Bolehkah Bayi Cegukan Diberi Minum?

0

Bolehkah Bayi Cegukan Diberi Minum, www.Bolehkah.com – Cegukan adalah masalah yang umum terjadi bukan hanya pada orang dewasa saja tapi juga pada bayi. Penyebab cegukan pada orang dewasa tentu saja berbeda dengan bayi. Biasanya untuk bayi, cegukan ini disebabkan oleh adanya udara yang terlalu banyak dalam perut bayi. Itu bisa terjadi jika bayi terlalu lama meminum susu dari botol susu.

Memang, cegukan ini hal yang wajar, tapi tentu saja cegukan tersebut akan sangat menyiksa bayi anda. Jadi, bolehkah bayi cegukan diberi minum? Karena pada orang dewasa cegukan biasanya diatasi dengan air minum, lalu apakah bayi juga bisa diberikan treatment yang sama? Untuk Bunda yang bingung, ada ulasan mengenai hal tersebut yang dapat Bunda simak di paragraf berikut ini.

Bolehkah Bayi Cegukan Diberi Minum? Apa Alasannya?

Untuk jawabannya sendiri memang tidak disarankan. Meskipun hal ini diperbolehkan untuk bayi yang telah berumur lebih dari 6 bulan yang telah siap untuk menyantap makanan padat ( Baca: Bolehkah Bayi Diberi Air Putih ). Tapi, itu saja pemberian air minum sangat dibatasi. Artinya adalah Bunda tidak dapat seenaknya memberi air minum yang terlalu banyak kepada bayi.

Gambar Foto Bolehkah Bayi Cegukan Diberi Minum Menurut KedokteranHanya diperbolehkan sedikit air minum saja. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan oleh hal seperti berikut ini.



1. Air minum dapat memberikan efek kenyang pada bayi

Ya, air minum ini bisa memang bisa membuat efek kenyang pada bayi Bunda. Sehingga memberikan air minum yang terlalu banyak akan membuat bayi tidak mau diberikan ASI lagi. Jelas hal ini kurang baik karena bayi memerlukan nutrisi ASI yang lengkap. Oleh karena itu, pemberian air saat bayi cegukan sebaiknya sedikit dihindari.

2. Air minum dapat mempengaruhi kesehatan bayi

Meskipun air minum akan sangat baik untuk tubuh orang dewasa, tapi untul bayi hal ini akan lain. Pemberian air minum yang berlebihan apalagi bagi bayi yang belum genap 6 bulan dan belum siap santap makanan padat, hal tersebut bisa memberikan dampal buruk bagi kesehatannya.

3. Penyerapan nutrisi terganggu



Selain itu, jika Bunda memberikan terlalu banyak air minum kepada bayi juga akan berdampak pada penyerapan nutrisi bayi. Dalam hal ini, penyerapan nutrisi pada bayi akan terganggu sehingga mempengaruhi tumbuh kembang bayi.

Bagaimana Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi yang Tepat?

Gambar Foto Bolehkah Bayi Cegukan Diberi Minum dan Cara MengatasinyaLantas, apabila Bunda tidak boleh gunakan air minum untuk atasi cegukan bayi, bagaimana cara yang tepat untuk hal yang satu ini? Bagi Bunda yang ingin lebih paham, inilah ulasan lengkapnya untuk Bunda.

Ada beberapa hal yang sebenarnya bisa Bunda lakukan.

1. Ubah posisi bayi

Cara yang pertama adalah ubah posisi bayi Bunda. Misalnya saja bayi Bunda tengkurap. Dalam hal ini, coba Bunda ubah posisinya menjadi terlentang. Dengan mengubah posisi bayi, udara yang ada di dalam perut bayi akan lebih cepat keluar.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pukulan ringan di pundak bayi secara perlahan. Gendong bayi dan usah pelan bagian pundak agar udara cepat keluar dan pernapasan bayi kembali lancer.

2. Beri ASI

Kemudian, untuk cara lain yang dapat Bunda lakukan adalah memberikan ASI kepada bayi Bunda. Mungkin Bunda akan takut jika bayi akan tersedak bukan? Jangan khawatir mengenai hal tersebut. Justru sebaliknya, terkadang memberikan ASI kepada bayi bisa menyembuhkan cegukan pada bayi.




Jadi, itulah ulasan mengenai bolehkah bayi cegukan diberi minum. Untuk Bunda yang telah bertanya, itulah jawaban yang dapat Bunda lakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi Bunda di rumah.


http://www.livestrong.com/article/284484-when-is-it-safe-to-give-an-infant-water-for-hiccups/
http://www.coliccalm.com/baby_infant_newborn_articles/hiccups.htm

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here