Penjelasan Ilmiah Tentang Bolehkah Rematik Dipijat

0

Bolehkah Rematik Dipijat, Bolehkah.Com – Mengenai bolehkah rematik dipijat, penting diketahui lebih dahulu tentang penyakit rematik itu sendiri.

Banyak yang mengatakan bahwa orang yang mandi larut malam dengan air dingin akan rentan terkena penyakit rematik.

Gambar Foto Bolehkah Rematik Dipijat Apa Efek Samping dan BahayanyaApakah itu mitos atau fakta? Sebenarnya apa yang perlu diketahui tentang penyakit rematik?

Bolehkah jika pijat menjadi salah satu solusi penyembuhan penyakit tersebut? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.



Bolehkah Rematik Dipijat – Mengenal Tentang Rematik

Rematik merupakan penyakit yang berkaitan dengan otot-otot atau bagian persendian tulang manusia dimana area tersebut mengalami pembengkakan dan peradangan.

Untuk membedakan penyakit rematik, terdapat 6 ciri-ciri yaitu:

  1. Munculnya rasa tidak nyaman atau nyeri yang biasanya dirasakan di area tulang, termasuk tulang belakang.
  2. Munculnya rasa sakit pada daerah sendi atau otot ketika digerakkan.
  3. Ketika menyentuh area sendi atau otot tertentu terasa nyeri.
  4. Area persendian dan otot yang terkena rematik terasa kaku.
  5. Setelah melakukan olahraga ringan, akan terjadi perbaikan pada daerah yang nyeri. Tetapi jika olahraga terlalu berat maka justru akan membuat keadaan menjadi semakin buruk.
  6. Faktor iklim juga mempengaruhi nyeri rematik yang dialami, misalnya menurunnya tekanan udara dan juga lembab.

Itulah beberapa ciri-ciri gejala penyakit rematik. Memang tidak semua gejala dapat ditemukan tetapi biasanya urutan satu sampai empat yang paling sering dialami oleh penderita rematik.

Rasa sakit atau nyeri yang dialami oleh penderita rematik dapat dirasakan pada satu area tubuh misalnya area pundak tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dirasakan pada satu sendi tertentu misalnya sendi pelana.



Tahukah Anda jika ternyata terdapat hingga lebih dari 100 jenis rematik dan yang paling sering ditemui adalah Rheumatoid Arthritis, Osteoartritis, Sindrom Sjogren, Lupus, dan Ankylosing Spondylitis.

Untuk mengetahui apakan seseorang terjangkit rematik atau tidak, terdapat beberapa cara pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter, yaitu tes darah, X-Ray, dan MRI Scan.

Lalu, bagaimana cara pengobatan pasien rematik? Bolehkah jika dipijat?

Bolehkah Rematik Dipijat – Pengobatan Penyakit Rematik

Apabila seorang pasien rematik sudah merasakan beberapa gejala dan dinyatakan mengidap penyakit rematik maka dokter akan memberikan pengobatan agar tidak memperburuk kondisi.

Dokter akan memberikan resep obat berupa penicillin dan juga antibiotik yang lain serta dokter akan meminta Anda untuk beristirahat.

Untuk mengurangi nyeri dalam jangka waktu yang panjang, ada baiknya untuk menggunakan resep untuk antibiotic dalam waktu yang lama.

Penyakit rematik yang dikenal sebagai penyakit tulang atau penyakit sendi ternyata dapat berpengaruh pada penyakit yang menyerang hati manusia.

Oleh karena itu, antibiotic merupakan resep dokter yang ampuh untuk mencegah penyakit rematik yang dialami menjadi semakin buruk.Gambar Foto Bolehkah Rematik Dipijat Menurut Medis Kesehatan Kedokteran




Selain mengkonsumsi obat-obatan, Anda juga dapat mengimbanginya dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Misalnya, melakukan olahraga secara lebih rutin, mengurangi pikiran stress, memperoleh istirahat yang cukup, dan juga pola makan yang teratur.

Lebih dianjurkan untuk mengatasi penyakit rematik dengan hal-hal yang dimulai dari dalam diri sendiri.

Lalu, bagaimana dengan pijat?

Pijat sebenarnya tidak dilarang hanya saja jika ingin melakukan pijat sebaiknya rasa nyeri yang dialami belum terlalu parah karena apabila penyakit yang dialami sudah lebih parah, melakukan pijat dapat memberikan resiko yang memperburuk keadaan.

Apabila masih dalam taraf penyakit rematik ringan, maka pijat tidak masalah karena untuk relaksasi otot dan sendi.

Baca juga:

Bolehkah Rematik Dipijat – Kesimpulan

Rematik adalah penyakit yang berkaitan dengan otot, sendi dan tulang.

Oleh karena itu sebaiknya periksakan ke dokter apabila merasakan nyeri yang tidak kunjung sembuh meskipun telah dipijat.

Dengan kata lain, bolehkah rematik dipijat sebenarnya boleh asalkan nyeri yang dialami belum terlalu parah.


rujukan: webmd, NIH

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here