Bolehkah Bumil Minum Obat Tidur?

0

Bolehkah Bumil Minum Obat Tidur? Bolehkah.Com – Permasalahan sulit tidur seringkali dialami oleh ibu hamil karena meningkatnya hormon dalam tubuh yang membuat waktu istirahatnya menjadi berkurang.

Untuk mengatasi hal ini, beberapa ibu hamil biasanya menggunakan obat tidur yang dianggap manjur agar tidur lebih nyenyak dan kondisi tubuh kembali bugar setelah bangun.

Sebenarnya, apakah obat ini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil?

Efek Samping Penggunaan Obat Tidur Bagi Ibu Hamil

Sebenarnya, obat tidur dapat dikatakan tidak aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Apalagi jika obat ini dikonsumsi tanpa adanya resep dari dokter.



Meskipun hingga saat ini belum ada penelitian yang memastikan bahaya obat tidur bagi ibu hamil, hal yang menjadi alasan mengapa obat ini tidak aman adalah kandungan kimia yang cukup besar.

Dan hal itu tentunya bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

Selain itu, obat tidur juga memiliki efek samping berupa ketergantungan bagi penggunanya.

Dalam jangka panjang, hal ini cenderung sangat membahayakan apalagi jika diikuti dengan perubahan kebiasaan yang dilakukan oleh ibu hamil.

Yang paling mengkhawatirkan dari penggunaan obat tidur dalam jangka panjang adalah pengaruhnya terhadap kecerdasan calon bayi.



Ya, kandungan beragam bahan kimia dalamnya bukan tidak mungkin menurunkan tingkat intelejensia (IQ) yang menyebabkan anak nantinya sulit untuk menangkap berbagai ilmu yang diajarkan orang tua.

Tips Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari dengan Cara Alami Selama Masa Kehamilan

Survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation di Amerika Serikat menyatakan bahwa 97% ibu hamil kerap kali kesulitan untuk tidur nyenyak dan sering terbangun pada tengah malam.

Padahal waktu tidur 7 hingga 9 jam harus dipenuhi setiap harinya oleh ibu hamil agar sistem kekebalan tubuh dapat terbentuk dengan baik dan proses persalinan nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Daripada menggunakan obat tidur yang jelas mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya, beragam cara berikut ini dinilai ampuh untuk membantu ibu hamil untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

  1. Mandi dengan Air Hangat

Mandilah dengan air hangat (jangan terlalu panas) pada sore hari. Selain itu, gunakan sabun dengan wewangian yang dapat membuat ibu lebih rileks dan santai, seperti melati maupun lavender.

Pastikan rambut dalam keadaan kering sebelum ibu tidur untuk menghindari kerusakan rambut serta pusing ketika bangun.

  1. Carilah Posisi Tidur yang Nyaman

Untuk ibu hamil, sangat disarankan untuk tidur dengan menghadap ke kiri. Hal ini akan membantu melancarkan peredaran darah, Oksigen, serta penyerapan nutrisi ke plasenta.

Selain itu, aturlah bantal sedemikian rupa agar posisi kepala lebih tinggi sehingga mencegah asam lambung mengalir menuju kerongkongan.




  1. Minum Segelas Susu Hangat

Susu mengandung asam amino tryptophan yang mampu meningkatkan kandungan serotonin di otak sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium

Kesemutan seringkali dialami oleh ibu hamil ketika tidur.

Untuk mengatasi hal ini, konsumsi berbagai makanan yang banyak mengandung Kalsium, seperti biji-bijian, keju, yogurt tanpa gula, ikan, Whey Protein, dan sayuran hijau.

Selain itu, batasi jumlah makanan sebelum tidur sehingga ibu tidak merasa mual ketika tidur.

Baca juga:

Yang Menarik untuk Dibaca juga:

Bolehkah Bumil Minum Obat Tidur – Kesimpulan

Obat tidur bukanlah solusi utama dalam mengatasi sulit tidur yang sering dialami oleh ibu hamil.

Selain itu, obat tidur mengandung mengandung bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

Beragam cara alami masih dapat dilakukan seperti contoh-contoh di atas untuk mengatasi permasalahan tidur ibu hamil.

Semoga dapat menjawab pertanyaan ibu mengenai bolehkah bumil minum obat tidur.


rujukan: babycenter, webmd

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here