Bolehkah Tidur dengan Anjing, Bolehkah.Com – Anjing merupakan binatang kesayangan yang tentunya setiap pemiliknya berharap dapat selalu bersama termasuk saat tidur, tapi bolehkah tidur dengan anjing?

Terdapat berbagai pendapat dan fakta dari banyak orang maupun para ahli tentang hal ini sehingga hal ini masih diperdebatkan.

Gambar Foto Bolehkah Tidur dengan Anjing Menurut Kedokteran Medis KesehatanUntuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, berikut adalah beberapa fakta dari hal ini:

Bolehkah Tidur dengan Anjing – Menimbulkan Efek Teritorial

Anjing adalah hewan yang kehidupan sosialnya terdapat di dalam kawanan.



Kawanan anjing tidak dibatasi pada jumlah ataupun wilayah kekuasaannya, namun dalam setiap kawanan ini selalu ada satu yang memimpin.

Dalam suatu rumah yang hanya terdapat satu anjing dan satu majikan pun dapat digolongkan sebagai satu kawanan.

Seorang majikan dianggap sebagai pemimpin dari kawanannya, maka dari itu tidak jarang anjing dapat melakukan dan menuruti majikannya.

Namun, anjing yang tidak menurut pada majikannya pun juga tidak sedikit.

Anjing adalah hewan yang territorial dan apabila seseorang memiliki anjing yang tidak penurut, itu berarti hak kepemimpinan dari majikan telah diambil alih oleh si anjing.

Salah satu penyebab hal ini adalah dengan membiarkan anjing tidur bersama majikan.

Tidur dengan anjing berarti mengijinkan si anjing untuk masuk ke dalam daerah si majikan dan menyebabkan anjing merasa berkuasa atas daerah si majikan.

Akibatnya, anjing yang penurut akan menjadi tidak penurut.

Apabila hal ini sudah menjadi kebiasaan, maka kebiasaan ini harus disudahi. Apabila terus dilanjutkan, maka anjing akan merasa berkuasa atas rumah dan tidak akan mendengarkan perintah majikan.




Akibatnya, anjing akan marah apabila ada orang lain yang menginjakan kakinya di rumah si majikan karena dia merasa memiliki rumah dan majikannya.

Untuk menanggulangi hal ini, ketegasan dari majikan sangat dibutuhkan. Apabila Anda mengalami hal ini, maka mulailah dengan bersikap tegas pada anjing Anda dan jangan biarkan dia menguasai semuanya.

Apabila anjing akan naik ke sofa, turunkan dia. Apabila anjing naik ke tempat tidur, dorong dia.

Apabila anjing Anda marah dan mengeluarkan suara serta ekornya naik, maka si anjing telah merasa kekuasaannya diambil dan ini adalah langkah awal yang baik.

Tetaplah tegas hingga si anjing sadar akan tempatnya.Gambar Foto Bolehkah Tidur dengan Anjing Apakah Menularkan Penyakit

Bolehkah Tidur dengan Anjing – Menimbulkan Masalah Kesehatan

Selain masalah territorial yang menyebabkan anjing menjadi tidak penurut, ada masalah lain yang harus diperhatikan dan masalah tersebut adalah masalah kesehatan majikan.

Tidak seperti manusia yang dapat membasuh kaki dan mandi setiap hari, anjing dapat membawa kotoran dan penyakit setiap kali dia naik ke atas tempat tidur majikan.

Seorang manusia dapat terjangkit berbagai penyakit yang berbahaya hanya dengan membiarkan anjing naik ke tempat tidurnya.

Penyakit-penyakit tersebut adalah radang selaput otak, asma, dan gangguan pencernaan.

Pada manusia, radang selaput otak dapat terjadi karena adanya bakteri Meningococus yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Bakteri ini terdapat pada air liur anjing. Kemudian, bulu yang rontok dari anjing dapat menyebabkan kambuhnya penyakit asma (apabila ada).

Anjing yang sering bermain di luar rumah juga dapat membawa bakteri Campylobacteriosis yang dapat menyebabkan mual, muntah, bahkan demam tinggi pada manusia.

Bolehkah Tidur dengan Anjing – Kesimpulan

Dari dakta-fakta diatas, dapat disimpulkan bahwa sebaiknya anjing diberikan tempat tidur sendiri sehingga tidak akan mengganggu kesehatan Anda.

Anjing merupakan hewan yang setia, namun setiap hewan dapat menjadi liar apabila tidak ditangani dengan baik.

Lalu ketika berjumpa dengan pertanyaan bolehkah tidur dengan anjing, maka jawabannya adalah sebaiknya jangan karena akan menimbulkan dampak-dampak seperti yang sudah disebutkan diatas.


source: mail.yahoo, halosehat

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here