Bolehkah wanita tidur memakai BH? Bolehkah.Com – Semua wanita pasti memiliki pendapat berbeda mengenai hal ini.

Ada yang mengatakan bahwa menggunakan BH atau bra ketika tidur dapat membuat payudara tetap kencang, namun banyak pula yang berpendapat bahwa tidur menggunakan bra dapat menghambat kinerja kelenjar getah bening yang dapat menyebabkan kanker payudara.

Lalu, pernyataan manakah yang paling tepat?

Apakah Tidur Menggunakan Bra Meningkatkan Risiko Kanker Payudara?

Menurut Dr. Amber Guth, direktur Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship di NYU Langone Medical Center, penggunaan bra belum dapat dipastikan manfaat dan risiko yang dapat ditimbulkan berdasarkan penelitian medis.

Penggunaan bra ketika tidur dikarenakan faktor kenyamanan, dimana hal ini sering dilakukan pada wanita yang memiliki payudara besar maupun selama masa kehamilan.

Pernyataan mengenai penggunaan bra selama lebih dari 8 jam dalam sehari dapat menyebabkan melemahnya jaringan otot pada payudara sehingga menjadi kendur dapat dipastikan tidak benar.




Hal ini dikarenakan, perubahan bentuk payudara sendiri lebih diakibatkan oleh sejumlah faktor seperti masa kehamilan, menyusui, hukum gravitasi, penurunan berat badan, hingga berkurangnya produksi kolagen akibat penuaan.

Selain itu, menurut Deborah Axelrod, M.D, seorang dokter bedah payudara di NYU Langone Medical Center menjelaskan bahwa bra dengan bahan kawat dan digunakan ketika tidur tidak akan meningkatkan potensi wanita terkena kanker payudara.

Rumor ini mulai berkembang pada tahun 1990-an, dimana seorang penulis buku menyatakan bahwa penggunaan bra yang terlalu ketat dan menggunakan jenis kawat dapat berpotensi memicu kanker payudara.

Hal ini dikarenakan bahan kawat itu sendiri yang semakin lama akan mengontaminasi jaringan payudara yang dapat mengembangkan sel kanker.

Namun hingga saat ini masih belum ada penelitian secara medis yang dapat memastikan kebenaran bahwa penggunaan bra ketika tidur dapat memicu penyakit kanker payudara.

Solusi Terbaik Jika Memilih Tidur Menggunakan Bra

Beberapa wanita mungkin merasa risih dan tidak nyaman ketika tidur tanpa menggunakan bra.

Gambar Foto Bolehkah Wanita Tidur Memakai BH Menurut Ahli dan Apa Efek Sampingnya
Posisi tidur yang baik bagi wanita

Meskipun masih menimbulkan pro dan kontra di antara masyarakat, selama belum ada penelitian secara medis yang dapat membuktikannya, penggunaan bra ketika tidur masih dapat diperbolehkan.

Namun, beberapa hal juga perlu diperhatikan ketika akan memilih bra yang akan digunakan.




Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih bra yang tentunya tetap memberikan kenyamanan bagi wanita ketika tidur dengan risiko yang sangat kecil.

1. Pilihlah bra yang sesuai dengan ukuran dan kondisi payudara wanita.

Pastikan untuk tidak terlalu ketat karena dapat mengganggu aliran darah di sekitar payudara.

Namun, hindari pula penggunaan bra yang terlalu longgar karena tidak akan berdampak apapun bagi penggunanya.

2. Pilihlah bra yang menggunakan bahan katun maupun serat alami lainnya. Dengan bahan yang lembut, payudara akan leluasa untuk bergerak.

3. Selain bra, sangat disarankan untuk menggunakan piyama dengan desain bra pada bagian atasnya.

4. Pilihlah bra dengan pengait yang tidak menggunakan bahan kawat atau logam demi kenyamanan.

5. Sebelum tidur, sangat disarankan untuk mengganti bra.




Hindari penggunaan bra yang telah digunakan seharian karena berpotensi memicu penyakit kulit akibat keringat yang menumpuk.

Baca juga:

Bolehkah Wanita Tidur Memakai BH – Kesimpulan

Hingga saat ini, rumor mengenai penggunaan bra ketika tidur yang dapat memicu kanker payudara masih belum dapat dibuktikan secara medis.

Maka dari itu, sah-sah saja jika menggunakan bra ketika tidur.

Namun, pengguna juga perlu memperhatikan beberapa hal ketika memilihnya sehingga bra yang digunakan dapat memberikan rasa nyaman.

Semoga dapat menjawab permasalahan Anda mengenai bolehkah wanita tidur memakai BH.





Rujukan: positivemed, webmd

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here