Bolehkah bayi tidur di ruangan gelap? Bolehkah.Com – Setiap orang tua pastinya pernah mengalami permasalahan ini, baik saat siang maupun malam hari.

Bahkan terkadang orang tua pun sering kewalahan menghadapi kelakuan si kecil ketika sudah waktunya untuk tidur.

Meskipun anak bayi memiliki caranya sendiri untuk tidur, ternyata kondisi ruangan yang gelap, atau lebih tepatnya menggunakan pencahayaan yang redup sangat dianjurkan oleh para ahli untuk diaplikasikan di rumah.

Alasan Penggunaan Pencahayaan Redup untuk Kamar Bayi

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, penglihatan bayi sangat peka pada cahaya terang pada usia 0-6 bulan.

Hal inilah yang menjadi masalah utama mengapa bayi seringkali terganggu tidurnya pada penggunaan ruangan dengan cahaya terang.

Untuk itu, buatlah pencahayaan yang baik seperti penggunaan lampu tidur yang redup pada kamar si kecil untuk membuat waktu tidurnya lebih optimal.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa pencahayaan redup sangat dianjurkan untuk diaplikasikan pada kamar bayi.

1. Membuat Bayi Tidak Mudah Terganggu Ketika Tidur



Permasalahan ini sering dialami oleh para orang tua, dimana si kecil akan rewel ketika larut malam.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penglihatan bayi akan sangat peka terhadap cahaya yang terlalu terang sehingga sangat mudah bagi bayi untuk terganggu tidurnya ketika ditempatkan pada ruangan yang terlalu terang.

Dengan menggunakan pencahayaan yang redup, kondisi tidur bayi akan lebih tenang.

Selain itu, seandainya bayi rewel dan terbangun pada larut malam, si kecil pun dapat dengan mudah kembali tidur tenang karena suasana kamar yang tenang tanpa adanya gangguan dari cahaya yang terlalu terang.

2. Membuat Orang Tua Dapat Mengawasi Bayi Tanpa Mengganggu Tidurnya.

Mematikan lampu saat bayi tidur juga merupakan pilihan yang kurang baik. Hal ini akan mengakibatkan orang tua sulit untuk mengawasi si kecil.

Terlebih ketika bayi rewel, otomatis orang tua membutuhkan cahaya yang justru akan semakin rewel dan terganggu dengan pencahayaan yang terlalu terang.

3. Membuat Bayi Tidak Mudah Terbangun




Pencahayaan yang redup juga dapat membuat waktu tidur bayi lebih lama. Secara teori, bayi akan mudah terbangun ketika pencahayaan terlalu terang.

Cahaya matahari pada pagi hari juga sangat berpengaruh dalam mempercepat waktu tidur si kecil.

Untuk itu, buatlah kamar bayi senyaman mungkin dengan pencahayaan yang baik, bahkan ketika saat pagi maupun siang untuk mengontrol waktu tidurnya.

Bagaimana Mengatur Pencahayaan Bagi Kamar Bayi?

Untuk mengatasi permasalahan waktu tidur si kecil, buatlah kamar tidurnya senyaman mungkin dan tentunya dengan menggunakan pencahayaan yang baik.

Untuk mengaplikasikan pencahayaan yang baik pada kamar bayi ini, baik siang maupun malam hari, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan oleh orang tua.

1. Penggunaan tirai pada jendela sangat dibutuhkan untuk mengatur pencahayaan yang baik, khususnya pada siang hari maupun menjelang pagi hari.

Aturlah bukaan tirai agar cahaya matahari dapat masuk sesuai kebutuhan.

2. Gunakan lampu tidur pada kamar bayi. Namun, hindari pemasangan lampu tepat di atas tempat tidur bayi untuk menghindari gangguan pada tidur si kecil.

Baca juga:

Bolehkah Bayi Tidur di Ruangan Gelap – Kesimpulan

Penggunaan pencahayaan yang redup sangat dibutuhkan oleh bayi untuk menjaga waktu tidurnya semakin optimal tanpa adanya gangguan.

Selain itu, pencahayaan ini tentunya juga dapat membantu orang tua dalam mengawasi si kecil agar selalu aman dan nyaman.

Dengan beberapa tips di atas, permasalahan orang tua mengenai bolehkah bayi tidur di ruangan gelap pun dapat diatasi.


rujukan: babay-sleep-advice, babycenter

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
25Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here