Bolehkah Tidur Tengkurap Saat Hamil Muda

0

Bolehkah tidur tengkurap saat hamil muda? Bolehkah.Com – Permasalahan ini seringkali dialami oleh para ibu hamil yang baru memasuki usia muda.

Posisi tidur memang sangat dipengaruhi oleh usia kandungan, ukuran perut, dan tentunya kebiasaan yang sering dilakukan.

Meskipun begitu, ibu hamil perlu menyadari bahaya yang dapat ditimbulkan ketika tidur dalam posisi tengkurap ketika hamil

Bahaya Tidur Tengkurap Saat Hamil Muda

Banyak dari ibu hamil mungkin sudah mengetahui bahwa tidur dengan posisi tengkurap dapat membahayakan bagi kesehatan janin.



Namun, hal ini mungkin merupakan kesulitan tersendiri jika terbiasa tidur dalam posisi ini sehingga secara tidak sengaja hal ini bisa terjadi.

Untuk itu, berikut ini beberapa hal umum mengenai bahaya tidur tengkurap ketika sedang mengandung, khususnya ketika sedang hamil muda.

1. Janin Dapat Tertindih atau Tergencet

Ketika ibu hamil tidur dalam keadaan tengkurap, baik yang baru memasuki usia kehamilan muda maupun tua, tekanan lebih besar akan semakin terasa pada perut.

Besar kemungkinan janin sedang dalam kondisi tertindih atau tergencet. Jika dibiarkan, hal ini dapat membahayakan keselamatan janin dalam kandungan.



2. Tidak Dapat Bergerak

Jika ibu mulai merasakan kondisi seperti di atas pada masa trimester pertama, sebaiknya untuk mulai menghindari posisi tidur tengkurap.

Janin yang sudah berbentuk bayi akan sangat berisiko tidak dapat bergerak dalam kandungan jika ibu terus memaksa posisi ini ketika tidur.

Hal ini tentunya juga akan berakibat fatal untuk kesehatan janin.

3. Komplikasi

Memaksakan posisi tidur tengkurap ternyata juga memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan ibu, yakni dengan mengalami komplikasi seperti:

* Gangguan pada sistem pencernaan dan pernapasan yang akut sehingga hal ini dapat mengakibatkan ibu hamil mengalami kekurangan Oksigen.

* Dengan berkurangnya pasokan Oksigen dalam tubuh, hal ini akan mengakibatkan sistem peredaran darah yang mengalir menuju jantung menjadi terganggu.




* Asupan nutrisi bagi ibu hamil dan janin akan berkurang sehingga berisiko mengalami keguguran dan kematian janin.

Posisi Tidur yang Aman Bagi Ibu Hamil Muda

Posisi tidur yang tepat menjadi tantangan tersendiri bagi ibu hamil, khususnya ketika memasuki trimester pertama.

Akibat kehamilan ini, ibu biasanya mengalami berbagai ketidaknyamanan ketika tidur. Namun, saat ini ibu hamil tidak perlu khawatir.

Ternyata ada beberapa posisi tidur yang nyaman dan tentunya aman bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

Berikut beberapa posisi tidur yang dianjurkan para ahli untuk ibu dengan kehamilan muda.

1. Posisi Tidur Miring

Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk tidur dengan posisi miring ke arah kiri. Dengan posisi ini, jumlah darah dan nutrisi menuju plasenta serta janin menjadi meningkat.

Selain itu, posisi ini juga mampu mengurangi rasa nyeri pada punggung dan sesak napas yang sering dialami oleh ibu dengan kehamilan muda.

Untuk memberikan sensasi nyaman yang lebih, letakkan bantal di antara kedua kaki dan juga pada bagian punggung.

2. Posisi Setengah Duduk

Ibu hamil juga dapat menggunakan cara ini, yakni dengan meletakkan bantal untuk menyangga kepala dan kaki.

Cara ini sendiri dikenal ampuh dalam mengatasi permasalahan pada ulu hati yang disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh.

Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk menyantap makan malam lebih dini secara perlahan untuk memberikan rasa nyaman yang lebih pada area perut.

Baca juga:

Bolehkah Tidur Tengkurap Saat Hamil Muda – Kesimpulan

Tidur dengan posisi tengkurap dapat membahayakan kesehatan ibu dan juga janin yang dikandungnya.

Untuk itu, aturlah posisi tidur senyaman mungkin sesuai dengan saran yang sudah diberikan oleh dokter maupun para ahli untuk mendapatkan beragam manfaatnya.

Semoga permasalahan ibu mengenai bolehkah tidur tengkurap saat hamil muda dapat terjawab.


rujukan: momjunction, thebump

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here