Bolehkah Tidur Siang Setelah Melahirkan, Bolehkah.Com – Mengenai persoalan ini, terdapat mitos yang mengatakan bahwa ibu yang baru melahirkan dan tidur siang maka dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

Dipercaya bahwa tidur siang pasca melahirkan dapat mengakibatkan darah putih naik menuju ke mata dan dapat menyebabkan mata sayu, katarak, mata minus dan membuat wajah terlihat lebih tua.

Tetapi kembali lagi bahwa itu hanyalah mitos belaka karena sesungguhnya tidur siang sangat dianjurkan untuk dilakukan ibu pasca melahirkan.

Bolehkah Tidur Siang Setelah Melahirkan – Pentingnya Tidur Siang Pasca Melahirkan

Proses melahirkan adalah proses yang sangat berat yang harus dilalui oleh para ibu.

Tidak hanya kehilangan banyak tenaga tetapi juga proses tersebut dapat berakibat kematian jika ibu tidak kuat menanggung proses yang sangat berat tersebut.

Oleh karena itu, setelah melahirkan ibu pasti membutuhkan istirahat untuk mengembalikan kembali energy yang sudah hilang.




Itulah mengapa tidur siang sangat penting untuk dilakukan karena ibu hamil perlu melakukan istirahat ekstra untuk proses penyembuhan.

Ketika beristirahat tidur siang, metabolisme tubuh membuat nutrisi dan oksigen yang berguna sebagai sumber energy berganti fungsi sementara waktu untuk menyembuhkan kondisi ibu pasca melahirkan.

Dianjurkan untuk 6 minggu pertama setelah melahirkan, ibu memperoleh istirahat yang sangat cukup.

Tidur siang atau sekedar berbaring lalu beranjak sekitar 30 menit cukup sebagai wujud istirahat yang dilakukan.

Seperti yang kita ketahui, pasca melahirkan ibu akan bertanggung jawab untuk merawat bayinya 24 jam dimana hal tersebut tentunya membutuhkan tenaga lebih.

Mengasuh bayi akan memakan banyak tenaga sehingga istirahat sangatlah penting untuk mengembalikan tenaga dan mencegah penurunan kualitas air susu yang diberikan oleh ibu untuk sang bayi.

Tidur siang setelah melahirkan tidak hanya bermanfaat untuk mengembalikian tenaga ibu tetapi juga mencegah dan menyembuhkan depresi postpartum.

Depresi postpartum seringkali dialami oleh ibu pasca melahirkan. Ingin lebih tahu tentang depresi postpartum? Simak ulasannya dibawah ini.




Bolehkah Tidur Siang Setelah Melahirkan – Mengenal Depresi Postpartum

40 dari 80 persen ibu pasca melahirkan mengalami sindrom baby blues, sebuah keadaan dimana sang ibu justru merasa sedih, khawatir dan tidak bahagia setelah melahirkan.

Jika keadaan berangsur terus-menerus maka ibu akan kemungkinan terkena depresi postpartum.

Menurut Asosiasi Psikiatri Amerika, depresi postpartum dapat terjadi beberapa minggu setelah melahirkan atau bahkan sebelumnya (ketika hamil).

Gejala dari terjadinya depresi postpartum adalah rasa sedih dan hampa yang berlebihan, menangis sepanjang hari, tidak tertarik untuk beraktivitas, kehilangan nafsu makan, kurang istirahat, tidak berkonsentrasi dan merasa tidak berguna.

Depresi postpartum disebabkan karena faktor lingkungan, emosi, genetic dan juga hormon diluar kendali ibu pasca melahirkan.

Selain itu, depresi postpartum juga dapat terjadi karena mengalami depresi atau rasa cemas yang berlebihan ketika selama hamil.

Rasa lelah setelah melahirkan dan kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya depresi postpartum.

Untuk mengatasi depresi postpartum dapat dilakukan dengan cara tidur siang dan istirahat yang cukup setelah melahirkan.




Tidur membantu mengurangi rasa lelah dan juga mengembalikan segala mood yang sudah hilang. Seperti pada umumnya sesudah menangis lalu tertidur maka akan menjadi lega.

Begitu juga dengan kasus ini. Setelah tidur siang dan istirahat yang cukup maka ibu pasca melahirkan akan lebih merasa tenang sehingga terhindar dari depresi postpartum.

Baca juga:

Bolehkah Tidur Siang Setelah Melahirkan – Kesimpulan

Meskipun terdapat kabar yang mengatakan bahwa tidur siang setelah melahirkan dapat mengakibatkan gangguan penglihatan, nyatanya itu semua hanyalah mitos.

Tidur siang dan istirahat yang cukup setelah melahirkan sangat membantu ibu pasca melahirkan untuk siap kembali menghadapi hari-hari dan menjadi ibu seutuhnya.

Jadi, bolehkah tidur siang setelah melahirkan tentu saja boleh dan sangat dianjurkan.





rujukan: babycenter, healthpages

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
34Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here