Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Kopi? Bolehkah.Com – Pertanyaan ini sering muncul dalam berbagai artikel dan jurnal seputar masalah kesehatan.

Seperti diketahui, asam urat atau gout merupakan penyakit yang sering dialami oleh banyak masyarakat yang diakibatkan oleh tingginya kadar purin dalam darah.

Gambar Foto Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Kopi Apa Efek Samping dan ManfaatnyaLalu, apakah benar kopi dapat berdampak buruk bagi kesehatan?

Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Kopi – Manfaat Kopi bagi Penderita Asam Urat

Banyak anggapan yang berkembang di masyarakat mengenai dampak buruk mengonsumsi kopi terhadap penderita asam urat.

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Bahkan sebenarnya, kopi sangat bermanfaat bila dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Hal ini didasarkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Hyon K Choi di University of British Columbia, Vancouver, Kanada.

Penelitian dilakukan berdasarkan jumlah kafein setiap cangkirnya dengan mengambil beberapa data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Hasilnya pun cukup mencengangkan, dimana kopi ternyata dapat menurunkan kadar purin dalam darah.

Menurut penelitian tersebut, kandungan zat chlorogenic dalam secangkir kopi mampu menghambat peningkatan enzim xantin oxidase.

Dengan meningkatnya enzim ini, kandungan purin dalam darah pun dapat ditekan seminimal mungkin.

Namun perlu diingat, kopi yang dikonsumsi adalah kopi tanpa gula (kopi pahit) dan tidak dikonsumsi lebih dari tiga kali dalam sehari.

Untuk hasil yang lebih baik, sangat disarankan untuk mengonsumsi kopi berjenis arabika dibandingkan jenis lainnya.

Kopi arabika sendiri memiliki kandungan kafein yang paling rendah dikarenakan proses sangrai dan penyaringannya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan jenis lainnya.

Dengan penyajian yang benar, kopi jenis ini pun mampu menurunkan kadar purin dalam asam urat.

Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Kopi – Cara Menyembuhkan Asam Urat tanpa Obat

Mengobati asam urat bukan berarti menghilangkan sama sekali kandungan purin dalam tubuh namun mengurangi kadarnya hingga di ambang normal.

Apabila penyakit asam urat yang dimiliki sudah parah, solusi terbaik adalah dengan berkonsultasi dengan dokter dan menggunakan obat yang telah diresepkan.

Namun, apabila penderita baru mengalami gejala asam urat ringan, ada baiknya untuk menggunakan cara alami dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Jika kopi bukan merupakan pilihan yang tepat bagi penderita asam urat, berbagai cara di bawah ini dapat dijadikan solusi ideal untuk menurunkan kadar purin pada batas normal. Berikut penjelasannya.

  • Kurangi Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Purin

Gambar Foto Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Kopi Mengapa dan Apa AlasannyaMakanan yang dimaksud banyak berasal dari sumber protein hewani, seperti kepiting, udang, kuning telur, daging merah, dan jeroan.

Untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh, gantilah dengan protein murni seperti putih telur dan protein nabati, serta protein yang berasal dari sumber asam lemak esensial, seperti ikan tuna dan salmon.

  • Perbanyak Mengonsumsi Makanan yang Baik untuk Proses Sirkulasi dan Pencernaan

Konsumsi makanan yang banyak mengandung banyak mineral, serat, dan vitamin. Makanan seperti ini bisa didapat dari sayuran segar dan buah-buahan.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Minumlah air putih setidaknya dua liter setiap hari, atau lebih jika asam urat sedang kambuh. Hal ini akan membantu kerja ginjal dan kandung kemih zat purin dapat dikeluarkan dari dalam tubuh.

  • Lakukan Diet dan Pola Hidup Sehat Secara Teratur

Hal ini dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur. Hindari olahraga yang terlalu berat agar tubuh tidak mengalami sakit akibat asam urat.

Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, angkat beban ringan atau yoga untuk mengimbangi pola hidup sehat yang dilakukan.

Baca juga:

Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Kopi – Kesimpulan

Kopi tanpa gula aman untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat jika dilakukan secara tepat.

Untuk mengatasi penyakit asam urat yang diderita, sangat dianjurkan pula untuk melakukan pola hidup sehat dan berolahraga secara rutin.

Jadi, bolehkan penderita asam urat minum kopi?


rujukan: webmd, interscience wiley

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here