami oleh ibu pasca melahirkan.

  1. Fosfor

Fosfor berperan penting dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi. Kandungan fosfor pada durian dinyatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan fosfor tubuh setiap harinya.

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian? Apakah Aman?

Berdasarkan ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa durian tidak berbahaya bagi ibu menyusui atau dengan kata lain ibu menyusui dapat mengkonsumsi durian.

Tetapi, yang perlu diperhatikan adalah jumlah konsumsi durian dimana tidak boleh melebihi batas kewajaran.

Setiap orang mempunyai sitem metabolism yang berbeda-beda sehingga bisa saja ada beberapa orang yang mengalami gangguan setelah mengkonsumsi durian sebaliknya ada yang biasa saja.




Oleh karena itu, sebaiknya ibu menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi secara berleihan karena dapat memicu gangguan kesehatan ibu dan dapat mengganggu produksi ASI.

Produksi ASI dipengaruhi dengan kondisi fisik dan psikis sang ibu sehingga tidak heran jika banyak pantangan untuk ibu yang sedang menyusui.

Inilah beberapa bahaya atau dampak yang terjadi jika konsumsi buah durian dilakukan diluar batas kewajaran dan secara berlebihan:

1. Kadar gula di dalam darah akan meningkat terutama bagi penderita diabetes.

2. Jika dikonsumsi secara berlebihan, rasa panas akan muncul pada daerah perut.

3. Dapat menjadikan mual dan muntah hingga bahkan diare.

4. Mengkonsumsi durian bersamaan dengan alkohol dapat membahayakan jantung.

5. Memicu terjadinya kematian mendadak jika dikonsumsi oleh yang menderita hipertensi.

6. Meningkatkan kadar kolestrol jahat yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit berbahaya pada tubuh.

7. Senyawa alkohol pada buah durian dapat mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah yang memicu terjadinya stroke.

8. Kandungan senyawa ethanol, methanol, dan ethyl metacrylate pada buah durian membuat kerja ginjal menjadi berat bahkan dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

Bunda juga harus membaca:

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian? Kesimpulan

Belum ada penelitian yang menyatakan bahwa buah durian tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui dan belum ada kasus yang menunjukkan dampak konsumsi durian pada bayi.

Mengenai bolehkah ibu menyusui makan durian, baik adanya untuk mengkonsumsi durian asal tidak dalam jumlah yang berlebihan.


rujukan: infosehatwanita, hamil

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here