Bolehkah Penderita Diabetes Makan Singkong Rebus?

0

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Singkong Rebus, Bolehkah.Com – Banyak orang bertanya-tanya bolehkah penderita diabetes makan singkong rebus sebagai menu dietnya?

Berhati-hatilah sebelum memakannya, salah sedikit, gizi dalam makanan tersebut bukan memulihkan kondisi namun memperparahnya.

Gambar Foto Bolehkah Penderita Diabetes Makan Singkong Rebus Menurut Dokter Medis KesehatanBimbingan dokter dan ahli gizi dalam mengatur diet penderita diabetes termasuk tentang makan singkong rebus ini.

Sebenarnya kandungan apa saja yang ada dalam singkong yang baik maupun tidak baik bagi penderita diabetes?



Bolehkah Penderita Diabetes Makan Singkong Rebus – Kandungan Singkong

  • Singkong Rebus Gluten Free

Gluten adalah salah satu jenis protein dalam biji-bijian. Singkong tidak memilki zat gluten. Sebenarnya tidak ada hubungan khusus antara gluten dan diabetes.

Namun dalam beberapa kasus, penderita diabetes tipe satu juga menderita penyakit celiac (semacam alergi gluten).

Banyak peniliti mengatakan bahwa orang yang menderita celiac juga berpotensi untuk mengidap penyakit diabetes di kemudian hari.

Walaupun kemungkinannya sangat kecil karena celiac adalah penyakit genetik.

Ketika seseorang menderita kedua penyakit ini bersamaan dan makan makanan yang salah, penderita dapat mengalami kerusakan jaringan atau organ, seperti pada pankreas dan usus.



Karena singkong tidak mengandung gluten, maka penderita diabetes tipe satu yang juga menderita celiac bisa memakannya. Namun, jumlahnya tetap saja harus dikontrol karena yang berlebihan juga tidak baik.

Jika penderita diabetes tidak memiliki penyakit celiac, ia tidak harus mencari makanan yang bebas gluten.

Tapi tetap ada baiknya berkonsultasi pada dokter, mengecek kesehatan, dan menetapkan diet yang benar.

  • GI Rendah

Singkong memiliki GI (Glycemic Index) yang cukup rendah.

Menurut Departemen Sains dan Teknologi Filipina, singkong memiliki GI rendah yang berarti sangat berguna untuk penderita diabetes.

GI yang rendah dapat membantu mengontrol gula darah dengan baik.

Singkong mengandung zat karbohidrat yang tidak langsung berubah menjadi glukosa ketika dicerna.

Singkong sangat mudah dicerna perlahan dan sangat membantu dalam menjaga stamina dan tenaga.




Jika penderita diabetes memakan singkong, otomatis ia tidak akan mudah lapar dan tidak terlalu banyak makan yang berisiko menaikkan kadar gula dalam darahnya.

Selain itu, makanan yang mempunyai GI rendah akan melepas energi dalam bentuk glukosa dengan jumlah yang tetap dan terkontrol.

Hal ini akan mempermudah kerja tubuh dalam memprosesnya. Singkong akan melepas glukosa beberapa persen saja yang kemudian dicerna tubuh. Jika sudah selesai, barulah ia akan mengeluarkan glukosa lagi.

Singkong juga bermanfaat untuk mengurangi kadar trigliserin dalam darah.

Penderita diabetes dapat mengkonsumsi singkong secara teratur. Selain gula darahnya teratur, ia dapat mengurangi berat badan.Gambar Foto Bolehkah Penderita Diabetes Makan Singkong Rebus Apa Alasannya

Namun penderita diabetes sebaiknya juga jangan terlalu sering mengkonsumsi singkong.

Karena walaupun memiliki GI yang rendah, ternyata kalori dalam singkong cukup tinggi.

Dalam satu cangkir singkong rebus terdapat 330 kalori dan 78 gram karbohidrat di dalamnya, dua kali lipat dari kalori yang terdapat pada kentang.

Walaupun tingkat GI rendah dan berubah menjadi glukosa perlahan, mengkonsumsi singkong rebus harus tetap dengan hati-hati.

Apalagi ada kemungkinan karbohidrat dalam singkong berubah bentuk menjadi karbohidrat yang lebih mudah dicerna.

Atau, jika saat merebus singkong ditambahkan gula ke dalamnya. Maka yang tadinya sehat dan aman bagi penderita diabetes, singkong bisa menjadi berbahaya.

Baca juga:

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Singkong Rebus – Kesimpulan

Nah setelah tahu kandungan dalam singkong, penderita diabetes bisa memutuskan untuk memasukan singkong ke dalam menu dietnya atau tidak.

Namun, sangat disarankan untuk mengecek kesahatan terlebih dahulu untuk menghindari penyakit atau alergi yang membuat penderita diabetes tidak bisa makan singkong.

Juga sangat disarankan untuk bertanya pada dokter bolehkah penderita diabetes makan singkong rebus.


rujukan: mercola, healthline, sfgate

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here