Bolehkah.Com – Dalam melakukan perawatan payudara, bolehkan membersihkan payudara dengan baby oil?

Perawatan payudara perempuan kadang sering terlupakan, padahal hal ini cukup penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan payudara.

Gambar Foto Bolehkah Membersihkan Payudara Dengan Baby Oil Apa Ada Efek SampingnyaBukan hanya membersihkan, namun perawatan payudara juga bisa dengan melakukan pijatan di seputar area payudara.

Hal ini juga sangat menguntungkan untuk ibu yang sedang menyusui, karena dapat memperlanjar keluarnya asi.

Bolehkah Membersihkan Payudara Dengan Baby Oil – Penggunaan Baby Oil pada Payudara

Umumnya baby oil digunakan pada bayi untuk melembabkan kulit dan menjaganya agar tidak terjadi iritasi.

Karena fungsi utamanya untuk melembabkan kulit, baby oil sering digunakan sebagai pelumas pijat dan membersihkan area tertentu pada tubuh, seperti pusar dan telinga.




Untuk membersihkan payudara, baby oil dapat digunakan seperlunya saja. Pada beberapa kasus, pada puting payudara wanita terdapat butiran-butiran kecil, kadang berwarna coklat, yang merupaka kotoran yang perlu dibersihkan.

Penggunaan baby oil dalam kasus ini yaitu cukup dengan mengaplikasikannya pada tisu atau kain dan menggosokkan secara perlahan pada area yang ingin dibersihkan. Setelah itu, menggunakan air bersih.

Dalam membersihkan payudara, tidak disarankan untuk menggunakan sabun, karena dapat menyebabkan puting dan area disekitarnya menjadi kering sehingga dapat terjadi iritasi.

Kebersihan payudara ibu pada masa menyusui memang harus selalu diperhatikan, terutama membersihkan puting dari sisa asi yang menyumbat jalan keluarnya asi.

Namun, ibu menyusui sebaiknya menghindari penggunaan baby oil pada payudara demi menghindari kontaminasi terhadap asi yang dapat termakan oleh bayi.

Membersihkan payudara sebenarnya cukup dengan air bersih biasa, namun jika terjadi iritasi atau keadaan kulit yang kering, ibu menyusui dapat menggunakan minyak natural ( yang paling bagus adalah VCO ) yang tentunya lebih sehat dan aman untuk ibu dan bayi.

Perawatan payudara yang biasa dilakukan adalah pijat. Selain untuk menjaga kekencangan payudara, juga untuk memperlancar asi bagi ibu dalam masa menyusui.

Namun sekali lagi disarankan untuk menggunakan minyak natural saja, yang berasal dari bahan-bahan alami.




Bolehkah Membersihkan Payudara Dengan Baby Oil – Minyak Apa yang Aman Digunakan untuk Payudara pada Ibu Menyusui?

Sebenarnya pada kehamilan, area disekitar puting, aerola, akan memproduksi minyak alami yang berperan sebagai pelumas yang dapat melembabkan dan mencegah berkembangnya bakteri.

Jadi untuk ibu hamil, sebenarnya tidak diperlukan minyak tambahan untuk menjaga kelembaban payudara. Lalu bagaimana untuk ibu menyusui?

Dalam masa menyusui, sering terjadi kulit kering maupun iritasi pada area puting dan dan sekitarnya.

Untuk menyiasati hal tersebut, ibu menyusui dapat menggunakan minyak-minyak natural yang mudah ditemui dan menguleskannya pada area kering dan itirasi. Minyak tersebut antara lain adalah minyak zaitun.

Minyak zaitun juga terkenal dengan dengan kandungan dan nutrisinya, sehingga biasa digunakan untuk perawatan kulit wajah.Gambar Foto Bolehkah Membersihkan Payudara Dengan Baby Oil Bagaimana Cara Penggunaan yang Tepat

Selain itu juga sangat aman dikonsumsi, bahkan menyehatkan.

Selain minyak untuk pijat dan pelumasan, minyak zaitun juga mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga bisa menjaga kebersihan payudara.

Selain minyak zaitun, sekarang sudah terdapat banyak produk minyak khusus dibuat untuk perawatan payudara bagi ibu hamil.




Produk-produk ini dengaja dibuat menggunakan bahan alami seperti dari minyak zaitun, minyak biji bunga matahari dan minyak kelapa ( VCO ), sehingga aman untuk kulit dan aman untuk ibu dan bayi.

Baca juga:

Bolehkah Gonta-Ganti Suntik KB ke Pil dan Sebaliknya?

Kesimpulan Bolehkah Membersihkan Payudara Dengan Baby Oil?

Membersihkan dan merawat payudara sangat penting bagi wanita, terutama untuk ibu menyusui.

Namun, bolehkan melakukan perawatan dengan baby oil?

Jawabannya adalah boleh, namun tetap disarankan untuk menggunakan minyak ataupun produk minyak yang berasal dari bahan alami. Selain aman, juga lebih sehat untuk kulit payudara.





rujukan: drugs, medicinenet

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here